Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, January 20, 2011

TERATAI

TERATAI UNTUK JAMU AWET MUDA, ANEKA PENDARAHAN, EKSIM, hepatitis kronis dan hipertensi
 oleh Tarmizi, B.Sc. SPd

    
Teratai
Teratai putih (Nymphaea alba)
Teratai putih (Nymphaea alba)
       Membuat sendiri jamu lebih baik daripada mmembeli. Begitulah kata seorang penemu resep jamu awet muda, Nyonya Sri Hadi. "Kebersihannyapun lebih terjamin," begitu alasannya. Khasiatnya ? Minumlah dua kali seminggu, pagi dan sore. Misalnya tiap Senin dan kamis atau Selasa-jumat. Tubuh kan terasa sehat, segar, wajah bersinar-sinar, kulit halus dan kencang. Cobalah, siapa yang mau.JAMU BUNGA TERATAI 
     Teratai menurut warna bunganya ada dua macam, yang merah dan putih. Menurut ukurannyapun ada yang besar dan kecil. Jenis yang besar antara lain Nelumbium nelumbo, Nelumbium speciosum, serta Nelumbiumium nucifera. Sementara yang kecil bernama Nymphaea indica serta Nymphaea pubescens.
     Keduanya memang berbeda. Yang besar berasal dari India dan Cina, sedangkan jenis teratai kecil berasal dari Afrika. Khusus teratai besar di India sudah lama dimanfaatkan. Selain untuk jamu juga untuk bahan makanan. Misalnya akar dan biji buah teratai digoreng atau dikari, bisa pula dijadikan acar dan asinan. Sedangkan di restoran Cina, buah teratai dijadikan salah satu bumbu dalam membuat masakan daging itik. konon daging itik itu tidak akan senikmat iklannya kalau tidak dicampuri buah teratai terlebih dahulu di dapur.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Nymphaeales
Famili:Nymphaeaceae
Genus:Nymphaea
Spesies
BUNGA TERATAI
     Bunga teratai rasanya pahit. karena itu untuk dijadikan jamu harus direbus terlebih dahulu. Barulah air rebusan itu yang diminum. Air rebusan bunga teratai dapat melancarkan pengeluaran air kencing yang mengalami gangguan. Selain itu juga dapat menyembuhkan batuk, muntah-muntah serta mampu membersihkan darah. Mereka yang rajin minum air rebusan bunga teratai akan menjadikan wajahnya selalu segar. Dengan begitu kaum ibu dan remaji penggemar jamu bunga teratai akan selalu awet muda.
Untuk eksim
     Helaian mahkota bunga teratai berkhasiat mengatasi gangguan bagi para ibu yang sedang hamil muda. Helaian mahkota bunga teratai direbus dalam susu sapi lalu diperas dan dimakan dalam bentuk pil. Kalau bunganya dibakar, maka abunya dipakai sebagai obat luar untuk menyembuhkan eksim, bisul serta gangguan kulit lainnya.
Untuk wasir
     Kalangan ahli kecantikan Cina, sejak dulu sudah menemukan jamu yang menjaga kelembutan kulit. Yitu berupa helaian mahkota bunga teratai yang sudah dikeringkan. demikian pula dengan serbuk dan benang sarinya, dipakai untuk bahan kosmetika. Kalau serbuk dan benang sarinya dicampur madu dan keju, maka dapat dijadikan obat penyakit wasir.
Untuk kencing nanah, berak darah dan pembekuan darah
     Biji bunga teratai juga tak kalah pentingnya. Kantong biji yang berbentuk sarang tawon itu, setelah dibakar, lantas abunya diminum dengan air masak, akan menghentikan kencing darah serta berak darah. Kantong yang pahit itu juga dipakai untuk menghilangkan pembekuan darah yang sering menimpa wanita baru melahirkan. Caranya dengan merebus kantong biji teratai dalam air dan dicampursedikit samsu putih (arak dari air tebu).
Untuk gangguan syaraf dan mata bengkak
     Biji bunga teratai yang telah dikupas dari kulitnya, direbus dan diminum airnya, konon mujarab (mangkus) menyembuhkan kaum pria yang mulai "lemah". Sementara sumbu yang terdapat di tengah-tengah biji teratai (rasanya juga pahit), air rebusannya punya daya penenang. Ini baik bagi mereka yang sedang mengalami gangguan syaraf (stres, gelisah, berdebar-debar) maupun penyem-buhan mata bengkak.
Untuk turun panas
     Daun teratai juga pahit dan terkenal sebagai jamu turun panas. Selain itu untuk perangsang membukanya pori-pori kulit, sehingga memperlancar pengeluaran keringat. Disamping sangat baik untuk mengobati demam dan influensa, daun teratai juga mampu menormalkan buang air kecil dan buang air besar.
Untuk disentri
     Daun terati yang dipanggang kering dan dijadikan tepung, merupakan jamu penyembuh disentri. Dua gram tepung daun teratai dicampur gula merah lalu diseduh dengan air panas. Jamu ini dimi-num beberapa kali. Seandainya disentri sudah sampai ke tingkat mengeluarkan darah, maka gula merah mesti diganti dengan madu. 
     Tepung akar teratai (biasanya teratai putih) dapat menghentikan disentri. Rasanya agak manis. Tepung mentah dapat menyembuhkan sariawan. Kalau sudah dimasak, tepung akar berfaedah menguatkan jantung serta lambung.
Untuk mimisan
Batang atau tangkai teratai yang ditumbuk dan diperas airnya, dapat menyembuhkan mimisan. Caranya cukup dengan meneteskan air perasan itu ke dalam hidung yang mengeluarkan darah. beberapa tetes cukup untuk menghentikan perdarahan tersebut.
Untuk gangguan lambung
     Batang teratai mempunyai serat berupa benang yang panjangnya sekitar 30 cm. Batang ini juga berfungsi sebagai penenang seperti bijinya. Batangnya direbus dan air rebusannya diminum, akan menyembuhkan gangguan lambung. Selain itu juga melancarkan buang air kecil, mengobati mencret dan disentri.
Penceghah hepatitis kronis dan hipertensi
     200 gram biji teratai direbus dalam periuk tanah dengan air 750 cc sampai mendidih. Tambahkan irisanirisan 1 buah kesemek dan direbus lagi hingga airnya tersisa 400 cc.  diminum selagi hangat 200 cc, lakukan 2 x sehari.
Untuk jantung:
biji teratai direbus lalau diblender bersama anggur segar.
Batuk darah, muntah darah:
     Rimpang teratai dicuci bersih lalu dijuice, sampai terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc. Minum, lakukan selama 3-5 hari berturut-turut.
Muntah, diare :
     50 g rimpang teratai dan 15 g jahe dicuci lalu dijuice atau dipatut, ambil airnya, Minum, sehari 3 kali.
Disentri:
     50 g rimpang teratai dan 10 g jahe, diparut atau dijuice. Air perasannya ditambahkan 100 cc air, lalu dipanaskan sampai mendidih, Setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk lalu diminum.
Darah tinggi.
(1) .10 g biji teratai dan 15 g tunas biji teratai.(Iien sim), direbus dengan 350 cc air sampai tersisa 200 cc, Minum setiap hari seperti teh.
(2) Tunas biji teratai (lien sim) sebanyak 10-15 g direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, minum sebagai teh. Dapat juga tunas biji teratai digiling halus seduh dengan air panas, minum.
Panas dalam, gondokan, Juga bermanfaat untuk penderita Jantung dan lever.
     100 g rimpang teratai dan 50 g rimpang segar alang-alang, dicuci lalu dipotong-potong secukupnya. Rebus dengan 500 cc air bersih sampai tersisa 250 cc. Setelah dingin disaring, minum seperti teh.
Keluar darah dari hidung (mimisan):
     Ruas akar teratai dicuci bersih ialu dijuice. Airnya diteteskan ke hidung.
Referensi: 1. Sinse Usen Wijaya, "Jamu Kembang Teratai," Yayasan sosial Tani   Membangun, Jakarta, 1984. 2. Della, "Resep Jamu Awet Muda," Yayasan Sosial Tani Membangun Jakarta, 1984. 3. Drs. Djoko
Hargono et al, "Tanaman Obat Indonesia Jilid I & II," 1985, Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan - Depkes RI. Jakarta. 4.  Dra. H.Cir," Obat-obat Peninggalan Nenek Moyang," 1982, Ikhwan Jakarta. 5. MB Rahimsyah, ”Ramuan sorga, 1997, Bintang Usaha Jaya, Surabaya. 4. Hembing WK, 1998, “ TANAMAN BERKHASIAT OBAT di Indonesia IV” Jakarta, Pustaka Kartini.

Khasiat Teratai

Tanaman teratai yang sering kita jumpai tumbuh di kolam atau di rawa-rawa, selama ini hanya sekedar kita lihat keindahan bunga dan bentuknya. Ternyata pada teratai mengandung banyak khasiat obat bagi kita. Mulai dari rimpang, daun, benang sari, tunas, biji dan bunganya.

Beberapa khasiat teratai antara lain:
1. Biji teratai bisa mengatasi gangguan penyerapan makanan, diare, badan lemah, radang usus kronis, disentri, muntah, keputihan dan pendarahan.

2. Tunasnya dapat meredakan demam, kehausan, jantung berdebar, gelisah, muntah darah, dan darah tinggi.

3. Benang sari bisa mengatasi keputihan, pendarahan dan anyang-anyangan.



4. Rimpang berkhasiat meredakan pendarahan, darah haid berlebihan, sakit perut, wasir, mimisan, sakit jantung, gangguan lambung, kurang darah dan menopause.

5. Daun teratai bisa mengatasi pingsan karena hawa panas, pusing, sakit kepala, dan beri-beri.

6. Batang teratai berkhasiat meredakan pingsan, dada tertekan karena panas dan keputihan.

7. Bunga teratai dapat mengatasi trauma, pendarahan, radang kulit bernanah, menambah selera makan, badan lemah dan kurang darah.

Cara Pemakaian:
Teratai bisa diminum, direbus, diparut atau dijus.
1. Untuk keluhan darah tinggi, ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai lalu direbus dengan 350 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum seperti teh setiap hari.

2. Untuk mengatasi sering muntah dan diare, ambil 50 gram rimpang teratai ditambah jahe 15 gram. Cuci bersih lalu dijus atau diparut, ambil airnya lalu diminum 3 kali sehari.

3. Untuk mengatasi panas dalam, ambil 100 gram rimpang teratai ditambah 50 gram rimpang segar alang-alang. Cuci bersih lalu dipotong-potong kemudiang direbus dengan air 500 cc sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring dan diminum seperti teh.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.go to http://tiyaonline.blogspot.com/2010/12/khasiat-teratai.html

Dari Akar Sampai Bunga Bisa Digunakan Obat

teratai
Tidak ada bagian lain dari Bunga Teratai yang tidak berguna. Hampir semua bagian bunga ini sangat bermanfaat. Dari akar sampai bunga, semuanya berguna. Ingin tahu penggunaannya?
Walaupun letaknya dipenuhi oleh lumpur atau genangan air, ternyata akar Teratai mempunyai khasiat yang luar biasa. Akar teratai dapat menyembuhkan penyakit kuning atau lever.
Cara penggunaanya, ambil beberapa jumput akar Teratai, kemudian rebus sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 3 gelas, atau tersisa sekitar 600 cc. setelah itu, rebusan akar tersebut bisa dikonsumsi tiga kali sehari. Bisa juga ditambahkan madu agar rasanya lebih enak.
Sedangkan daun bunga teratai juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan pada paru-paru, hidung, dan rahim. Cara penggunaanya, daun teratai dibakar terlebih dahulu, kemudian abu pembakaran tersebut yang digunakan untuk menghentikan pendarahan. Abu pembakaran daun teratai mengandung efek homeostatik, yaitu kemampuan untuk mengembalikan kondisi tubuh ke keadaan kondisi normal kembali.
Daun teratai juga dapat dimanfaatkan untuk obat penurun panas, menyembuhkan diare, dan menyembuhkan sakit kepala. Caranya yaitu dengan merebus 4 sampai 5 lembar daun teratai dengan air, kemudian air rebusan tersebut diminum.
Aroma dari bunga teratai ini sangat bagus digunakan dalam pengobatan dengan metode terapi aroma. Aroma terapi Bunga teratai mampu meningkatkan vitalitas dan mempunyai efek menenangkan bagi yang menghirupnya.
Bagian lain dari bunga teratai yang bermanfaat dan dapat digunakan sebagai pengobatan yaitu bagian kelopak bunga, benang sari, dan putik bunga. Ketiga ramuan ini dapat digunakan untuk penghalus kulit. Caranya yaitu, campurkan ketiga ramuan tersebut, lalu tambahkan madu, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker.
Biji bunga teratai mengandung efek astringen, sehingga dapat digunakan sebagai obat penenang, serta dapat juga digunakan untuk mengatasi insomnia (gangguan susah tidur), yaitu dengan cara meminum air dari rebusan biji teratai.
Selain itu, biji teratai juga bisa diguanakan untuk menyembuhkan ambeien dan pendarahan setelah melahirkan. Caranya yaitu dengan membakar kulit biji teratai, kemudian biji teratai tersebut ditelan. Manfaat lain yaitu untuk kesehatan jantung, ginjal, dan limpa.
Selain dari bagian-bagian tersebut, masih terdapat manfaat lain dari tanaman teratai, misalkan serat dari teratai. Serat teratai dapat digunakan untuk mengobati disentri dan melancarkan buang air kecil.
Ada juga bagian lain dari Teratai, yaitu umbi Teratai yang dapat diolah manjadi dodol, keripik, acar, tumisan, dll. Umbi Teratai juga berkhasiat meredakan demam, tekanan darah tinggi, dan wasir.
Sumber: http://ksupointer.com/2009/dari-akar-sampai-bunga-bisa-digunakan-obat

Tumbuhan Obat

Followers