Automatic translation of this blog page

Selasa, 19 Oktober 2010

Daun pegagan alias kaki kuda untuk darah tinggi, asma dan sesak nafas

Daun pegagan alias kaki kuda untuk darah tinggi, asma dan sesak nafas
Oleh Tarmizi, B.Sc

KALAU ingin punya tubuh yang sehat, tahan terhadap serangan penyakit, rajin-rajinlah melalap daun kaki kuda. Demikiari anjuran orangorang yang suka melalap daun kaki kuda. Nada kalimat itu seperti berbau iklan. Tetapi memang daun kaki kuda atau yang dinamai pula pegagan ini sarat khasiatnya untuk tubuh. Hanya saja sampai sejauh ini masih banyak arancal yang belum tahu khasiatnya.
Menurut penelitian, daun kaki kuda (Centella asiatica) tanaman herba yang mudah tumbuh di sembarang tempat ini rnengandung antara lain glikosida triterpenoida atau yang, disebut asiatikosida yang terkenal anti lepra. Senyawa lain seperti steroid, tanin, minyak atsiri dan garam-garam mineral seperti kalium, magnesium, kalsiurn dan zat besi yang, amat berrnanfaat untuk tubuh. Tak perlu heran kalau hampir 20 jenis jamu memakai daun kaki kuda ini.
Mudah diperoleh
Daun kaki kuda punya nama daerah yang bermacam-macam. Di Sumatera dinamai Pegaga, pegago, daun kaki kuda, rumput kaki kuda, kaki kuda, pugago atau daun penggaga. Di Jawa, lebih dikenal dengan sebutan Cowet gompeng, Antanan, antanan bener, antanan gede, ganggagan, kerok batok, panegowang, panigowang, rending, calingan rambat, pacul gowang, gan gagan dan Gagan-gagan. Di Nusa Tenggara, Bebele, paiduh, penggaga, Kelai lere. Di Maluku disebut Kolotidi manaro, dan sarowati. Di Sulawesi disebut pagaga, Wisu-wisu atau hisu-hisu, cipubalawo dan kisu-kisu. Sementara di Papua dikenal dengan nama Dogauke, Gogouke, Sandanan (DEPKES, 1985).
Dari sini terlihat tanaman Asia Tropik ini bisa ditemukan di seluruh penjuru tanah air. Ciri khasnya inilah, tanaman ini termasuk herba tahunan ang tumbuh menjalar, berdaun seperti bentuk buah pinggang, tak berbatang tetapi berbunga majemuk mirip payung dan berbuah pipih berlekuk dua. Rasanya pahit dan justru karena itulah tanaman ini memiliki banyak daya penyembuh.
Bagi para petani, daun kaki bukan tanaman aneh lagi. Sering mereka lalap segar, meski tak jarang juga menjadi tumbuh yang menjengkelkan bagi mereka karena tumbuhan yang memiliki banyak cabang ini tumbuh amat pesat berumpun yang kian lama kian meluas dan tak jarang sampai menutupi semua lahan. Dan mudah ditanam terutarna lewat steknya.
Pegagan bukan saja tumbuh di Indonesia, namun juga tersebar negra-negara tropic lainnya, terutama di Madagaskar, India, dan Negara lainnya di Asia tenggara.
Ada 3 spesies pegagan yakni Centella asiatica, Merremia marginata, dan Hydrocotyle sibtrhopioides. Yang pertama lebih terkenal Karena banyak khasiatnya, yang kedua disebut juga pegagan utan, dan yang ketiga diduga tak berkhasiat obgat dan dipakai sebagai lalap dan asinan (Sardianto, 1997).
Khasiatnya
Daun pegagan tidak hanya dikenal mujarab mengobati penyakit dalam, tapi juga penyakit luar seperti luka. Kalau kebetulan tubuh kita luka entah karena apa saja, cobalah ambil satu atau dua,lembar daun kaki kuda atau pegagan ini. Lumatkan dengan tangan lantas tambalkan pada luka tadi. Itu saja telah membuat pendarahan pada luka terhenti dan infeksi parah dapat dihindari.
Darah tinggi, asma dan sesak nafas
Kalau kita punya darah tinggi, asma dan sesak nafas akan,maka dianjurkan untuk membuat resep berikut :
1. Ambillah satu genggam daun kaki kuda, direbus dalarn air dua gelas dan biarkan mendidih sampai airnya tinggal satu gelas. Nah, setelah disaring, minumlah sekaligus. Dianjurkan, untuk meminumnya tiga kali sehari selama 2-3 hari berturut-turut. Dengan minum ramuan ini secara teratur niscaya nafsu makan akan kambuh lagi.
2. Untuk yang mengidap darah tinggi, baik orangnya tua atau muda, gemuk atau kurus, cobalah sediakan 20 lembar daun kaki kuda. Lalu rebus dengan air 3 gelas baru didihkan sampafairnya tinggal ¾ nya. Supaya rasanya lebih sip, tambahkan gula enau secukupnya. Sesudah disaring dimlnum sekaligus sekali sehari. Dengan meminumnya rutin selama seminggu, biasanya darah tinggi sudah mereda.
3. untuk darah tinggi, 20 lembar daun pegagan dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Disaring dan dan dibagi tiga. Ditambah madu dan diminum selagi hangat ataupun dingin, tiga kali sehari.
4. Resep lain, cobalah sediakan daun kaki kuda, kumis kucing, daun meniran dan daun poneb masing-masing satu genggam, dan ketapang satu buah, kulit pulai 2 jari, serta gula enau secukupnya. Semua bahan ini direbus dalam air 3 gelas dan biarkan mendidih sampai airnya tinggal separuh. Minumlah. sekali sehari 3/4 gelas selama satu minggu (Djumidi/Sardianto,1997).
5. Bagi yang mengidap asma, silahkan ambil satu genggam daun kaki kuda. Lalu tumbuklah dalam keadaan masih segar sampai lumat, baru tambahkan segelas air baru peras dan saring dengan kain. Minumlah ramuan tadi sekaligus pagi hari sebelum makan apapun dan lakukanlah berulang-ulang sampai asma terberantas tuntas. Selamat mencoba.
Bronkhitis
Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronki, yaitu saluran udara yang mengangkut oksigen ke paru-paru. Akibat peradangan ini, bronki mengeluarkan lendir. Timbulnya lendir memicu tubuh memberikan respon, yaitu batuk-batuk, yang merupakan mekanisme untuk membersihkan kelebihan lendir. Bronkhitis ditandai dengan batuk yang terus-menerus disertai dahak dan bercak darah.
Penyebab:
Bronkhitis akut sering kali disebabkan oleh pilek atau flu, yang biasanya akan sembuh dalam waktu satu atau. dua minggu, sedangkan bronkhitis kronis dapat berlangsung bertahun tahun yang biasanya disebabkan oleh terisapnya zat-zat iritan yang terbawa udara. Bronkhitis kronis biasanya terjadi akibat banyak merokok, infeksi saluran pernapasan yang berulang-ulang, dan alergi.
Pengobatan:
• 30 gram daun pegagan/antanan dan 15 gram jahe yang sudah diiris-iris direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, Pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Mimisan
Mimisan adalah terjadinya pendarahan dari hidung yang sering terjadi pada anak-anak, terutama jika sedang demam, atau biasanya juga merupakan gejala dari suatu penyakit yang berpangkal pada gangguan pembuluh darah atau dinding-dinding pembuluh darah.
Penyebab:
Pendarahan terjadi karena pembuluh darah pada selaput lendir hidung pecah. Hal ini dapat terjadi karena hidung dikorek-korek, terjadi peradangan, atau karena selaput lendir hidung mengalami kekeringan. Mimisan dapat juga terjadi akibat tekanan darah tinggi, tumor hidung, ataupun suhu tubuh yang terlalu tinggi.
Pengobatan:
• 60 gram pegagan segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya diminum selagi hangat dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Pegagan obat , campak, asma, kencing darah, lepra, tidak datang haid, wasir, penambah nafsu makan, pembangkit gairah suami, radang anak telinga dan jantung
Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd


Pegagan cukup potensial digunakan sebagai bahan obat tradisional. Tumbuhan ini sudah sejak lama digunakan sebagai dalam ramuan jamu. Kini kegunaannya banyak dikaji kembali agar dapat dimanfaatkan sesuai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan.
Tumbuhan pegagan
Pegagan (Centella asiatica L) termasuk familia Apiaceae, berupa terna tahunan berakar pendek. Daunnya berbentuk ginjal atau tapak kaki kuda dengan pangkal berlekuk dan bergerigi. Ia tumbuh menjalar dengan batang yang pendek atau bergerombol. Pegagan dapat tumbuh di banyak tempat dan hidup baik terutama di tempat yang lembab dan basah.
Bunga pegagan berbentuk paying tunggal atau 2-3 kuntum menjadi satu, berhadapan dengan daun, umumnya terdiri dari 3 bunga. Tangkainya yang berukuran 0,5-5 cm, mula-mula tegak dan kemudian membengkok ke bawah. Warna bunganya putih atau kadang kala merah. Buahnya bulat panjang.
Daun pegagan
Pegagan banyak tumbuh di pematang sawah, tepi sungai atau di kebun-kebun yang basah berumput. Tumbuhnya liar, dirawat oleh kemurahan alam. Di beberapa tempat di pedesaan, daun pegagan atau daun kaki kuda digunakan sebagai herba liar, sayuran, dimakan sebagai urap bersama dedaunan yang lain. Pegagan berbiak dengan geragih, Kalau akan menanam pegagan, ambil saja potongan geragih pegagan sekalian dengan akar dan daunnya. Panjang geragih antara tiga sampai empat ruas. Geragih ini ditanam di lahan berupa kebun, tepi empang atau halaman rumah yang sudah digemburkan. Untuk pegagan perlu penyiraman intensif dan agaknya tahan terhadap genangan air. llmu bertanam dalam pot kurang cocok untuk diterapkan pada pegagan (TRUBUS NO.181 Des 1984).

Campak
Campak ditandai dengan batuk dan demam. Tiga atau empat hari setelah itu, timbul demam disertai bintik-bintik merah di sekitar kuduk dan wajah yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Setelah bintik-bintik merah semuanya timbul, biasanya batuk mereda dan suhu tubuh akan turun. Namun kondisi ini perlu diperhatikan karena dapat timbul komplikasi berupa radang paru-paru.
Penyebab:
Campak disebabkan oleh virus pernapasan.
Pengobatan:
• 60 gram daun pegagan segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian setelah hangat airnya diminum dan lakukan secara teratur 2 kali sehari
Pembangkit gairah suami
• Daun pegagan atau kaki kuda alias cowekan 15 gram, daun kumis kucing atau remujung 10 gram, daun sembung 20 gram. Semuanya dicuci bersih dan direbus dengan air 1 liter hingga masak. Telur ayam kampong 1 butir dipecah dan ditelan kuningnya saja dalam keadaan mentah. Kemudian minumlah air rebusan daun di atas. Lakukan sedikitnya selama sepekan.
Asma
• 12 lembar daun pegagan dicuci dab direbus dengan 1 gelas air, biarkan hingga tersisa ¾ gelas. Disaring dan diminum setelah ditambahkan madu, lakukan 3 kali sehari
kencing dara
• 15 lembar daun pegagan dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa ¾ bagian. Disaring dan diminum setelah ditambahkan madu, lakukan 3 kali sehari
lepra
• ¾ genggam daun pegagan dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa ¾ bagian. Disaring dan diminum setelah ditambahkan madu, lakukan 3 kali sehari.
radang anak jantung
• 15 lembar daun pegagan dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa ¾ bagian. Disaring dan diminum setelah ditambahkan madu, lakukan 3 kali sehari
radang anak telinga
• 6 lembar daun pegagan dicuci dan digiling halus. Diperas dan disaring. Airnya sebanyak 1 sendok makan ditambahkan sedikit garam lalu ditetesi ke anak telinga. Lakukan dua kali sehari, tiap kali ditetesi 3-5 tetes.
Penambah nafsu makan
• 2 genggam daun pegagan, temulawak 1 jari, daun trawas segar 7 lembar. Direbus dengan 6 gelas air dan biarkan hingga tersisa ½ bagian (3 gelas). Disaring dan diminum setelah ditambahkan madu, lakukan 3 kali sehari, tiap kali minum 1 gelas.
Tak dating haid
• ¾ genggam daun pegagan dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa ¾ bagian. Disaring dan diminum bersama air gula yang manis, lakukan 3 kali sehari
obat wasir
• Tumbuhan pegagan utuh 5 tanaman dipotong-potong dan direbus dengan 2 cangkir air hingga mendidih, biarkan selama 5 menit. Disaring dan diminum sedikit-sedikit selama sehari sampai habis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Universitas Negeri Padang, Padang Ekspress

Loading...