Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, May 26, 2011

Gandarusa dan Gandapura

Gandarusa dan Gandapura Obat Rematik
Tarmizi, B.Sc.,S.Pd



          Gandarusa dengan nama ilmiah Justicia gendarussa Burm. F  punya Sinonim Gendarussa vulganis Nees dan Gendarussa nosea Rumph. Termasuk ke dalam Familia  Acanthaceae.
     Ada pula tumbuhan lain sebagai semak dengan nama sama. Tumbuhan liar itu gandarusa dikenal sebagai telur kodok dalam buku Tanaman Obat Indonesia Terbitan Depkes. Ia masih Familia Acanthaceae. Di Sumatera ia dikenal dengan sebutan gandarusa, parampuan, dan puli putih. Di Sulawesi disebut bungo-bungo.
     Biji gandarusa alias telur kodok yang ini dikenal dengan simplisia Hygrophilae Semen. Kandungan kimia berkhasiatnya adalah alkaloida dan enzim. Kegunaan biji telur kodok untuk mempercepat pemasakan bisul dan sebagai penambah birahi. (Depkes RI, 1985).
Uraian Tanaman
    
Tanaman perdu, tegak, tinggi lebih kurang 1,8 meter Batang berkayu, segi empat, bercabang, beruas, berwarna cokelat. Daun tunggal, bentuk lanset, panjang 3-6,2 cm, lebar 1,5-3,5 cm, bertulang menyirip, warna hijau tua. Bunga majemuk, bentuk malai, panjang 3-12 cm, mahkota bentuk tabung, berbibir dua, berwarna ungu. Buah bentuk gada, berbiji empat, licin, masih muda berwarna hijau setelah tua hitam.
Bagian yang Digunakan: Seluruh bagian tumbuhan. Nama Simplisia Gendanussae Folium untuk Daun Gandarusa dan  Gendanussae Radix untuk Akar Gandarusa. Sifat Khas Gandarusa
Pedas, agak asam, menetralkan, dan melancarkan peredaran darah.
Kandungan Kimia
Daun Gandarusa: Alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.
Akar Gandarusa: Alkaloid yustisina dan minyak atsiri.
Khasiat Gandarusa
Analgesik, antipiretik, diafonetik, diuretik, dan sedatif.
Kegunaan Gandarusa: 1. Haid tidak teratur; 2. Bisul (obat luar); 3. Memar (obat luar); 4. Patah tulang (obat luar); 5. Radang kulit bernanah (obat luan); 6. Rematik (obat luar); 7. Sakit kepala (obat luar).
Obat Memar
Ramuan: Daun Gandarusa segar beberapa helai dan Minyak Kelapa secukupnya.
Cara pembuatan: Dilayukan di atas api kecil. Cara pemakaian: Ditempelkan pada kulit yang memar. Sakit Kepala
Ramuan: Daun Gandarusa segar beberapa helai, lada beberapa butir, air secukupnya.
Cara pembuatan: Dipipis hingga berbentuk pasta. Cara, pemakaian: Diborehkan pada pelipis dan dahi, bila perlu dibalut dengan kain basah. Lama pengobatan: Diulang setiap 3 jam. obat Rematik
Ramuan: Daun Gandarusa segar beberapa helai, daun kecubung segar beberapa helai, lada Hitam bebenrapa butir, air secukupnya.
Cara pembuatan: Dipipis hingga berbentuk pasta. Cara pemakaian: Diborehkan pada bagian yang nyeri, biia perlu dibalut dengan kain basah. Lama pengobatan: Diulang setiap 3 jam. Peringatan: Tidak dianjurkan untuk ibu hamil.
GANDAPURA
     Ganda pura dengan nama ilmiah Gaultheria punctata BL. Mempunyai Sinonim Gaultheria fragrantissima Wall. var punctata J.J.sm.  termasuk ke dalam Familia Ericaceae. Uraian Tanaman
    
Perdu tinggi lebih kurang 5 meter, batang tegak, berkayu, warna cokelat. Daun tunggal, berseling, lonjong, ujung runcing, pangkal membulat, tepi bergerigi, warna hijau. Perbungaan bentuk tandan, di ketiak daun, kelopak berbentuk corong, warna hijau, benang sari putih, kepala sari bentuk taju. Buah batu, bulat warna hitam. Biji kecil, putih, pipih.
Bagian yang digunakan; Daun atau minyak dan seluruh tumbuhan. Nama Simplisia gandapura: Oleum Gaultheriae oil/Gaultheriae aetheris untuk Minyak Gandapura dan Gaultheriae Folium untuk Daun Gandapura. (Depkes, 1985) Kandungan Kimia Daun gandapura: Minyak atsiri, metil salisilat, glikosida, zat samak, dan harsa. Khasiat gandapura sebagai : Karminatif dan antiseptik. Kegunaan gandapura: Minyak atsiri (obat luar) yakni untuk:
1. Rambut rontok;  2. Rematik. Daun gandapura untuk penyegar.
Obat Rematik
Gosokkan minyak Gandapura pada bagian yang nyeri.
 (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang)

Gandarusa

Gandarusa

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Acanthaceae
Genus: Justicia
Nama binomial
Justicia gendarussa
Burm.f.
Sinonim
Gendarussa vulgaris
Gandarusa, daun rusa, atau kisi-kisi (Justicia gendarussa Burm.f.) merupakan semak tropis yang biasa dijumpai di pekarangan rumah, baik sendiri atau sebagai pagar hidup. Tumbuhan ini mudah tumbuh dan dapat diperbanyak dengan stek.

Khasiat pengobatan

Gandarusa memiliki efek analgetik, diuretik, dan antispermatozoa. Daunnya mengandung alkaloid yang berpotensi racun bagi manusia. Tumbuhan ini dilaporkan digunakan sebagai alat kontrasepsi pria oleh beberapa penduduk lokal Pulau Papua.[1]. Hasil penelitian di Unair menunjukkan efek menekan kadar testosteron pada mencit melalui kadar polifenol tertentu (belum diketahui pasti) yang menurunkan aktivitas enzim hialuronidase pada spermatozoa sehingga sel sperma tidak mampu menembus dinding sel telur.[2]

Rujukan

Tumbuhan Obat

Followers