Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, February 21, 2011

Pepaya Tanaman Obat


Buah pepaya betina
Buah meja ini tak hanya sedap disantap, hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan pangan maupun untuk bahan obat. Mulai dari akar, daun, buah, sampai bijinya pun bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hebatnya lagi, dibandingkan dengan jeruk, kandungan vitamin C pada pepaya jauh lebih tinggi. Buah pepaya kaya akan sumber gizi dan harganya relatif murah.
Sejarah
PEPAYA (Cacarica papaya, L) atau betik (bahasa Melayu) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam diseluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja".
Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "kates" dan dalam bahasa Sunda "gedang". Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik didaerah tropis maupun sub tropis. Didaerah - daerah basah dan kering atau didaerah - daerah dataran dan pegunungan.
Pepaya adalah monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan 3 kelamin : tumbuhan jantan, betina dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang - kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis".
Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran (dioseng - oseng). Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran cocktail. Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing.
Warna buah ketika muda hijau  gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar. Daging buah berasal dari  karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya.
Bagian tengah bulan berongga. Biji - biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji - biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.
Manfaat Pepaya
Buah ini tersohor sebagai tanaman obat diberbagai belahan dunia. Khasiatnya bisa dipetik dari hampir seluruh bagian tanaman, namun buahnyalah yang paling sering digunakan karena mudah didapat dan lezat. Bagi Anda yang suka menyantap buah pepaya, ada baiknya mengetahui keistimewaan buah yang satu ini agar keyakinan Anda untuk mengonsumsinya kian bertambah. Nah, inilah 10 hal penting tentang pepaya yang bisa membuat Anda 'jatuh cinta' padanya.
Nilai Gizi Pepaya
Tanaman pepaya (Carica papaya L.) berasal dari Amerika Tengah. Tanaman pepaya mudah tumbuh dimana saja sehingga tanaman ini dapat kita jumpai diseluruh Indonesia. Sentra produksi pepaya antara lain yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.
Buah pepaya kaya akan sumber gizi dan harganya relatif murah. Hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan pangan maupun untuk bahan obat dan industri, yaitu mulai dari akar, batang, daun, kuntum bunga, buah, kulit pohon dan getahnya. (Lezat/Dv)
Nilai gizi buah pepaya dan manfaat dari setiap bagian tanaman pepaya adalah seperti :
* Karbohidrat (g)   12,10
* Lemak (g)           0,30
* Protein (g)          0,50
* Vitamin B1 (mg)   0,03
* Vitamin B2 (mg)   0,04
* Vitamin C (mg)   74,00
* Kalsium (mg)      34,00
* Fosfor (mg)       11,00
* Zat Besi (mg)      1,00
* Serat (mg)          0,70

Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yang
berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat bahkan kawasan sekitar Mexsiko dan
Coasta Rica. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun
sub tropis. di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan
pegunungan (sampai 1000 m dpl). Buah pepaya merupakan buah meja bermutu dan bergizi yang tinggi.

Buah masak yang populer sebagai "buah meja", selain untuk pencuci mulut juga sebagai pensuplai nutrisi/gizi terutama vitamin A dan C. Buah pepaya masak yang mudah rusak perlu diolah dijadikan makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. Dalam industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna dan kadar vitamin.

Dalam industri makanan, akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kencing. Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut dan sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap dan untuk menambah nafsu makan, serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri dan untuk menyusun ransum ayam.

Tumbuhan Obat

Followers