Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, January 31, 2011

Vitamin A dari Ubi Jalar Merah


Jangan pernah lagi menyia-nyiakan ubi jalar merah, karena khasiatnya lebih dahsyat dari sekedar menjaga kesehatan mata. Sekelompok antioksidan yang tersimpan dalam ubi jalar merah mampu menghalangi laju perusakan sel oleh radikal bebas. Karenanya ubi jalar merah  dapat mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunan, penyakit jantung koroner, serta kanker. Plus bonus sehat lainnya termasuk membuat kita tetap awet muda.

Ubi merah mengandung trio antioksidan, yaitu betakaroten serta vitamin C dan E. Merah pertanda kaya betakaroten kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Yang paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu ada juga yang ungu maupun merah. Sekalipun disebut ubi jalar merah, sebenarnya warna daging buahnya adalah tidak merah, tapi kekuningan hingga jingga alias orange.
Mengapa pilih yang merah ? Dibanding ubi jalar putih, tekstur ubi jalar merah memang lebih berair dan kurang masir, tapi lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya, makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.
Sumber utama karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sederhana. Ubi jalar merah juga sangat kaya akan pro vitamin A atau retinol. Bayangkan, didalam 100 gr ubi jalar merah terkandung 2310 mcg (setara dengan 1 tablet vitamin A). Bahkan dibandingkan bayam dan kangkung, kandungan vitamin A ubi jalar merah masih setingkat lebih tinggi.
Untuk Kesehatan
Para ahli sering menganjurkan konsumsi ubi merah. Sebab, dalam 100 g ubi merah terkandung sekitar 14 mg betakaroten, yang ampuh melindungi tubuh dari molekul oksigen jahat (radikal bebas), selain 28 mg vitamin C dan 6 IU vitamin E.
Mengonsumsi ubi merah dan makanan lain yang kaya betakaroten dapat menetralkan molekul sebelum merusak berbagai bagian tubuh, seperti pembuluh darah dan organ mata. Cara ini juga ampuh melawan kanker dan penyakit jantung. Dr Morris dan kawan - kawan melakukan penelitian yang melibatkan 1900 responden. Hasilnya, mereka yang dalam darahnya banyak mengandung karotenoid, bukan hanya betakaroten tetapi juga lutein dan zeaxanthim, mempunyai risiko 72 persen lebih rendah terserang penyakit jantung.
Sebagian besar serat ubi jalar merah merupakan serat larut, yang bekerja serupa busa spon. Serat menyerap kelebihan lemak / kolestrol darah, sehingga kadar lemak / kolestrol dalam darah tetap aman terkendali. Serat alami oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar merah ini sekarang menjadi komoditas bernilai dalam pemerkayaan produk pangan olahan, seperti susu. Selain itu sumber serat ubi merah sangat baik bagi diabetesi (penderita diabetes). Serat makanan secara langsung dapat membantu menurunkan gula darah karena diserap secara perlahan dan tidak semuanya menjadi glukosa dalam aliran darah. Ini artinya, dapat mengendalikan gula darah pada diabetesi.
Ubi merah juga baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, juga vitamin B, folat, dan B6, yang bermanfaat untuk mendorong fungsi otak tetap maksimal.
Saat membeli ubi, pilihlah yang dagingnya berwarna orange dan bagian kulitnya berwarna merah. Makin kuat warnanya, makin banyak kadar betakarotennya. Kulit ubi jalar berwarna bermanfaat mencegah sembelit, membantu menyerap kelebihan lemak dalam darah, dan menghalangi munculnya sel kanker. Lebih istimewa lagi jika kulit ubi jalar dimasak dengan cara digoreng. Adanya minyak goreng justru mempermudah penyerapan betakaroten dan antosianinnya.
Kandungan lemak dalam ubi cukup rendah, sehingga perlu ditambahkan lemak saat pengolahannya. Penyerapan betakaroten oleh tubuh akan optimal bila terdapat lemak yang menyertainya. Jika demikian kenyataannya, kini jangan pernah lagi menganggap remeh ubi jalar merah. Nikmati kapan saja kita suka, sambil memupuk manfaatnya.(Tabloid Lezat/Dv/Ijs)

Tumbuhan Obat

Followers