Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, October 19, 2010

Pasak Bumi sebagai Tonikum dan obat sakit perut

Pasak Bumi sebagai Tonikum dan obat sakit perut
Oleh Tarmizi, B.Sc


Pasak bumi (Eurycoma longifolia Jack.) sudah sedemikian terkenalnya, sehingga di Australia sudah ditanam ratusan hektar sebagai kebun tanaman obat. Bibitnya mereka ambil dari Kalimantan. Orang Melayu mengenalnya sebagai tongkat ali, sehingga kini sudah beredar pula kopi berkhasiat ala Malaysia, Kopi tongkat ali.
Di Indonesia Pasak bumi baru ditemukan tumbuh di Kalimantan dan Sumatera. Ia termasuk famili Simarubacecae. Namanya di Sumatera adalah Pasak bumi, Babi kurus, bidara laut,' bidara pait, bidara putih, kebel, mempoleh, tungke ali. Di Kalimantan sebagai: Pasak bumi.
Nama simplisianya Eurycomae Radix, yaitu Akar Pasak bumi. Kandungan kimia berkhasiatnya Eurikomolakton dan Amarolid.
Kegunaan Akar pasak bumi untuk peluruh air seni, penawar racun, penurun panas. Di kalangan pencinta jamu tradisional, pasak bumi cukup dikenal, karena dianggap cespleng sebagai “obat kuat". Kenyataannya tidak begitu.
Mendengar sebutan pasak bumi, umumnya orang langsung menghubungkannya dengan kelemahan seksual seseorang. Selama ini memang banyak yang memilih pasak bumi untuk mengatasi hal itu. Dengan meminum air seduhannya, mereka mengira dapat bergairah lebih lama.
Pasak bumi, Eurycoma longifolia. yang di Minangkabau dikenal sebagai tongke ali dan di tanah Batak sebagai babi kurus ini adalah tumbuhan pantai. Bentuknya indah, tingginya kurang lebih 6 meter. Ia banyak tumbuh di hutan Sumatera dan Kalimantan. Di Jawa ia tidak tumbuh di alam bebas sehingga dianggap tidak ada pasak bumi di Jawa. la disebut pasak bumi karena akar tunggangnya berbentuk kerucut, makin ke ujung makin kecil, nampak seperti pasak (paku dari kayu) yang ditancapkan ke bumi.
Sebagai tonikum
Semua bagian tanaman pasak bumi rasanya pahit, karena mengandung saponin, sitosterol dan stigmasterol. Saponin dalam pasak bumi berkhasiat sebagai tonikum bagi penderita kelesuan tubuh akibaT gangguan pencernaan. Zat ini dapat merangsang nafsu makan, lalu memulihkan lesu badan. Cara kerjanya mirip saponin dalam ginseng.
Untuk ini, serutan akar pasak bumi direbus, dan diminum seperti minum teh kalau diminum secara teratur, "teh" akar pasak bumi ini dapat menyebabkan muka berseri seri. kelihatan awet muda. Soalnva, peredaran darah menjadi lancar. Jadi tidak benar kalau pasak bumi berkhasiat sebagai "obat kuat". ia hanya memulihkan kesegaran jasmani saja.
Pemakaian pasak bumi yang ter')anyak justru. untuk mengganti bidara laut (Strychnos liqustrina) sebagai toaikum. Pasalnya, bidara laut ini kalau digunakan berlebihan. malah berbanaya. Pemakaian bidara laut dalam josis tinggi dapat melumpuhkan sistem pernapasan. Karena bahaya iniah, bidara laut kemudian diganti lengan pasak bumi, sehingga pasak bumi lalu disebut "bidara laut' juga.
Obat sakit perut
Kalau saponin berkhasiat sebagai )nikum, maka sitosterol dan stigma~erol dalam pasak bumi berkhasiat sebagai obat sakit perut. Sitosterol seperti vang terdapat dalam kulit batang kina, bersifat anti demam dan anti kolesteremik (mencegah kelebih
an kolesterol). Sedangkan stigmasterol berkhasiat sebagai anti rejan. Atas dasar ini, seduhan serutan atau potongan kecil kecil akar pasak bumi digunakan sebagai ramuan jamu sakit perut rejan, yaitu sakit perut yang disertai mengejan kalau buang air.
Sebagai obat sakit perut pasak bumi harus dicampur dengan bahan lain. Resepnya, satu sendok makan parutan akar pasak bumi dicampur dengan segenggam irisan daun patikan cina (Euphorbia prostrate) satu jari kayu manis (Cinnamomum burmaru), dan satu sendok teh mungsi (Carum copticum). Patikan cina berfungsi meredam rasa nyeri, kayu manis mengurangi rasa pahit, dan mungsi berfungsi sebagai astrigen. Ramuan ini direbus dengan 3 gelas air, sampai airnya tinggal separo. Air rebusan diminum satu sloki (gelas kecil) saia. tiga kali sehari. (Tarmizi)

Tumbuhan Obat

Followers