Automatic translation of this blog page

Thursday, May 26, 2011

LANGSANA MERAH OBAT KEPUTIHAN

LANGSANA MERAH OBAT KEPUTIHAN,WASIR DAN GANGGUAN HAID
Oleh Tarnizi, B.Sc

                                                                                       Langsana merah (Gynandropsis
gynandra) termasuk tumbuhan familia
Capparidaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan beberapa nama antara lain mamang, lenglengan, dan mamam. Orang asing mengenainya dengan sebutan Five-leaved Clove, dan bastrad mustard.

Gynandropsis gynandra

Authority(L.) Briq.
Family
SynonymsGynandropsis pentaphylla D.C., Cleome gynandra L.
Common namesspider flower, cat's whiskers, african spiderflower, bastard mustard, mouzambe à fleurs blanches, cleome, gynandro, senfkapper, benzoinbaun, fieberstrauch, kattesnor, lubanga (B,Zm), ans saka, volatin (Cuba), acaya blanc (Martinique), white massombee (Puerto Rico), pe hua tsai, kurhur, baowan, maman, cinco-cinco (Philippines), phak sain, musambe (Angola), rothwe (Botswana), gorbwa (Cameroon), abu quarn, boekbeha, chinsaga (Kenya), brede caya (Malawi), lerotu (Mauritius), aija (Réunion), palmbossie (Somalia), tamaleika (South Africa), mgagani (Sudan), ejjoboyo (Tanzania), gasaya (Uganda), boanga (West Africa), suntha (Dem. Rep. of Congo), nyevhe (Zambia), nyeuhe (Zimbabwe)

Sosok tanaman
            Langsana merah merupakan perdu setahun, tegak, tingi mencapai satu meter, bercabang banyak, berambut halus, tanaman yang tumbuh di semak-semak tepi jalan, ladang dan hutan jati muda ini dapat ditemukan sampai ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.
            Daunnya berupa daun majemuk menjari, beranak daun 3-5, letak berseling, bertangkai sepanjang 4-6 cm. anak daun letaknya dududk, bentuknya bulat telur sungsang, ujung meruncing, pangkal menyernpit, tepi daun rata dan sedikit bergerigi. Warna daunya hijau, yang anak daun tengahnya berukuran lebih besar.
            Bunganya tumbuh berkumpul dari tandan di ujung batang, warnanya putih atau kuning. Bunganya mekar di waktu malam. Buanya buah polong, biji berbentuk ginjal bewarna coklat hitam. Daun langsana merah dapat diasinkan untuk dimakan
sebagai lauk atau dibuat campuran masakan.
Khasiat langsana merah
            Bagian yang dipakai untuk obat adalah seluruh tumbuhan, termasuk biji dan akarnya. Khasiat langsana. merah seutuhnya antara lam untuk mengusir angin dan dingin, melancarkan peredaran darah, analgetik, dan astringent. Daun dan bijinya mempunyai khasiat seperti obat gosok yaitu menghangatkan, dan bijinya saja berkhasiat sebagal obat kencing.
Kegunaan
            Langsana merah dalain pengobatan tradisional digunakan untuk rematik, sakit pinggang, leher kaku, luka. terpukul, wasir, disentri, sakit telinga, keputihan, gangguan haid setelah melahirkan, cacingan, penambah nafsu akan, abses paru, dan batuk berlendir.
Cara pemakaian
            Untuk diminum, langsana merah dimbil 10- 15 gram kemudian digodok dulu.
Untuk pernakaian luar, langsana merah secukupnya digiling halus kemudian ditempelkan pada ternpat yang sakit. Atau juga. digodok dengan air dan air godokannya dipakai untuk pencuci tempat yang terluka.
Obat keputihan
            Daun muda langsana merah disediakan 15 gram, dicuci bersih lalu dipotong potong. Tambahkan gula batu dan air secukupnya, lalu ditim. Setelah tim-nya dingin,
disaring untuk diminum.
Obat wasir
            Tumbuhan langsana merah seutuhnya dicuci bersih lalu digodok dengan air secukupnya sampai mendidih. Selagi hangat‑hangat dipakai untuk mencuci bagian yang sakit.
Obat ganguan haid
            Batang langsana merah secukupnya dicuci bersih kemudian ditumbuk. Seduhlah tumbukan langsana merah itu dengan secangkir air panas. Seduhan ini diminum untuk mengatasi ganguan menstruasi.
Tarmizi,BSc/Universitas Negen Padang

1 comment:

  1. kalau boleh tahu, dimana saya bisa mendapatkan tanaman ini? saya berdomisili di Bandung dan lagi membutuhkannya untuk keperluan tugas akhir

    ReplyDelete

Tumbuhan Obat

Followers