Automatic translation of this blog page

Monday, June 21, 2010

Pepaya


Pepaya, dari Daun hingga Bijinya Berkhasiat Obat
Oleh Tarmizi, B.Sc,S.Pd
bagian 1
Maag, Hipertensi, sembelit, dan sakit kuning

Diantara kita selama ini banyak yang hanya tahu bahwa Pepaya merupakan buah yang sangat pas untuk melepas dahaga di tengah teriknya sinar matahari. Temyata, pepaya bukan hanya sekadar untuk pelepas dahaga, melainkan banyak manfaatnya. Mulai dari daun sampai kepada bijinya, berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.
Pepaya Carica papaya termasuk familia tanaman Caricaceae. Di Indonesia pepaya dikenal dengan naman yang berbeda sesuai menurut daerahnya.Di Sumatera disebut :kabaelo, peutepertek. pastelo, ralem¬paya, betik, embetik, botik, bala, si kailo, kates, kepaya, kustela, papaya, pepaya, sangsile, batiek, kalikih, pancene, sampelo, sangtuka, batiak, kaliki, pisang katuka, pisang patuka, pisang pelo, gedang, punti kayu. Di Jawa orang biasa. menyebutnya dengan : Gedang. katela gantung, kates, ghedhang. Di Kalimantan disebut : Bua medung, pisang malaka, buah dong, majan, pisang mantela, gadang, bandas, manjan, badas. Di Nusatenggara disebut : Gedang, kates, kampaja, kalujawa, padu, kaut, panja, kalailu, paja, kapala, hango, muu jawa, muku jawa, kasi. Di Sulawesi dinamakan: Kapalay, papaya, pepaya, kaliki, sumo¬yori, unti jawa, tangan-tangan nikanre, kaliki nikanre, kaliki rianre.
Di Maluku disebut: Tele, palaki, papae, papaino, papau, pa¬paen, Papai, papaya, sempain, tapaya, kapaya. Di Papua disebut: Sampain, asawa, menam, siberiani, tapaya.
Para ahli jamu tradisional menyebut daun pepaya dengan nama simplisia Caricaceae Caricae Folium. Biji pepaya mengandung: Kirisin dan karpain. Daun pepaya mengandung Karpain, karposid, pseudokarpain, saponin, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Getah pepaya mengandung: Papain, kemokapain, lisosim, lipase, glutamin, siklotransferase.
Kegunaan Akar pepaya antara lain untuk: obat cacing, peluruh air seni, penguat lanibung, perangsans kulit. Biji pepaya untuk; obat cacing, peluruh haid. Buah pepaya untuk memacu enzim pencernaan. Sedangkan daun pepaya untuk: perambah nafsu makan, peluruh haid. Catatan : Waktu mengandung, jangan memakan biji pepaya.
Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita tentang buah pepaya. Bahkan di seluruh dunia buah ini. pun dikenal baik. Buah pepaya. digemari oleh semua kalangan dan kelompok usia.
Pepaya merupakan jenis tumbuhan berbatang tegak dan basah yang menyerupai palem. Tinggi pohonnya dapat mencapai 8-10 meter dengan perakaran cukup kuat Helain daun mirip telapak tangan manusia. Bunganya berwarria putih atau putih kekuningan. Buahnya yang sudah matang berwarna kuning kemerahan dan ada pula yang hijau kekuningan. Rongga dalam buah pepaya berbentuk bintang jika dipotong melintang. Biji-bijinya berwarria hitain bulat dan kecil-kecil.
Bila dilihat komposisi gizinya, Dalam 500 gram buah pepaya masak mengandung 230 kalori; 7,0 gram protein'. karbohidrat 6 1,0 gram; lemak 05 gram; serat 4,0 gram, kalsium 115 miligram (dapat membantu pencegahan penyakit jantung); fosfor 60 miligram (dibutuhkan dalam pembentukan tulang); besi 8,5 miligram (membantu pembentukan sel darah merah); vitamin B 114 miligram (dibutuhkan oleh saraf serta kulit dan selsel pernafasan); vitamin A 1.825 Sl (I Sl = 0,3 mikrogram, membantu kesehatan mata, rembut dan kulit); dan vitamin C 390 miligram ( penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu peremajaan kulit dan jaringan). Kadar air dalam buah pepaya masak tidak kurang dari 425 gram atau 85 persen
Maag, Hipertensi, dan sembelit
Selain sumber vitamin C dan zat gizi lain, buah pepaya masak sangat cocok dijadikan menu bagi yang Sakit. Selain kandungan gizinya juga terbukti sangat mudah dicerna oleh tubuh.
Telah dilaporkan dalam majalah kesehatan Amerika bahwa seorang milioner tertolong oleh pepaya. Ia bernama Smith Glenn, jiwanya sering stress dan lambungnya terganggu karena super sibuk. Hartawan muda ini menderita maag dan selalu merasakan gangguan di bagian lambungnya. Penyakitnya tidak pernah sembuh sempurna. Suatu ketika dokternya menyarankan untuk memakan pepaya masak secara teratur.
Smith mulai makan pepaya masak dan setengah jam kemudian ia taka merasakan lagi sakit pada pencernaannya ketika makan pengalaman itu ia ulangi terus secara rutin sebelum menikmati hidangan utama.nya. ternyata perutnya terbebas dari gangguan perih dan kembung. Sejak itu Smith berjanji akan tetap mengkonsumsi pepaya masak setiap hari, karena juga berkhasiat memperlancar buang air besar dan terhindar pula dari sembelit.
Hipertensi
• Seperempat buah pepaya muda diparur dan kemudian diperas. Air perasan pepaya muda ini diminum 1 sendok teh (sekitar 5 mL) sekali seminggu.
Sembelit
• Selembar daun pepaya direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Didihkan terus hingga airriya tinggal segelas. Disaring dan diminum seperti biasa.
Penambah nafsu makan dan sakit kuning
• Air rebusan bunga pepaya jantan dapat diminum dan mampu menambah nafsu makan, membersihkan darah dan untuk penyembuh sakit kuning.
Penambah nafsu makan
• Segenggam bunga jantan pepaya direbus dengan segelas air hingga mendidih. Saring air rebusannya dan minum kapan diperlukan.

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers