Automatic translation of this blog page

Wednesday, January 18, 2012

Mata Merah



          Mata merah merupakan gejala adanya peradangan pada membran halus
yang berbatasan dengan pelupuk mata (konjungtiva). Gejala awal dari radang mata adalah rasa terbakar dan gatal pada mata. Bagian putih mata menjadi kemerahan dan mata mengeluarkan banyak cairan. Pada kondisi tertentu, lama kelamaan air mata akan bercampur dengan nanah sehingga bulu mata menjadi lengket.
          Radang mata kadang kala bersifat sangat menular dan dapat berjangkit secara epidemis. Meskipun gangguan ini tidak berbahaya, jika tidak segera teratasi akan mengakibatkan peradangan kronis yang dapat merusak saraf mata.
Penyebab:
Radang mata dapat disebabkan oleh masuknya debu atau
benda asing lain ke dalam mata atau dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
Pengobatan:
1.     biji boroco 15 gram dan hati ayam secukupnya direbus dengan air secukupnya kemudian dimakan.
2.     5 lembar daun sirih direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring kemudian digunakan untuk mencuci mata.
3.     Bunga kembang telang secukupnya direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin, airnya digunakan untuk mencuci mata.
 
4.     Daun kembang sepatu secukupiiya direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tunggu sampai airnya hangat, laki diminum.
 
5.     2 ibu jari kayu secang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin, airnya disaring kemudian digunakan untuk mencuci mata.
6.     30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu sampai airnya hangat, ktmudian diminum. 
Catatan: Pitill Salah satu resep tersebut dan lakuk‑an secara teratur I kah sehari.

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers