Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, March 11, 2010

Gambir


Gambir obat mencret dan perut kembung
Oleh Tarmizi, B.Sc,S.Pd


Bagi para penyirih (pemakan sirih), gambir tidak asing lagi karena ia merupakan bahan pelengkap bersama pinang muda. Ternyata bahan yang digunakan orang-orang melayu ini juga berkhasiat obat, Bukan saja sebagai obat tradisional namun juga digunakan dalam obat modern. Buktinya dua obat paten dari dokter (Tabonal dan diaform) memakai gambir sebagai ramuan obat diare dan disentri, karena aman, tidak punya efek samping apa-apa.
Gambir
Gambir yang diperdagangkan berasal dari sari tanaman yang diperoleh dari rebusan daun Uncaria gam1bir dari suku kopi-kopian Rubiaceae Perda¬ gangannya dimulai sejak tahun 1549 ketika seorang pedagang bernama Barbosa melaporkan tentang sari tanaman Acacia catechu dari Cambay. Pada tahun 1685. kesalahan itu dibetulkan dengan bukti ilmiah, bahwa zat penyamak ita di¬hasilkan dari Uncaria dan bukan Acacia.
Orang India menyebutnya khadir sedangkan di Indonesia menyebutnya sebagai gamir, kamir, gambir dan banyak lagi yang bunyinya hampir sama.
Sosok tanaman
Batang Uncaria gambir itu berkayu namun ia tidak disebut pohon gambir,karena memanjat tanaman lain di sekitarnya. Ia tumbuh di hutan Samatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia. Sambil memanjat dengan bantuan akar sulur pengait pada ranting, ia tumbuh menyesak setinggi 2 meter. Daunnya berbentuk bulat telur atau lonjong.
Kandungan dan khasiatnya
Di Apotek, gambir disebut Catechu, yang mengandung zat berkhasiat antara lain kaiekin, zat samak (tanin), kuersetin, fluoresein gambir, lendir, lemak, malam, asam tannat, asam catechu tannat, dihidroksifenil dihidropi¬ran triol.
Gambir berkhasiat untak pengelat (astringen), Sedangkan kulit batang tanamannya untuk penurun panas (galaktosupresan), Zat penyamak yang dikandungnya berkhaniat menciutkan selaput lender dinding usus, sedangkan asam cateahu tannat juga menciutkan kastringen) disamping menghaluskan kulit.
Bila dinding usus rusak Karena ada asam keras, terlalu banyak makan, kuman bakteri atau protozoa seperti Amoeba dysentriae, malahan yang berupa terkoyaknya jaringan dinding usus itu dapat dirapatkan kembali.
Usaha ini belum tentu berhasil menumpas kuman tadi, kalau serbuan kuman itu lumayan hebatnya. Karena itu obat disentri Diaform membutuhkan beta¬dine (senyawaan polivinyl pirolidone iodine) 1% Yang bersifat anti infeksi kuman, sebanyak 0,2 ml kepada ramuannya bersama gambir 15 mg, kaolin 500 mg dan sari kunyit 0,2 ml yang juda antiseptik.
Obat disentri Tabonal memasukkan 124,10 mg gambir ke dalam ramuannya, bersama kunyit 78 mg dan kalsiumkarbonat 445 mg. Hanya kunyitnya yang bertu¬gas antiseptik menumpas kuman, sedangkan kalsiumkarbonat berperan sebagai ancid yang mengurangi asam agar usus tidak nyeri.
Pemakaian.
Gambir yang dibeli dari warung jamu sudah berupa ekstrak daun yang di¬cetak kering berbentuk dadu 295 x 2,5 x 2,5 cm. Di kebun gambir, Yang diam¬bil unuak disarikan ialah daun dari wiwilannya (tunas air) Yang tumbah tegak lurus di pangkal batangs Yang telah setinggi 50 cm.
Di daerah terpencil yang tidak ada obat paten dokternya, gambir berbentuk dadu itu dapat dipakai untuk mengobati sakit perut.
Mencret
Untuk murus (sakit perut dan mecret atau sering berak), cobalah ramuan berikuts. Satu dadu (kubus) gambir dan umbi empu kunyit satu buku jari diiris-iris tipis, kemudian direbus dengan segelas kecil air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tinggal separo.
Kalau yang murus itu anak-anak berumur 3 bulan, ia cukup diberi jamu ini satu sendok teh saja, satu kali sehari. Anak usia 4-5 bulan, 2 sendok teh sehari, sedanakan yang sudah berumur 9 bulan, 3 sendok tek sehari.
Jamu ini bisa mangkus (cespleng, mujarab). Jadi kalau tidak mencret lagi, pengobatan harus segera dibentikan.
Pengobatan untuk orang dewasa lain lagi cara meramunya. Jika murusnya didahului oleh darah dan lendir, umbi empu kunyitnya harus yang lebih besar, yaitu sepanjang jari tangan. Gambir bersama kunyit diiris tipis dan direbus dalam air satu gelas Kecil sampai airnya tinggal sepetiga. Air rebusan ini diminum sebanyak satu loki (mangkuk kecil) sampai 3kali sehari.
Kalau sudah mulai berkurang “perginya ke belakang” minumnya cukup dua kali sehari saja. Bila sudah tidak lagi “kebelet”, pengobatan boleh dihentikan.
obat mencret 2
• Ramuan: Gambir sepotong, lnduk Kunyit sepotong, Herba Patikan Cina segar segenggam, Air 110 ml Caranya Dijadikan infus. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari. Bila belum sembuh segera dibawa ke dokter terdekat.
Perut kembung
Perut kembung dengan berak (tinja) didahului darah dan lendir, sebaiknya ke dokter. Dalam keadaan darurat, untuk sementara cobalah ramuan berikut. Gambir 1 kubus kecil bersama kunyit ½ jari direbus dengan segelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1/3 gelas. Minumlah sebanyak 5 sendok makan, 3 kali sehari. Bila sudah agak sembuh, minum ramuan ini cukup 2 kali sehari.
Penderita harus istirahat tidur, perut dikompres air panas, diberikan makan bubur.
Bagi penderita perut kembung diikuti darah dan lendir, lain lagi ramuannya. Gambir 1 kubus kecil direbus dengan 2 cangkir air. Setelah mendidih tambahkan tepung garut (arairut) sebanyak 1 sendok teh, aduk-aduk hingga menjadi bubur. Minumlah obat ini ½ cangkir. Istirahat dan berikan bubur (Tarmizi,B.Sc, S.Pd 2005). Tel (0751)462183
Gambir obat nyeri haid, sari rapat, gigitan serangga, suara parau dan sariawan mulut
Oleh Tarmizi, B.Sc

Bagi para penyirih (pemakan sirih), gambir tidak asing lagi karena ia merupakan bahan pelengkap bersama pinang muda. Ternyata bahan yang digunakan orang-orang melayu ini juga berkhasiat obat, Bukan saja sebagai obat tradisional namun juga digunakan dalam obat modern. Buktinya dua obat paten dari dokter (Tabonal dan diaform) memakai gambir sebagai ramuan obat diare dan disentri, karena aman, tidak punya efek samping apa-apa.
Gambir
Gambir yang diperdagangkan berasal dari sari tanaman yang diperoleh dari rebusan daun Uncaria gam1bir dari suku kopi-kopian Rubiaceae Perdagangannya dimulai sejak tahun 1549 ketika seorang pedagang bernama Barbosa melaporkan tentang sari tanaman Acacia catechu dari Cambay. Pada tahun 1685. kesalahan itu dibetulkan dengan bukti ilmiah, bahwa zat penyamak ita dihasilkan dari Uncaria dan bukan Acacia.
Gambir dengan nama ilmiah Uncaria gambir (Hunter.) Roxb dengan Sinonim Ourouparia gambir Roxb dan Nauclea gambir. Termasuk dalam Familia Rubiaceae. Uraian Tanaman
Tanaman perdu, tinggi 1-3 cm. Batang tegak, bulat, percabangan simpodial, warna cokelat pucat. Daun tunggal, benhadapan, bentuk lonjong, tepi bergerigi, pangkal bulat, ujung menuncing, panjang 8-13 cm, lebar 4-7 cm, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk lonceng, di ketiak daun, panjang lebih kurang 5 cm, mahkota 5 helai berbentuk lonjong, warna ungu, buah berbentuk bulat telur, panjang lebih kunang 1,5 cm, warna hitam.
Bagian yang Digunakan: Sari daun yang dikeringkan (gambir). Nama Simplisia: Terra Japonica, Gele Catechu; Gambir.
Sifat Khas gambir: rasanya Pahit dan kelat.
Kandungan Kimia gambir: Katekin, kuersetin, zat samak katekin, merah katekin, lendir, lemak, dan malam.
Khasiat gambir sebagai: Astringen dan hemostatik.
Kegunaan gambir untuk: Disentri. . Mencret, Luka bakar (obat luar), Luka (obat luar), Sariawan mulut (obat kumur), Suara parau (obat kumur).
Sari Rapat
• Gambir secukupnya, 1 buah pinang, 15 gram jari temu kunci, 25 gram kencur, 10 lembar daun sirih, dan 2 gram lempuyang direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.
• Gambir 3 potong, kulit buah pinang muda secukupnya, daun sirih 15 lembar, kapur sirih secukupnya. Kulit pinang (jambe) dicabut kecil-kecil, gambir ditumbuk lembut, kapur sirih diayak bersih. Semua bahan direndam dengan 2 liter air air mendidih, biarkan selama Beberapa jam supaya mengtendap dingin. Gunakanlah air ini untuk mencuci kemaluan anda (wanita).
Nyeri Saat Menstruasi
Rasa sakit saat menstrusi umum terjadi pada setiap wanita. Rasa sakit saat menstrusi biasanya disertai sindrom pramenstrusi, seperti: mual, muntah, diare, sering buang air kecil, sakit kepala, kedinginan, kembung perut, buah dada sakit, depresi, dan lain-lain.
Penyebab:
Nyeri saat menstruasi biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan faktor psikologis. Rasa sakit ini dapat disebabkan oleh meningkatnya sekresi hormon prostaglandin sehingga kontraksi uterus meningkat. Nyeri ini juga dapat disebabkan oleh endometriosis, penyempitan leher rahim, ketidaknormalan letak rahim, radang panggul, dan lain-lain.
Pengobatan:
• 3 lembar daun sirih, 1 potong gambir dan 10 gram kunyit ditumbuk jadi satu tambahkan ½ gelas air, diperas dan diminum ketika haid terasa sakit dan terlalu banyak mengeluarkan darah. Selamat mencoba!
Digigit serangga
Mungkin minyak angin tidak banyak membantu anda jika digigit serangga atau nyamuk, yang menyebabkan binti merah pada kulit. Gunakan gambir sebagai pencegah rasa gatal, bengkak dan sedikit panas. Caranya, tumbuk sekeping gambir sampai halus, beri Beberapa tetes air matang, kemudian balurkan pada bagian yang terkena gigitan. Bebrapa menit kemudian, biasanya rasa gatal akan hilang.
Suara Parau dan Sariawan Mulut
• Ramuan: Gambir sepotong Daun Sirih segar 3 helai Air 110 ml Caranya dijadikan infus atau seduhan. Cara pemakaian: Untuk berkumur 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali 100 ml. Lama pengohatan: Diulang selama 7 hari.
Catatan Ada beberapa bentuk Gambir antara lain: 1. Gambir Bulat. 2. Gambir Papan. 3. Gambir Paku. Gambir merupakan bahan penting untuk makan sirih (nginang). Kebiasaan makan sirih menyehatkan gusi, gigi, dan tenggorokan.

BERITA DAN WACANA

Loading...

Tumbuhan Obat

Followers