Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, January 3, 2012

ANEKA RESEP MINUMAN DAN RAMUAN OBAT DARI MADU


Oleh Tarmizi, BSc, S.Pd

Madu memberikan rasa manis yang khas disertai sedikit rasa masam. Hal ini disebabkan oleh kandungan berbagai gula sederhana dalam madu dan bebeberapa macam asam organik. Rasa semanis madu ini akan memberikan kelezatan pada makanan bila diberi madu. Selain kandungan gula dan asam, di dalam madu juga terkandung aneka vitamin, mineral dan zat gizi serta berkhasiat lainnya.
Kiat Menentukan Keaslian Madu
Untuk memenguji keaslian madu, ambillah air teh di gelas secukupnya. Usahakan air teh jangan terlalu kental. Masukkan kedalamnya sedikit madu yang akan diuji dan diaduk. Apabila madu tersebut belum dicampur dengan cairan gula, maka di permukaan larutan madu dengan air teh tersebut tidak terdapat genangan semacam minyak mengapung. Madu asli memberikan perubahan warna air teh menjadi lebih gelap dan coklat.
Upaya pengujian lain ialah dengan menyimpan madu pada freezer (pembeku) di dalam peti sejuk (cool cast).  Madu yang asli tidak akan membeku. Bila membeku, berarti madu tersebut sudah dicampur dengan air atau cairan gula.
Madu untuk semua resep dan ramuan di bawah ini harus madu asli. Satu hari hanya minum satu jenis ramuan tidak boleh lebih, supaya tidak terjadi over dosis (Sardianto, 1984).
Minuman Penyegar Badan
Madu satu sendok teh dimasukkan ke dalam segelas air masak hangat, ditambah perasan setengah buah jeruk nipis lalu diaduk sampai rata. Ramuan ini kalau diminum segelas pagi dan segelas sore tiap hari, membuat badan selalu segar.
Agar-agar Madu
Bila Anda membuat agar-agar, maka sebagai pemanisnya dipakai madu secukupnya. Agar-agar dimasak begini mempunyai aroma yang khas dan rasanya nikmat.
Teh atau Kopi campur Madu
Satu cangkir air teh atau segelas air kopi tanpa gula, ketika akan diminum ditambahkan madu satu sendok makan dan vanili secukupnya, aduk jadi satu sampai rata. Minumlah sekali sehari, rasanya nikat dan tubuh menjadi bugar.
Penguat Badan
Kuning telur ayam kampung sebutir, merica yang sudah ditumbuk halus satu sendok teh, madu satu sendok makan, anggur dua sendok makan, air perasan setengah jeruk nipis. Semua diaduk menjadi satu. Semua diaduk menjadi satu. Kalau diminum akan menghangatkan badan dan menguatkan stamina (terutama bagi yang sudah menikah).
Pemulih Tenaga
Kuning telur ayam kampung sebutir dikocok dalam gelas hingga hancur rata, tambahkan air perasan sebuah atau dua buah jeruk nipis, lalu tambahkan air masak yang hangat hingga hampir penuh. Tambahkan madu satu sendok teh. Semua diaduk menjadi satu. Kalau diminum akan menambah semangat bagi yang letih.
Jeruk Madu Penambah Selera
Jeruk manis yang usdah dikupas diiris tipis-tipis lalu tiap irisan ditetesi madu. Dimakan menjelang sarapan pagi akan melegakan perut dan menambah nafsu makan.
Mentega Madu
Dua bagian madu diaduk rata dengan delapan bagian mentega. Kalau ada lemari es, simpanlah campuran tersebut di dalamnya. Roti atau kue yang diolesi campuran mentega madu tersebut rasanya lebih gurih dan nikmat.
Meningkatkan gizi Sayur
Sayuran yang sudah dikukus atau direbus dicampur dengan madu satu sendok teh, akan meningkatkan gizi sayuran tersebut dan rasanya lebih lezat.
Roti Goreng
Satu sendok madu diaduk dengan satu butir telur. Sepotong roti tawar dicelupkan dalam campuran tersebut, kemudian digoreng dalam minyak mentega. Rasanya nikmat.
Penguat syahwat
Merica hitam sebanyak 25 butir ditumbuk halus, tiga siung bawang putih dan 15 gram pulosari  ditumbuk bersama sampai halus. Dua butir kuning telur ayam kampung dikocok bersama bahan di atas dan ditambahkan madu satu sendok makan sampai tercampur rata. Ramuan tersebut harus dimakan tiap pagi. Lakukan setiap pagi selama sebulan, walau dalam seminggu sudah menampakkan hasil.
Untuk penderita mani encer
Bagi lelaki yang mudah mengeluarkan mani sebelum waktu yang diharapkan (kalah sebelum bertanding), cobalah ramuan berikut. Lima butir kemiri (damar) yang sudah tidak bercangkok dibakar sampai hangus terus ditumbuk halus, kemudian diaduk rata bersama dengan sebutir kuning telur ayam kampung dan satu sendok makan madu. Sangrai ketumbar dan ditumbuk halus lalu diambil seperempat sendok teh saja. Keseluruhannya diaduk sampai rata dan diminum habis. Minum tiap hari berturut-turut selama semingggu.
Penambah darah
Dua butir kuning telur ayam kampung diaduk rata bersama satu sendok makan madu. Tambahkan air perasan setengah butir jeruk nipis dan kocok terus sampai rata. Minumlah tiga hari berturut-turut, agar badan menjadi segar. Setelah itu minumlah setiap minggu atau dua minggu sekali. Ramuan ini bermanfaat bagi mereka yang tampak pucat, tak bersemangat, lesu, mata berkunang-kunang.
Pemerdu suara
Dua buah jeruk nipis dibelah menjadi delapan, diperas airnya ke dalam gelas. Ditambahkan kapur sirih dan garam dapur masing-masing seujung kuku saja, serta madu satu sendok makan. setelah tercampur rata diminum habis. Lakukan sekali seminggu agar suara Anda bagai buluh perindu. Tarmizi, BSc, S.Pd  /Universitas Negeri Padang

Tumbuhan Obat

Followers