Automatic translation of this blog page

Wednesday, March 2, 2011

Manfaat Patikan Cina dan Patikan Kebo sebagai Obat

Oleh Tarmizi

Patikan cina
  Fichier:Euphorbia prostata.JPG  Patikan cina.(Euphorbia Prostrata Ait dan Euphorbia thymifolia L.) masih satu famili dengan patikan kebo, yaitu dalam keluarga Euphorbiaceae. Patikan cina di Indonesia juga dikenal dengan berbagai nama daerah. Di Jawa dikenal sebagai: Gelang pasir, ki mules, nanangkaan gede, useup nana, krokot cina, patikan cina.
     Para ahli jamu mengenal patikan cina dengan nama simplisia Prostratae Herba. Kandungan kimia Herba Patikan cina antara lain: Saponin, fasin, euforbin, quersetrin, glukosida apigenin, tarakserol, tirukalol, tanin.
      Kegunaan Seluruh tanaman patikan cina antara lain untuk : Obat cacing, obat luka, pelelap tidur, pencahar, pengelat.
Tifus (Typus Abdominalis)
Tifus atau disebut juga typus abdominalis merupakan penyakit menular yang menyerang bagian usus. Biasanya ditandai dengan gejala awal seperti panas yang semakin lama semakin tinggi, lesu, sakit kepala, tidak nafsu makan, keluar darah dari hidung, pegal pada bagian pinggang, buang air besar tidak teratur, dan gejala yang paling menonjol adalah demam dan sakit perut.
Penyebab:
     Typus abdminalis disebabkan oleh bakteri Salmonella typhy yang menyerang usus sehingga terjadi luka pada usus.
Pengobatan:
·        30 gram patikan cina direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnyadiminum selagi hangat.
·        30 gram patikan kebo direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Pilih satu resep tersedia dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Herpes Zoster
     Gejala herpes zoster dimulai dengan demam, lesu, dan perut terganggu. Selanjutnya, akan timbul gelembung kecil pada kulit yang diawali dengan rasa nyeri dan panas. Dalam beberapa hari gelembung-gelembung kecil akan pecah dan mengering.
Penyebab:
     Herpes zoster merupakan penyakit yang disebabkan infeksi akut dari susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus.
Pengobatan:
·        30 gram patikan cina segar dan 1 siung bawang putih ditumbuk hingga halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur 2 kali sehari,jika telah sampai 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu pengobatan boleh dilanjutkan lagi.
Patikan kebo


   Patikan kebo (Euphorbia hirta L.) masih satu famili dengan patikan cina, yaitu dalam keluarga Euphorbiaceae. Patikan kebo di Indonesia juga punya berbagai nama daerah. Di Sumatera dikenal dengan Daun biji kacang, daun dadih-dadih. Penduduk di Jawamenyebutnya Gelang susu, gedong anak, nanangkaan, nangkaan, kukonkukon, patikan, patikan jawa, patikan kebo, kak-sekakan. Masyarakat di Maluku menyebutnya Sosononga, isuma ibi, isu gibi.
Para peracik jamu menuliskan herba patikan kebopada label jamu dengan nama simplisia Hirtae Herba. Kandungan kimia patikan kebo antara lain: Kuersetin, triakontan, fitosterol, jambulol, eufosterol, tarakseron, tarakserol, amarin, flavonoid, sitosterin.
Kegunaan daun patikan kebo antara lain untuk: pencegah kehamilan, pelancar ASI, peluruh dahak/obat batuk, peluruh keringat, penghenti pendarahan, pereda kejang. Kulit akarPatikan kebo untuk: obat luka, peluruh air seni, pencahar. Seluruh tanaman Patikan kebo sebagai obat pereda
Disentri
Disentri merupakan peradangan usus besar yang disertai sakit perut. Disentri biasa terjadi pada kondisi sanitasi (kebersihan lingkungan) yang kurang baik, atau misalnya minum air mentah, sayur yang tidak dimasak, dan buah-buahan yang tidak dicuci dapat menjadi pembawa bibit penyakit disentri.
Penyebab:
     Penyebab disentri adalah kuman yang menyerang dinding usus besar sehingga perut terasa mulas, kembung, mual-mual, muntah-muntah, diare. Jika tidak segera teratasi dalam waktu 3 hari, feses penderita akan mengandung lendir dan darah, tubuh menjadi lemas, mata cekung, dan dapat berakibat kematian.
Pengobatan:
·        30 gram patikan kebo dan 30 gram daun jambu biji direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian aimya diminum selagi hangat, lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Demam Berdarah
Gejala dari demam berdarah adalah demam yang terjadi secara tiba-tiba, sakit perut, batuk, kerongkongan sakit, dan sesak napas. Pada kulit penderita timbul bintik-bintik merah yang kadang kala diikuti dengan berak darah, perdarahan dari hidung, dan perdarahan pada bagian putih mata.
Penyebab:
Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dengan perantaraan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.
Pengobatan:
·        30 gram daun patikan kebo direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Tekanan Darah Rendah / Hipotensi
Tekanan darah dikatakan rendah bila tekanan sistoliknya kurang dari 100 mm Hg. Akan tetapi, bagi orang-orang tertentu, tekanan darah yang rendah dan bertahan dalam jangka waktu lama merupakan keadaian yang normal. Gejala tekanan darah rendah adalah: pusing dan mudah lelah lemas.
Penyebab:
Tekanan darah yang rendah dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat, kelelahan, stres, pengkonsumsian makanan yang tidak seimbang, atau sehabis menderita suatu penyakit.
Euphorbia hirta
Scientific classification
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Malpighiales
Family: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Species: E. hirta
Binomial name
Euphorbia hirta L.
Pengobatan:
·        30 gram patikan kebo, 100 gram hati ayam dan 100 gram bayam ditim, kemudian dimakan, dan lakukan secara teratur 2 kali sehari. (Tarmizi, B.Sc. S.Pd/Universitas Negeri Padang)


ARA TANAH


NAMA MELAYU: Ara Tanah
NAMA SAINTIFIK: Euphorbia hirta L.
NAMA LAIN: Hairy Spurge, Asthma Weed
KEGUNAAN UNTUK PERUBATAN:
Digunakan untuk merawat penyakit lelah (asthma), bronchitis, cacing and disenteri. Ia juga digunakan untuk meredakan batuk berdahak. Orang tua zaman dahulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengubati mata yang merah (penyakit conjunctivitis).
Ara tanah mempunyai sifat anti inflamasi ( anti radang ), diuretic ( peluruh kencing ) dan anti pruritic ( menghilangkan gatal )
SUMBER RUJUKAN:
File:Euphorbia hirta1.JPG

Tumbuhan Obat

Followers