Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, April 19, 2011

Ketumbar mengatasi masalah air liur


Oleh Tarmizi, B.Sc., S.Pd

Ketumbar Coriandrum sativum



Ketumbar mengatasi masalah air liur waktu tidur, radang payudara, kulit kering, dan melancarkan haid
 Anda Punya Masalah, Dengan Air Liur?
 Apabila Anda sering dibikin jengkel oleh air liur yang biasa mejeleh kala Anda sedang tidur, mudah sekali cara menghilangkah kebiasan itu, Ambillah 3-7 biiji ketumbar dan sedikit garam kunyahlah keduanya lalu ditelan., Dengan cara ini, air liur tidak akan meleleh saat Anda tidur. (Pengalaman :wadiusma, Blok A Kafimas 9 Rt I Rw I Poreh Lanteng Sumenep -69461)
     Ketumbar di Indonesia juga dikenal dengan berbabagi sebutan di Sumatera disebut: Keutumba, ketumeur, ketumber, hatumbar, katumba, penyilang. Katuncar, tuncar, katumbar, katombhar, tombhar, tumbar, penjelang. Di Jawadikenal sebagai Ketumbar. Penduduk Nusatenggara menyebutnya: Katumbah, katumba. Sedangkan di Sulawesi disebut katumbah, katumbaro, katombara, id.

Kandungan kimia
   Kandungan kimia ketumbar antara lain: minyak atsiri. tanin. lendir. asan) malat. vitamin A. C
Ketumbar (Coriandrum satirum L.) dikenal oleh para peracik jamu dengan nama simplisia Apiaccae Coriandri Fructus untuk ketumbar (Depkes RI, 1985)

Kegunaan bagi pengobatan
Biji ketumbar digunakan untuk obat:
‑ pelelap tidur
‑ peluruh dahak/obat batuk
‑ peluruh haid
Buah ketumbar digunakan untuk obat:
-Peluruh kentut
-penambah nafsu makan
-penyegar badan
-obat pereda
-pelancar ASI
-pencegah mual

Radang Payudara (Mastitis)
     Radang  payudara merupakan hal yang banyak terjadi pada ibu nenyusui. Gejala yang menyertai radang payudara adalah rasa sakit pada salah satu payudara dan payudara menjadi bengkak.
     Jika rasa sakit dan bengkaknya payudara tersebut tidak segera diatasi, payudara akan tampak berwarna keunguan dan terasa sakit sekali.

Penyebab:
     Radang payudara dapat terjadi karena tersumbatnya saluran susu akibat pengosongan yang tidak tuntas sehingga. air susu mengalir kembali ke saluran-saluran susu.
Pengobatan:
·         Daun ketumbar secukupnya ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada payudara yang sakit.

Pengobatan Kulit Kering
Pada usia paruh baya, kondisi kulit kering merupakan hal yang biasa dan merupakan proses alami karena berkurangnya produksi minyak pada kulit. Akan tetapi, hal ini dapat juga terjadi pada usia muda.

Penyebab:
Pada usia muda, kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh pernakaian kosmetika yang bersifat alkalis dalam waktu yang relatif lama, pengkonsumsian makanan yang tidak seimbang, terlalu lama terkena sinar matahari, atau pengaruh AC.
·         30 gram daun ketumbar, 1 buah wortel,  1 buah cabai hijau, 1/4 buah jeruk lemon, 1/4 buah melon, dan 4 lembar sawi hijau dicuci bersih lalu dijus. Tambahkan gula pasir secukupnya, diaduk-aduk, kemudian diminum.

Melancarkan haid
·         Ketumbar ½ sendok teh, kunyit 2 rimpang, biji pala½ sendok teh, daun srigading ½ genggam. Semua bahan ditumbuk halus lalu direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Diminum 1 gelas sehari (Malin Maradjo, 1999).

Untuk cacing kremi
·           10 gram biji ketumbar, 25 gram temu hitam, 25 gram bangle, dan 5 buah tangkai  daun sirih (diiris-iris tipis) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian diminum selagi hangat, untuk 2 kali minum.(Hembing, 2002)

BERITA DAN WACANA

Loading...

Tumbuhan Obat

Followers