Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, March 9, 2011

Limau untuk Obat


Jeruk purut,  Jeruk kinkit,  Jeruk manis,  Jeruk bali  dan Jeruk dundai Sebagai Obat
oleh Tarmizi, BSc

     Jeruk yang di Sumatera dikenal dengan limau, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari segala lapisan masyarakat. Baik orang kota atau warga desa, orang kaya atau si miskin, tua atau remaja dan anak-anak, karena rasanya yang manis dan segar. Rasanya yang manis dan menyegarkan ini dapat meningkatkan selera makan, maka banyak para ibu meberikan sari jeruk kepada anak bayinya. Dalam resep tradisional diketahui bahwa sari jeruk mempunyai khasiat sebagai diuretik (memperlan-car pembentukan urine), mencegh influensa dan secara umum dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.
Jeruk purut obat lemah sahwat,  jeruk kinkit obat batuk,  jeruk manis peluruh kencing dan kentut,  jeruk bali obat jantung mengipas, borok dan masuk angin, jeruk sundai obat berak berdarah

     Bagi Ibu-ibu yang hamil terutama hamil muda, sari jeruk merupakan minuman pavorit bagi mereka, karena dapat mengurangi atau menghilangkan rasa mual yang dialami oleh hampir semua ibu yang hamil muda. Selain itu sari jeruk juga dapaat digunakan sebagai obat penurun panas demam pada anak.
BERAGAM JENIS JERUK UNTUK OBAT
     Jeruk manis banyak varietasnya, disamping itu ada pula jeruk yang rasanya masam. Jeruk masam dikenal pula dikenal juga dengan jeruk peras, seperti jeruk lemon yang tak berbiji, jeruk sundai dan jeruk nipis. Ada lagi jeruk bali, jeruk purut dan jeruk kinkit.
JERUK PURUT
     Jeruk purut alias tumbuh baik pada ketinggian 1-500 m dpl. Kulit buah dan daunnya banyak digunaka untuk penyedap masakan. kulit buahnya yang diiris, dapat digunakan pengusir kepinding (sejenis kutu busuk). Sari buahnya jua dapat dipakai untuk keramas. Buah jeruk purut yang berkerut-kerut dan bewarna hijau itu, dapat pula digunakan sebagai obat lemah syahwat.
obat lemah syahwat
            Caranya: Dua buah jeruk purut diperas airnya. Lada (merica hitam) 25 butir ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan perasan jeruk purut tadi dan diaduk rata. Tambahkan sedikit garam dan diminum tiap hari sekali. Sebagian esar dari orang yang telah mencoba resep tradisional ini mengatakan, dapat sembuh setelah sebulan minum ramuan ini.
obati hati berlemak, jantung dan saban-saban
     Jeruk purut yang direbus bersama buah mengkudu (pace), nenas muda, sedikit gula merah (gula enau atau gula kelapa), akar mengkudu, kemudian diminum 3 kali sehari sesudah makan, dapat mengobati hati berlemak, obat jantung dan saban-saban (susah buang air kecil, tiap keluar hanya sedikit dan terasa perih).
JERUK KUNCI
     Jeruk kinkit (Triphasia trifolia P.Wils) buahnya kecil, sebesar jempol dan bewarna kuning hingga jingga setelah masak dan berasa manis. Di Sumatera jeruk kinkit dikenal dengan kingkit, Jeruk kiah, Jeruk kunci. Di Jawa disebut kaliyage, kingkip, jeruk kingkip, jheruk rante, sementara di Sulawesi sebagai lemo-lemo, di Maluku disebut lemo-lemo dan joji koyo.
     Selain zat gula, jeruk kingkit juga mengandung zat berkha-
siat obat yaitu trifasiaksantin.
            Buah jeruk kingkit berguna sebagai peluruh dahak atau obat batuk (antitusif).
JERUK MANIS
     Jeruk manis (Citrus aurantium L) di Sumatera juga dikenal sebagai jeruk manis. Di Jawa disebut jeruk amis, jeruk lagi, jheruk bunglon dan jeruk manes. Bunganya mengandung minyak at-siri, sejenis glikosida yaitu hesperidin. Daunnya mengandung minyak atsiri dan zat pahit. Buahnya mengandung gula dan vitamin C serta sitrat. Pada kulit buah terkandung minyak atsiri, sejenis glikosida aurantiamarin, hesperidin, neohesperidin, zat pahit, kriptoksantin dan karoten.
            Kulit  buah jeruk manis berkhasiat peluruh air seni, peluruh kentut, penambah nafsu makan dan pereda kejang.
JERUK BALI
     Jeruk bali (Citrus maxima L) berbuah besar dan rasanya enak. Jeruk bali dapat diguanakan sebagai obat jantung mengipas. Penyakit ini dapat disebabkan karena si penderita pernah kena shock jantung, sifilis, karena pencernaan kurang bekerja, lambung penuh dengan gas busuk, terlalu banyak minum teh, kopi dan alkohol.
obat jantung mengipas
     Gejala penyakit jantung mengipas adalah: muka pucat, jantung terasa nyeri, nafas sesak dan susah tidur. Penyakit ini akan timbul jika hati selalu panas (emosional) dan suka bermenung.
Obatnya : Setengah genggam jeruk bali direbus dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih hingga tinggal dua gelas dan dinginkan lalu disaring. Air rebusannya diminum hingga habis.
Obat  borok
     Kulit jeruk bali dapat pula digunakan untuk obat borok. Ambil kulit eruk bali, dijemur dan kemudian dibakar. jika sudah hangus, arangnya ditumbuk hinga halus. Tepung hitam itu kemudian ditaburkan ke atas borok. Pengobatan ini dilakukan 2 kali tiap hari.
Obat masuk angin
            Sediakan daun 7 macam jeruk masing-masing 7 helai. Yakni daun jeruk purut, daun jeruk nipis, daun jeruk kinkit, daun jeruk bali, daun jeruk manis, daun jeruk kesturi, daun jeruk sankis. Boleh juga daun jeruk yang lain. Rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring dan minumlah 3 kali sehari.
JERUK SUNDAI
     jeruk sundai alias asam sundai atau jeruk sundai berbuah mirip jeruk purut, berkerut-kerut. Bedanya, kulit buah jeruk sundai sedikit lebih keras dan berasa asam, baunya lain dari jeruk purut. Jeruk sundai bisa diperas untuk pebyedap sambal.
obat berak darah
     Jeruk sundai dapat digunakan untuk obat berak darah. Caranya, sediakan 3 buah jeruk sundai, 1 ons gula enau, setengah ons gula batu (putih dan keras). Liamu sundai diperas dan dicampurkan dengan gula enau, gula batu dan sedikit air lalu dikocok. Campuran ini dipanaskan 5 menit, selagi masih suam-suam kuku, diminum. Lakukan 3 kali sehari, tiap minumnya setengah gelas. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/UNP)


Jeruk nipis Obat Batuk, Peluruh keringat, Jerawat, Difteri, Sifilis, Masuk angin, Polip dan Gangguan pencernaan,
oleh Tarmizi, BSc

     Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle) di Sumatera dikenal juga dengan jeruk sambal, limau kapeh dan asam kapeh. Di Jawa dikenal dengan jeruk pecel. Selain untuk penyedap masakan, jeruk nipis juga digunakan untuk oat berbagai penyakit. 
Sejarah Tanaman Jeruk Nipis
            Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman hortikulktura yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat. Buah jeruk enak rasanya dan beberapa diantaranya telah memiliki nilai pasar yang tinggi sehingga dapat dii'adikan bahan komoditi yang menguntungkan.
            Di Indonesia tanaman jeruk sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Semula jeruk ini tumbuh liar di hutan-hutan Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Kemudian setelah tempat itu didimi orang jeruk mulai dib udidayakan. Sekarang tanaman ini tersebar di dunia seperti Spagyol, Portugis, Amerika dan Australia. Di Amerika penyebarannya kemungkinan dibawa oleh Portugis dian Spanyol sec)ab sebelum Colombus masuk orang Amerika belum mengenal jeruk.
            Dalam perjalanannya 1493, Colombus banyak sekali membawa buah dan biji jeruk dan 50 tahun kemudian diberbagai pulau di Hindia Barat banyak tumbuh tanaman jeruk.
Di Amerika, Spanyol, Jepang, Brazilia, Italia, Mexiko, Israil, Maroko, Afrika, Turki, Yunani dan Australia tanaman j eruk dikelola secara besar-bcsaran. Sedangkan di Indonesia tanaman jeruk yang diusahakan secara terpadu terdapat di Sumedang, Garut, Bogor, Tasik Malaya, Cilacap, 6anjumas, Solo. Madura, Medan, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Tapi belum mencukupi untuk diekspor masih untuk konsumsi dalam negri.
Jenis Jeruk Nipis
Jeruk Nipis adalah sejenis buah jeruk yang banyak mengandung air, tapi rasanya sangat asam dan sedap. Tanaman ini berbentuk perdu kecil tingginya 1,5 3,5 meter. Dahan bulat, cabangnya banyak dan ada yang berduri. Varietas jeruk nipis yang terkenal adalah  Citrus Auratium,  Citrus Aurantifolia vaf. Fusea,  Citrus Aurantififolia var limetta.
Jenis yang penulis teliti dinihi adalah pada jeruk nipis hasil silangan antara jeruk lemon dengan jeruk nipis biasa, tapi masih dimasukkan ke dalam lerabat jeruk nipis Citrus Auratium.
Pertumbuhan Jeruk Nipis
Jeruk nipis Jenis gen.‑lah ini tumbuh pada tanah dengan derajat keasaman antara 5,5 - 6,0. Jeruk jenis ini tahan aken hama dan penyakit seperti CUID. dan tahan dengan genangan air.
        Penanaman jeruk ini dilakukan Padan tanah yang telah digemburkan yang dicangkul sedalam 30 cm dengan bedengan sekitar 120 cm membentang dari utara ke selatanL Panjang bandengan tergantung pada jareal yang  tersedia. Jarak antara bedengan adalah 2 meter. Permeter panjang andengan dipupuk dengan pupuk kandang dan pupuk kompos yang telah matang sebanyak 2 kaleng minyak tanah. Pada bandengan dimasukkan jeruk nipis. Dalamnya lobang ungtuk biji sekitar 5-8 cm. Biji ditanam pada lobang yang lancip. Selesai penanaman, ditutup dengan jerami untuk melindungi dari hujan dan matahari.
Manfaat Jeruk Nipis
Adapun manfaat jeruk nipis adalah Meringankan batuk. Jenis batuk yang dapat diringankan dengan jeruk nipis ini adalah Chronic bronchitis, pilek/influensa, nyeri tenggorokan dan batuk rejan. Selain itu juga Menurunkan panas. Mengendurkan otot. Mengecilkan dan mengeringkan peranakan. Menghilangkan rasa capai. Obat keseleo. Anti mabuk. Memperlancar air kencing. Eksim. Membantu sistem pencenaan. Menghilangkan bau ketiak. Agar keluar keringat. Kosmetik. Bahan pewangi. Perawatan kulit. Perawatan rambut. Pembuatan minuman. Penyedap kue. Dan lain-lain.
            Jeruk nipis mengandung minyak atsiri, asam sitrat, hesperidin dan aurantia marin. Buahnya berkhasiat sebagai pereda (sedatif), peluruh dahak (ekspektoran) dan obat batuk (antitusif) serta peluruh keringat (diofoetik).
Obat batuk
     Air jeruk nipis jika ditambah dengan sedikit garam dapat digunakan sebagai obat batuk. Cara lain adalah dengan memeras jeruk nipis yang agak besar dan banyak airnya. Air perasan ini diaduk dengan madu sebanyak tiga sendok makan. Penderita batuk dapat meminumnya dua kali sehari. Boleh pula dengan menghancur-kan sejari kunyit, kemudian dibasahi dengan perasa jeruk nipisdengan sedikit lada dan garam, dapat digunakan unt. Campuran ini dimakan.
Gangguan pencernaan
     Sari jeruk nipis bila dicampur uk mengobati gangguan pencernaan akibat makanan yang terlalu berlemak, mual yang disebabkan oleh pengeluaran zat empedu yang berlebihan. Bagi remaja puteri, air jeruk nipis sering digunakan sebagai pelengkap minum jamu guna memperbaiki diri, khususnya untuk mengobati gangguan pada kulit seperti jerawat.
     Pada penyakit difteri, jeruk nipis juga digunakan sebagai obatnya. Penyakit ini dapat diakibatkan karena tenggorokan diserang basil yang bentuknya mirip anak korek api. Basil itu disebut luffler dan biasanya menyerang anak-anak. Gejalanya: Badan terasa lemah, suhu  tubuh bisa mencapai 40 derajad Celsius, nyeri dalam tenggorokan ketika menelan makanan dan nafas sesak.
Obat difteri
     Obatnya difteri : Peras tiga buah jeruk nipis dan seduh dengan air panas setengah cangkir dan tambahkan madu satu sendok makan. Jika telah suam-suam kuku, berkumur-kumurlah dengan ramuan ini dan lakukan tiga kali sehari. Berkumur-kumur harus menengadah hingga kerongkongan penderita dibasahi ramuan ini.
obat masuk angin
     Untuk obat masuk angin juga dapat diobati dengan jeruk nipis.  Caranya : campurkan air jeruk nipis tiga sendok makan, minyak kayu putih dua sendok teh dan sedikit kapur sirih. Campuran ini digosokkan pada dada, tengkuk (kuduk) dan tulang punggung. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari.
sifilis                    
     Penyakit kelamin atau sifilis alias raja singa, dapat pula diobati dengan air perasan jeruk nipis. Umumnya penderita malu memeriksakan diri ke dokter, walaupun ia tahu penyakit ini berbahaya.
     Untuk menembuhka penyakit kelamin dapat dicoba ramuan kuno berikut : Tiga lembar daun kubis, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah yang telah diiris halus, dicampurkan dalam panci. Campuran ini kemudian diembunkan di udara terbuka selama semalam. Keesokan harinya diremas-remas dan diberi air perasan dari dua buah jeruk nipis. Ambil air erasan campuran ini dan minum tiap pagi.
Menghilangkan polip
     Menghilangkan polip juga dapat dilakuka dengan obat tradi-sional tanpa operasi. Apabila hidung bagian dalam ditumbuhi daging kecil yang kian lama semakin besar, maka berhati-hatilah, karena hal seperti itu adalah pertanda penderita terserang penyakit polip. Kalau dibiarkan akan dapat penyumbat hidung.
     Menurut ilmu kedokteran modern, untuk menyembuhkan atau menghilangkan polip harus dilakukan dengan jala operasi, yaitu memotong daging ang tumbuh itu. Jika anda taku enjalankan operasi, atau tidak punya biaya yang cukup, cobalah resep tradisional yang telah biasa dilakukan.
     Peraslah dua buah jeruk nipis dan rebus bersama 20 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 6 helai daun serai dan sejempol jahe hingga mendidih. Didihkan terus hinga airnya tinggal setengah cangkir. selagi masih panas disaring dan biarkan dingin lalu diminum. Lakukan resep tradisional ini setiap pagi sealam sebulan, Insya Allah polip Anda akan mengempis dengan sendirinya.
Referensi:
Dra.  Balkiah S & Anawati, "Aneka Resep Obat kuno  Warisan  Nenek   Moyang," Penerbit Anugerah Surabaya.
Dra.  H.Cir,  "Obat-obat Peningalan Nenek Moyang,"  1982,  Ikhwan jakarta.
Drs. Djoko Hargono et al, "Tanaman obat Indonesia Jilid I &  II,"  1985, Dirjen Pengawasan obat dan Makanan - depkes RI.
Heru  Primantoro, "jeruk Kinkit Bahan Bonsai  Berbuah,"  (majalah  Trubus  No.282,  Mei 1993), yayasan sosial  Tani  Membangun,  Jakarta.
Marah  Maradjo  &  Ir.Saleh Widodo, "  Flora  Indonesia,  Tanaman Rempah-rempah," PT Gita Citra, Jakarta.
Prof. Hembing WK, Penyembuhan dengan Tanaman Obat, 2002, Komputindo, jkt

Jeruk ! sebuah nama buah yang tidak asing lagi bagi kita. Emang buah satu ini banyak digemari oleh banyak orang. Buah jeruk identik dengan warna oranye yang bikin tambah ngiler kalo bayanginnya (he3). Tapi jangan salah jeruk bukan cuma warna orange ada yang berwarna hijau (udah pada tau ya, haha). OK! Di planet kita ini ada puluhan varietas jeruk. Dari yang bercitarasa asam hingga manis (kalo pengen pahit juga ada tinggal dibuat jus terus kasih kopi yang banyak :p). Walaupun berbeda warna, bentuk dan rasa, jeruk memiliki kesamaan, yaitu kaya akan antioksidan, tinggi mineral dan vitamin C. Nah ! ni macem2 jeruk plus manfaatnya. Monggo dipunpersani !

MANFAAT BERBAGAI MACAM JERUK
Jeruk Bali (Citrus maxima)
Bentuknya besar dengan daging buah berwarna putih ataug merah muda. Jeruk ini memiliki cita rasa manis, asam dan segar karena banyak mengandung air. Jeruk bali mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Setiap 100 g jeruk bali mengandung 53 kkal energi, protein 0,6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 12.2 g, retinol 125 mcg, kalsium 23 mg dan 27 mg fosfor. Kandungan lain seperti flavonoid, pektin dan lycopene menjadikan buah ini semakin kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan.
Beragam manfaat bisa diperoleh jika mengkonsumsi jus jeruk bali. Senyawa terkandung di dalam jeruk bali mampu mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah konstipasi, menurunkan kolesterol dan mencegah anemia.
Jeruk Manis/orange (Citrus Aurantium)
Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.
Di dalam 100 g jeruk manis mengandung energi 51 kkal, protein 0,9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Jejruk juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.
Jeruk Lemon (Citrus medica Linn)
Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza. Lemon juga sarat dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker. Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar
kolesterol dan trigliserida.
Jeruk Nipis (Citrus auranfolia)
Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.
Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.
TIPS MEMILIH JERUK
Banyak juga ya macem dan manfaatnya,,^.^9  Buat sekedar tambahan nih tak kasih tips2 buat milih jeruk lokal (aja) langsung dari pedagangnya… monggo.. silahken..
Dari beberapa jeruk yang ada di hadapan anda, carilah yang segar, tidak ada kerutan,  tapi kulitnya sudah kendor / kendur. Untuk mengetahuinya adalah dengan memijit jeruknya, jika kulitnya sudah kendor, jeruknya biasanya empuk. Warna kulitnya kadang tidak terlalu berpengaruh. Yang masih agak hijau pun kalau  kendor kulitnya biasanya manis menyegarkan! Kalau warnanya kuning plus kulitnya kendur rasanya manis, tapi kurang ngigit, manisnya seperti manis gula. Tinggal pilih saja tergantung selera, mau manis segar, atau manis biasa.
BIKIN JUS SENDIRI

Nah buat para jus lover daripada buang uang buat beli jus jeruk di jalan, bisa kuq buat jus sendiri selain lebih ngirit juga bisa ngrasain sensasi jus buatan sendiri. Nih resepnya :
BAHAN
3 buah jeruk, buang kulit dan bijinya
50 ml air
20 ml air gula
200 gram es batu
CARA MEMBUAT
Blender jeruk, air dan air gula, lalu sajikan dengan es batu. Sip kan?
Referensi :

Jeruk Nipis

(Citrus aurantifolia, Swingle.)
Sinonim :
Familia :
Rutaceae
Uraian :
Jeruk nipis (citrusaurantifolia) termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Tanaman jeruk nipis pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Bunganya berukuran kecil-kecil berwama putih dan buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong berwarna (kulit luar) hijau atau kekuning-kuningan. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung. 1. Syarat Tumbuh a. Iklim · Ketinggian tempat : 200 m - 1.300 m di atas permukaan laut · Curah hujan tahunan : 1.000 mm - 1.500 mm/tahun · Bulan basah (di atas 100 mm/bulan): 5 bulan - 12 bulan · Bulan kering (di bawah 60 mm/bulan): 0 bulan - 6 bulan · Suhu udara : 200 C - 300 C · Kelembapan : sedang - tinggi · Penyinaran : sedang b. Tanah · Jenis : latosol, aluvial, andosol. · Tekstur : lempung berpasir lempung dan lempung liat · Drainase : baik · Kedalaman air tanah : 40 cm - 170 cm dari permukaan tanah · Kedalaman perakaran : di bawah 40 cm dari permukaan tanah · Kemasaman (pH) : 4 - 9 · Kesuburan : sedang - tinggi 2. Pedoman Bertanam a. Pegolahan Tanah · Buatkan lubang tanam berukuran50 cm x 50 cm x 40 cm. · Tanah bagian atas dipisahkan dari tanah di bawahnya, kemudian diberi pupuk kandang. · Tanah bagian bawah dimasukkan kembali, kemudian disusul tanah bagian atas. b. Persiapan Bibit · Jeruk nipis dapat diperbanyak secara cangkok dan okulasi. c. Penanaman · Bibit ditanam pada lubang tanam yang telah disediakan. · Jarak tanam 6 m x 6 m

Nama Lokal :
Lime (Inggris), Lima (Spanyol), Limah (Arab); Jeruk Nipis (Indonesia), Jeruk pecel (Jawa); Limau asam (Sunda);
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Amandel, Malaria, Ambeien, Sesak Nafas, Influenza, Batuk; Sakit panas, Sembelit, Terlambat haid, perut mules saat haid; Disentri, Perut Mulas, Perut Mual, Lelah, Bau badan, Keriput wajah;  
Komposisi :
KANDUNGAN KIMIA : Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kiniia yang bemianfaat. Misalnya: limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asani sitrat. 100 gram buah jeruk nipis mengandung: - vitamin C 27 miligram, - kalsium 40 miligram, - fosfor 22 miligram, - hidrat arang 12,4 gram, - vitamin B 1 0,04 miligram, - zat besi 0,6 miligram, - lemak 0,1 gram, - kalori 37 gram, - protein 0,8 gram dan - air 86 gram. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.
 Pemanfaatan:
1. Amandel
    Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari
    diparut dan 2 sendok makan madu;
    Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit
    diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan
    madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan
    disaring;
    Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.

2. Malaria
    Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam
    secukupnya;
    Cara membuat :jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
    dioplos dengan bahan lainnya dan disaring;
    Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.

3. Ambeien
    Bahan: 2 - 4 potong akar jeruk nipis;
    Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih
    hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring;
    Cara menggunakan : diminum setiap sore weara teratur.

4. Sesak Nafas
    Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam
    kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu,
    Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang
    merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan
    diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata,
    kemudian disaring;
    Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.

5. Influenza
    Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur
    sirih secukupnya;
    Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk
    diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk
    sampai merata, dan disaring;
    Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.

6. Batuk
    a. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, garam
       secukupnya;
       Cara membuat: jeruk nipis diperis untuk diambil airnya,
       Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama
       sakit

    b. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/4 sendok tepung biji buah pala, 1
       sendok minyak kayu putih;
       Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
       dioplos dengan bahan lainnya sampai merata;
       Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada
       dada dan punggung.

7. Sakit panas
    Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok
    minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan;
    Cara membuat:  jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
    dioplos dengan bahan lainnya sampai merata,
    Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk
    dada dan punggung.

8. Sembelit
    Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 - 4 siung bawang merah, 1 sendok
    minyak kayu putih, buah asam secukupnya, 2 sendok air masak;
    Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
    dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama-sama;
    Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar
    perut.

9. Telambat datang bulan
    Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur
    sirih dan garam secukupnya;
    Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit
    diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan
    tersebut dicampur merata dan disaring;
    Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

10. Perut mules pada waktu haid datang bulan
     Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3
     mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa;
     Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe
     diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4
     gelas air masak dan disaring;
     Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.

11. Disentri
     Bahan: 2 potong akar jeruk nipis;
     Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih,
     kemudian disaring;
     Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

12. Perut mules
     Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari;
     Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk 
 

Tumbuhan Obat

Followers