Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, February 21, 2011

Vitamin untuk kecantikan

Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd


            Pada kemasan makanan kesehatan atau vitamin, sering tercantum nama-nama retinol, retinyl palmitate, panthenol, L-Ascorbic Acid, atau Alpha tocopherol. Anda tak pedu bingung, sebab semua itu adalah nama dagang dad vitamin A, B, C dan E. Keempat vitamin ini sangat populer d! kalangan wanita karena berfungsi menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh, rambut, serta kuku.
     Vitamin yang paling 'bersahabat' dengan kulit adalah vitamin A, B6, C, dan E. Di pasaran, vitamin-vitamin itu dijual dalam bentuk tablet atau kapsul yang siap diminum dalam konsentrasi yang beraneka. Namun ada juga yang merupakan campuran pada berbagai produk kosmetik, misalnya pelembab, masker, krim malam, hingga lipstik.
     Berikut ini adalah beberapa vitamin yang berguna bagi kulit.
Vitamin A
·        dikenal dengan nama Retinol, Retinyl Palmitate Retinyl Propnonate, Retinyl Acetat, atau Retinyl Linoleate sebagai Retin A atau Renova.
·        membantu menstimulasi pertumbuhan sell kulit baru dan memelihara jaringan kulit.
·        digunakan sebagai pengobatan topikal (setempat) untuk perawatan kulit kering, berkerut halus, dan kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari.
·        pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati menggunakan produk yang mengandung vitamin A. Konsultasikan dulu dengan dokter.
Vitamin B6
·        merupakan zat anti dermatitis yang dapat mencegah penyakit kulit.
·        digunakan sebagai pengobatan topikal yang berbentuk pelembab ringan untuk memperbaiki kulit dan rambut yang rusak.
Vitamin C
·        dikenal sebagai L-Ascorbic Acid, AscoriW Palmitate, Magnesium Ascorbyl Phosphate.
·        merupakan antioksidan alami yang menstimulasi produksi kolagen (substansi kulit yang bertanggung jawab untuk merawat kulit agar tetap kenyal dan elastis). Karena itu kosmetika yang mengandung vitamin C dapat mengurangi kerut halus di seputar mata atau leher.
·        kadangkala kandungan vitamin C dapat menyebabkan iritasi kulit, karena itu sebaiknya diuji dulu dengan mencobanya di daerah leher.


Structure of ascorbic acid

Ascorbic Acid

Vitamin E
·        dikenal sebagai Alpha Tocopherol, Alpha Tocopheryl, Tocopheryl Acetate, dan Tocopheryl Linoleate
·        merupakan antioksidan yang dapat membantu pemulihan luka .pada pengobatan topikal. Sangat baik merawat Kulit kering dan bibir yang pecah-pecah.
·        perannya sangat besar dalam menghaluskan dan menyegarkan Kulit, mencegah keiriput, serta mencegah hiperpigmentasi, termasuk kanker kulit.
     Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah dan tubuh yang indah serta sehat. Karena itu tak mengherankan kalau wanita selalu mencoba dengan berbagai usaha dan cara agar kulitnya tetap dalam keadaan prima. Pada dasamya, kulit mempunyaJ ketahanan dan kemampUan memperbaikii dirinya sendid terhadap sinar ultra violet, panas, debu dan radikal bebas di udara akibat polusi. Namun hal itu hanya bertahan hingga usia seseorang mencapai angka 20-an. Pada saat memasuki usia 25-an, pertahanan tubuh mulai mengendur. Saat itulah peran vitamin dalam merawat kulit sangat dibutuhkan, karena salah satu fungsi vitamin adalah memperbaikii struktur Kulit.
Antioksidan Alami
     Vitamin C dan E memang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama penghuni kota besar yang berkadar polusi tinggi. Vitamin C dan E berfungsi sebagai antioksidan alami. Keunggulan vitamin C adalah menetralkan radikal bebas akibat asap rokok, polusi, dan sirar matahari. Orang-orang yang mengalami stres atau dalam proses penyembuhan luka, serta kaum perokok membutuhan antioksidan lebih banyak daripada orang sehat.
     Vitamin E dikenal dapat mencegah oksidasi polyunsaturated (minyak yang bersifat tidak jenuh) dalam arti dapat mencegah kerusakan dinding sel kulit. Walaupun belum ada penelitian medis lebih lanjut tentang fungsinya yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit, setidaknya vitamin C dan E dapat menunda proses tersebut.
     Mengkonsumsi buah-buahan segar dan makanan bergizi setiap hari adalah salah satu jalan untuk memperoleh vitamin yang baik bagi Kulit. Misalnya vitamin C diperoleh dari buah atau sayuran segar, sedangkan vitamin E dari mentega dan hati. Konsumsi tambahan vitamin berbentuk kapsul maupun tablet akan membantu kesehatan kulit. Perlu diketahui, kebutuhan vitamin A per hari untuk dewasa adalah 3400-4500 IU, vitamin E 30 IU/hari, dan vitamin C 60 mg/hari.
     Meskipun menu makanan sudah seimbang, Anda masih perlu memakai pelembab. Sebab pelembab berfungsi memelihara dan menjaga, kulit agar, tetap halus, kencang, dan tidak cepat keriput atau bersisik. Karena itu, menggunakan pelembab yang mengandung vitamin adalah sangat tepat. Selamat mencoba!
Dari berbagai sumber (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang)

BERITA DAN WACANA

Loading...

Tumbuhan Obat

Followers