Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, February 2, 2011

Tahukah Anda, Jengger ayam nama tumbuhan dan penyakit


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jengger ayam
Celosia cristata
Celosia cristata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Amaranthaceae
Genus: Celosia
Spesies: C. cristata
Nama binomial
Celosia cristata L.
Jengger ayam adalah tanaman bunga dari famili Amaranthaceae yang bentuk bunganya menyerupai daging merah yang tumbuh dibagian kepala ayam jantan.[1]

Nama-nama lokal

Tumbuhan ini banyak dikenal di Sulawesi dengan sebutan tatara manuk, sapiri manu, bunga api-api, laya, langgelo, kaputi ayam, rangrang jangang, bunga lali manu, dan puwa ri sawito.[1] Di Jawa, bunga ini dikenal sebagai Jawer hayam (bahasa Sunda), jawer kotok, bayem cenggeng, jhanggar ayam atau rebha mangsor, sedangkan di Sumatera disebut sebagai celala, banda ulu, dan bunga tali.[1] Orang Maluku menyebutnya Wire, kolak, toko, marerede, sule-sule, sementara orang Nusa tenggara janggar siap, ndae ana sina atau bunak manula larit.[1]

Pemerian dan ekologi

Tanaman semusim ini tumbuh tegak dengan tinggi antara 60 cm - 90 cm, pada umumnya tidak tumbuh liar melainkan di taman-taman atau halaman rumah sebagai tanaman hias dan tempat-tempat lain hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.[1] Batangnya tebal dan kuat dengan daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan panjang 5 cm - 12 cm dan lebar 3,5 cm - 6,5 cm berujung runcing, bertepi rata dan berwarna hijau dengan sedikit garis merah di tengah-tengah daun.[1]

Manfaat

Jengger ayam memiliki rasa manis dan sejuk dan dapat digunakan untuk anti radang, menghentikan keputihan dan menerangkan pengelihatan.[1] Tanaman ini dapat menghentikan perdarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan, dan wasir berdarah. [2] Bunga mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol.[2]

Referensi

  1. Wijayakusuma, H.M Hembing (1994). Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kartini. hlm. 67-68. ISBN 979-454-083-8. 
  2. Situs Warintek: Jengger ayam] diakses 8 juni 2010

Jengger Ayam pada Vagina
 
Kandiloma Akuminatum atau sering disebut juga jengger ayam pada vagina merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma (HPV). Infeksi ini umumnya ditularkan langsung melalui hubungan seksual, yang bisa menyerang siapa saja dan dari kalangan manapun, terutama mereka yang berusia muda dan aktif secara seksual.
Jika tidak ditangani sedini mungkin penyakit jengger ayam dapat berakibat fatal dan berujung pada kematian.

 
Penyebab
Kandiloma Akuminatum ditularkan melalui kontak seksual. Tingginya aktivitas seksual, terutama jika dilakukan dengan pasangan seksual yang berganti-ganti ditenggarai dapat mencetus penyakit ini.  Luka kecil yang terjadi akibat hubungan intim akan mempermudah virus masuk. Selain itu, riwayat memiliki jenis infeksi seksual lainnya juga ikut mempengaruhi.
Gejala
  • Muncul benjolan atau bintil menyerupai warna kulit pada area alat kelamin
  • Terasa gatal-gatal
  • Timbul lecet
  • Keluarnya cairan pada alat kelamin

Dampak
Dampak ringan yang ditimbulkan dari penyakit ini berupa munculnya bau tidak sedap pada area vagina. Kondisi yang terparah adalah dapat menyebabkan kemandulan bahkan berimbas pada kematian. Ini dikarenakan penyebab dari infeksi HPV berisiko tinggi menyebabkan kanker serviks. Bagi ibu hamil, persalinan dengan kandiloma akan berdampak fatal pada ibu maupun janin. Nyawa keduanya bisa melayang akibat perdarahan yang sangat hebat, karena kandiloma mudah sekali berdarah.
Pengobatan
Untuk mengatasi dan menghilangkan tonjolan atau benjolan pada vagina dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
  1. Penggunaan bahan obat topikal oles
  2. Tindakan pembedahan, yang terbagi dalam 4 jenis yaitu bedah listrik, bedah beku, bedah skapel dan bedah kimia
Bila penderita penyakit ini adalah pasangan suami istri, biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan terhadap pasangan seksualnya. Jika ditemukan kelainan maka pasangan tersebut juga harus menjalani pengobatan.
 
Pencegahan
  • Setialah dengan pasangan Anda
  • Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan kecuali suami istri
  • Penggunaan kondom saat beraktivitas seksual sangat dianjurkan pada Anda yang berisiko tinggi akan penyakit ini 

    Memberantas Jengger Ayam

    Saya ingin menanyakan apakah condyloma acuminata bisa sembuh total? Virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin yang berada di tubuh apakah benar-benar bisa dibasmi total sehingga tidak akan pernah muncul lagi?
    Donny, Surabaya 

    Virus golongan papova yang menyebabkan penyakit kondiloma akuminata akan menyebabkan muncul bentukan berbentuk benjol-benjol di daerah kelamin, modelnya menyerupai bunga kol, merah, konsistensinya agak lunak, tampak seperti jengger ayam jago.

    Umumnya, hanya orang dewasa yang terserang penyakit ini, bisa pria maupun wanita. Daerah organ kelamin dengan kebersihan yang kurang serta cenderung lembab merupakan faktor yang memengaruhi terkenanya penyakit ini. Bentukan yang timbul karena penyakit ini hanya menyerang di bagian permukaan kulit, (superficial) sehingga pengobatan yang tuntas dimungkinkan.

    Saat ini, pengobatan yang dilakukan antara lain “membakar” bentukan abnormal karena penyakit tersebut, dengan kimia menggunakan obat. Yaitu. tincture pedofilin yang penggunaannya dengan cara diteteskan. Atau dengan menggunakan energi listrik (elektrokauterisasi). Agar penyakit tidak muncul lagi setelah tindakan pengobatan, yaitu menghilangkan faktor yang menyebabkan penyakit mudah muncul (predisposisi) serta menjaga agar stamina tubuh tetap prima.

    Untuk penderita yang belum dikhitan dan mempunyai kulit khatan panjang sehingga sulit membersihkan smegma yang ada di leher penis, sebaiknya melakukan khitan. Keadaan daerah kelamin yang lembab dan basah menjadikan penyakit senang tumbuh di daerah tersebut. Ukuran kondiloma umumnya sebesar beras dan banyak, tetapi ada juga kondiloma yang sangat besar bahkan sampai melebihi ukuran penis (disebut giant condyloma acuminata).

    Untuk menjaga kebersihan organ kelamin dari lembab, ada dua komponen yang berpengaruh yaitu faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen atau faktor bawaan yaitu individu yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak di daerah organ vital sehingga cenderung lebih sering lembab dan basah. Maka untuk menjaga kebersihan daerah organ vital perlu lebih khusus. Faktor eksogen antara lain, kegemukan dan penyakit metabolik yang memudahkan mikroorganisme tumbuh di daerah organ vital misalnya kencing manis.

    Kalau kegemukan, usahakan menurunkan berat badan, sedangkan jika karena penyakit metabolik maka perawatan dan pengobatan terhadap penyakit penyerta perlu dilakukan. Faktor lain yang sering menyebabkan daya tahan tubuh kurang baik yaitu stress psikologis. Tidur terganggu, bahkan setelah bangun tidur badan masih terasa lelah. Keadaan tersebut jika berkelanjutan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, kemudian penyakit infeksi akan mudah diderita.

    Pengguaan suplemen untuk membantu menjaga agar daya tahan tubuh tetap prima sebaiknya diupayakan. Untuk lebih baiknya pengobatan, mungkin perlu konsul ke dokter ahli kulit dan kelamin.
     Dr dr Hudi Winarso SpAnd Mkes

    Penyakit Kelamin Jengger Ayam

    <p>Your browser does not support iframes.</p>


    img
    Ilustrasi virus Jengger Ayam (dok. medscape)
    Dok, saya perempuan menikah 30 tahun mempunyai penyakit kelamin jengger ayam. Bagaimana cara pengobatanya? Apakah perlu operasi? Apabila iya, dimanakah saya harus operasi karena saya sedang kerja di Hong Kong sekarang. Terima kasih.

    Martini, martini_hk2009@yahoo.co.id


    Jawaban

    Saudara Martini, penyakit jengger ayam itu mudah diobati. Anda cukup berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin di Hong Kong tempat saudara tinggal karena ini bukan kasus yang sulit.

    Pengobatannya bisa dioleskan dengan cairan kimia, bila tidak sembuh bisa dilakukan tindakan bedah listrik. Semua tindakan ini tidak memerlukan rawat inap.

    Jengger ayam adalah salah satu jenis penyakit IMS (infeksi menular seksual) yang ditandai dengan timbulnya kutil atau jengger ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV) yang menular melalui persentuhan kulit dan sangat sering menular melalui hubungan seks.

    Gejalanya adalah adanya kutil atau jengger ayam yang ukurannya bisa besar atau kecil, tapi tidak semua jengger ayam menampakkan gejala kutil. Jengger ayam dapat timbul 3 minggu hingga 12 bulan sejak berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi.

    Dr. Samuel L Simon SpKK

    Siloam Semanggi Specialist clinic
    Plasa Semanggi, Lantai 7
    Telp. +62-21-25539326/7

    Omni International Hospital
    Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 25
    Serpong, Tangerang
    Telp. 021-53125555

    (ir/ir)

Tumbuhan Obat

Followers