Automatic translation of this blog page

Selasa, 15 Maret 2011

RIMPANG GARUT SEBAGAI OBAT MENCRET

RIMPANG GARUT SEBAGAI OBAT MENCRET, RADANG PARU, RAKHITIS, DAN EKSIM
oleh Tarmizi, BSc., S.Pd

 
GARUT


Tanaman Garut alias arairut (Maranta arundinaceae L) termasuk famili Marantaceae. Tanaman ini seperti kunyit, namun umbi dan bungya khas. Bunga tumbuh di tengah batang semu, bertangkai keras dan bercabang-cabang. Rimpangnya muncul ke samping dari tanaman induk bagaikan umbi dengan daun pelindung.
          Garut di Sumatera disebut sagu banban, saku ndrawa, arairut, arerut, ubi sagu, sagu, sagu belanda, sagu betawi, sagu rarut, medawik cina. Di Jawa dinamakan larut, patat sagu, angkrik, arus, jelarut, garut, irut, nggarut, rarut, waerut, arut, laru, salarut, paruta. Sementara di Nusatenggara disebut krasus dan marus. Di Sulawesi disebut tawang, arerut towang, labia walanta, tumbago bolano, pi walanda, sedangkan diMaluku sebagai peda sula, peda-peda, huda sula, hula moa.
          Dalam resep jamu, nama simplisianya sebagai Marantae amylum, Pati garut, Marantae Rhizoma, Rimpang garut. Kandungan kimianya antara lain adalah zat pati dan berkhasiat sebagai pelembut kulit.
Uraian Tanaman
          Tanaman semak semusim, tinggi 75-90 cm. Berbatang semu, bulat, membentuk rimpang, berwarna hijau. Daun tunggal, bulat memanjang, ujung runcing, bertulang menyirip, panjang 10-27 cm, lebar 4-5 cm berpelepah, berbulu, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk tandan, kelopak bunga hijau muda, mahkota bunga berwarna putih. Buah kotak, bulat berwarna hijau.
Bagian yang Digunakan Pati atau rimpang.
Nama Simplisia:  Marantae Amylum untuk Pati Garut dan  Marantae Rhizoma untuk Rimpang Garut.
Sifat Khas Tidak berasa, mendinginkan, dan mendinginkan perut. Kandungan Kimia Rimpang Garut: Zat pati.
Kegunaan 1. Mencret. 2. Eksem (obat luar).
Obat Mencret
·        Ramuan: Tepung Garut 1 sendok , Gula 1 sendok makan, Garam 1/4 sendok teh, Daun Jambu Biji 7 lembar, Air 100 ml
Cara pembuatan: Dibuat infus.
Cara pemakaian: Diminum 3 kali sehari, tiap kali minum 100 ml. Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari.
Obat Eksim
·        Setelah dicuci dengan rebusan daun Legundi, kemudian dibedaki dengan tepung Garut.
Catatan Dianjurkan untuk makanan balita.
Obat radang paru-paru
·        Campurkan tepung garut satu sendok makan dengan serbuk kopi murni satu sendok teh. Campuran ini diseduh dengan air masak setengah cangkir dan madu satu sendok makan. Obat ini diminum 2 kali sehari.
Obat rachitis
Penyakit rachitis biasa pada anak-anak yang kekuranganvitamin D. Obatnya adalah sebagai berikut.
·        Dua potong umbi garut (arairut) yang panjangnya masing-masing 8 cm, diparut, diremas dengan madu murni 4 sendok makan,kemudian diperas dan disaring untuk diminum. Minumlah tiga kali sehari, tiap kali dua sendok makan.
Ginje Obat jantung, Pembunuh lalat., Cantengan dan  penurun panas.
          Ginje dengan nama ilmiah  Thevetia peruviana (Pers). K. Schum.  mempunyai  Sinonim Cerbera penuviana Pens,. Cerbena thevetia L dan Thevetia nerifolia Juss. ex Steud. termasuk ke dalam  Familia Apocynaceae.
Uraian Tanaman
          Tanaman semak, semusim, tinggi lebih kurang 1,7 meter Batang berkayu, beralur, beruas, bercabang, warna hijau. Daun tunggal, bentuk menjari, tepi bergerigi, pangkal dan ujung runcing, panjang 4-12 cm, lebar 5-14 cm, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, mahkota bentuk ginjal, warna kuning kemenahan. Buah kotak, beruang dua sampai empat, diameter lebih kurang 7,5 mm, warna cokelat kehitaman.
Bagian yang Digunakan Biji dan daun.
Nama Simplisia Biji Ginje adalah Thevetiae nerifoliae Semen..
Sifat Khas Ginje: Pedas, pahit, menghangatkan, dan sangat beracun.
Kandungan Kimia Ginje antara lain: Tevetiana (alkaloid gigitalis), nerifolin, perufosida, rufosida, dan minyak lemak. Kulit batangnya mengandung teviridosid dan aukubin. Bijinya mengandung nerifolin, peruvosid, tevirodosid, tevisid, dan flavon.
Khasiat Ginje sebagai: Tonika, diuretik, dan anti bengkak.
Kegunaan untuk: Obat jantung. 2. Pembunuh lalat. 3. Cantengan (obat luar). Kulit batang ginje digunakan untuk penurun panas.
Peringatan: Tanaman ini sangat beracun. Tanda-tanda keracunan antara lain: pusing, mual, sakit perut, mencret, dan denyut nadi tidak teratut Antidotum: obat muntah, pencahar, putih telur, vitamin C, dan teh panas.
Irut (Maranta arundinaceae)

Irut disebut juga ubi sagu,ubi belanda,sagu betawi.  Tanaman ini merupakan tanaman tropis. Tanman ini tumbuh baik di tanah yang jarang ada tanaman lain. Ubi sagu ini menghisap unsur hara lebih besar.
Irut juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk demam. yang dapat dimanfaatkan adalah umbinya,kemudian parut dan tambahkan air. Setelah itu diperas lalu disaring dan tambahkan air. Setelah itu diperas lagi dan disaring lagi kemudian endapkan. Bahan yang mengendap dan menyerupai tepung inilah kemudian dibuat bubur lalu dapat dimakan.

Tarmizi, BSc/Universitas Negeri Padang
Referensi:
Drs. Djoko Hargono et al, "Tanaman Obat Indonesia Jilid I & II," 1985, Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan - Depkes RI. Jakarta.
Dra. H.Cir," Obat-obat Peninggalan Nenek Moyang," 1982, Ikhwan Jakarta.
Dra. Balkiah S & Anawati," Aneka Resep Obat Kuno Warisan Nenek Moyang," Anugerah Surabaya.
Marah Maradjo & Ir.Saleh Widodo," Flora Indonesia, Tanaman Rempah-rempah," 1985, PT Gita Citra, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Universitas Negeri Padang, Padang Ekspress

Loading...