Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, June 21, 2010

DELIMA PUTIH

DELIMA PUTIH SEBAGAI OBAT KEPUTIHAN, CAMPAK, SARI RAPAT DAN JAMU PERKASA
oleh Tarmizi, BSc, S.Pd


Delima putih (Punica granatum) termasuk famili Punicaceae, dengan nama simplisia Granati Cortex untuk Kulit batang delima putih. Delima putih di Sumatera dikenal juga dengan glima glineu mekah, dalimo, ende limau, sedang di Jawa disebut dlima, gangsalan dan dhalima, sementara di Nusatenggara sebagai jeliman, talima, dila lae lok, leo kase, dan rumau.
Kandungan dan khasiatnya
Delima mengandung alkaloida, tanin dan gula. Kulit batang atau kulit akarnya berkhasiat sebagai peluruh dahak, pencahar, pengelat. Sedangkan daunnya berkhasiat untuk peluruh haid.
Obat campak
Campak atau penyakit cabang sering menyerang anak-anak yang berumur dibawah 10 tahun. Tanda-tandanya dapat dilihat dengan demam mendadak, batuk-batuk dan bersin, empat hari menderita penyakit itu, demamnya naik dan timbul bercak-bercak merah pada kulit.
Kulit dari sebuah delima yang telah tua dan dua batang kulit kendal yang panjangnya masing-masing 8 cm, dicuci, potong-potong menjadi kecil-kecil kemudian direbus dengan air minum lima gelas. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal separoh, dinginkan. Saring dan campur dengan sedikit madu sebelum diminum. Minumlah tigaperempat gelas, lakukan tiga kali sehari.

Keputihan
Keputihan dapat dialami oleh wanita yang telah berkeluarga maupun wanita yang belum berkeluarga. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan melalui liang kemaluan berupa cairan kental berwarna putih. Tidak jarang gangguan ini disertai rasa gatal pada kemaluan dan cairan keputihan berbau tidak sedap.
Penyebab:
Keputihan dapat disebabkan oleh peradangan alat-kelamin maupun karena gangguan hormon estrogen, di samping kemungkinan akibat faktor psikis.
Pengobatan:
• 30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminurn selagi hangat. lakukan dua kali sehari.
Sari rapat
Jintan 5 gram, kunyit 15 gram, bunga delima 10 gram ditumbuk jadi satu. Tuangi air panas ¾ gelas. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Setelah diaduk diminum menjelang makan malam. Lakukan dua hari sekali.


Jamu perkasa tiap saat
Buah delima yang belum begitu masak 1 atau 2 buah dan gula enau seperlunya. Buah delima diperas hingga didapat airnya ½ gelas. Jika belum cukup airnya boleh ditambah lagi buahnya. Tambahkan gula enau dan panaskan di atas api sambil diaduk seperti membuat bubur, maka ramuan tampak mirip madu. Setelah agak dingin diminum. Lakukanlah tiap hari. Jamu ini hanya untuk suami yang siap sedia tiap hari melayani istrinya. Jangan disalahgunakan! Selamat mencoba!
(Tarmizi, BSc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang)

Tumbuhan Obat

Followers