Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, June 15, 2010

Terung


TERUNG OBAT BRONKITIS, WASIR, STROKE, VARISES, IMPOTENSI, DAN KELAINAN PEMBULUH DARAH JANTUNG
Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd


Pengobatan Bronkhitis
Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronki, yaitu saluran udara yang mengangkut oksigen ke paru-paru. Akibat peradangan ini, bronki mengeluarkan lender. Timbulnya lender memicu tubuh memberikan respon, yaitu batuk-batuk, yang merupakan mekanisme untuk membersihkan kelebihan lendir. Bronkhitis ditandai dengan batuk yang terus-menerus disertai dahak dan bercak darah.
Bronkhitis akut sering kali disebabkan oleh pilek atau flu, yang biasanya akan sembuh dalam waktu satu atau. dua minggu, sedangkan bronkhitis kronis dapat berlangsung bertahun tahun yang biasanya disebabkan oleh terisapnya zat-zat iritan yang terbawa udara. Bronkhitis kronis biasanya terjadi akibat banyak merokok, infeksi saluran pernapasan yang berulang-ulang, dan alergi.
Pengobatan:
• Keringkan akar terung kemudian,digiling hingga menjadi bubuk. Ambil 10-15 gram bubuk akar terung disedUh dengan air panas secukupnya, aduk-aduk, kemudian diminum.
lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan 1 kiur (10-12 hari), pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, Pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Pengobatan Wasir
Wasir (anibeienflietnoroid) adalah pembesaran yang dapat disertai pendarahan pada pembuluh darah di anus.
Wasir dikatagorikan menjadi dua, yaitu: Nvasir internal, yaitU wasir yang terjadi di dalam saluran anus, dan wasir eksternal yaitu wasir yang terdapat di luar anus. Gejala wasir adalah keluarnya darah segar saat buang air besar. Selain itu, terdapat tonjolan daging di sekitar dubur yang disertai dengan rasa gatal. Namun pada wasir dalam tidak dijumpai tonjolan daging dari luar.
Wasir disebabkan oleh tekanan pada pembuluh-pembululuh darah, misalnya karena mengejan, kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama, mengangkat beban terlalu berat, dan lain¬
Pengobatan:
• Tangkai terung ungu dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Ambil 3 gram bubuk tangkai terung ungu, tambahkan 5 gram bubuk sambiloto, jus lidah buaya secukupnya, dan bubuk gambir secukupnya, diaduk hingga merata, kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.
Catatan: Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 x sehari.
Kelainan pada Pembuluh Darah jantung
Otot jantung mendapatkan makanan dari pembuluh darah nadi jantung. Jika pembuluh darah ini tersumbat maka timbullah penyakit pembuluh darah jantung, yang akan menimbulkan angina pektoris, yaitu nyeri di dada yang kadang-kadang terasa seperti tekanan atau nyeri yang menjalar ke lengan kiri serta sesak napas. Bila pembuluh darah tersumbat sama sekali, penderita bisa pingsan secara mendadak atau balikan meninggal.


Pengobatan:
• Terung ungu panjang secukupnya dimasak dengan cara ditumis, kemudian dimakan.
lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan 1 kiur (10-12 hari), pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, Pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Pengobatan Stroke
Stroke terjadi bila pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak tersumbat atau pecah. Selain itu, dapat juga terjadi akibat gangguan sirkulasi pembuluh darah yang mensuplai darah ke otak. Gejala-gejala umum yang menyertai timbulnya stroke yaitu terjadinya iskemik yang ditandai dengan sakit kepala, hilangnya keseimbangan, gangguan penglihatan, hilangnya kemampuan berbicara, atau hilangnya kemampuan untuk memahami apa yang dikatakan oleh lawan bicara. Jika yang terserang otak sebelah kiri, yang terganggu adalah bagian tubuh sebelah kanan, dan jika yang terserang otak sebelah kanan, yang terganggu adalah bagian tubuh sebelah kiri.
Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya stroke adalah: tekanan darah tinggi/hipertensi, diabetes, kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsurnsi alkohol, kolesterol tinggi keleihan berat badan/obesitas, dan lain-lain.
Pengobatan:
• Terung ungu panjang secukupnya dimasak menurut selera kemudian dikonsurnsi secara teratur.
Pengobatan Varises
Varises adalah pembengkakan pernbuluh darah. Gejala varises adalah pegal, sakit, dan mudah lelah.
Varises disebabkan oleh rusaknya klep di dalam pembuluh . darah balik sehingga darah yang seharusnya kembali ke jantung tertinggal di anggota bagian bawah.
Pengobatan:
• Terung ungu yang panjang secukupnya dikonsurnsi sesuai selera. lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Pengobatan Impotensi
Impotensi adalah ketidakmampuan penis untuk ereksi (tegang) sehingga tidak dapat melakukan hubungan suami-istri.
Faktor utama yang sering menjadi penyebab impotensi adalah faktor psikis. Akan tetapi, impotensi dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit organik, antara lain: penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, luka pada sumsum tulang, pemakaian obat atau alkohol, dan lain-lain.
Pengobatan:
Terung ungu panjang dikonsumsi setiap hari sesuai selera. lakukan secara teratur 2 kali sehari

Tumbuhan Obat

Followers