Automatic translation of this blog page

Thursday, December 29, 2011

TUGAS ORGANIK DASAR II


KIMIA BAHAN ALAM

 
Oleh ELOMPOK II

ERLYANI
RATIH KUMALA DEDE
SARTINA SATAHU
RISMALA SARI
ECI Andriana
WD. Kursi HAMSINA


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2010



Standar Kompetensi             : Memahami kimia organik bahan alam
Kopetensi Dasar                    : Menjelaskan senyawa-senyawa alam metabolik
                                                   detik
Tujuan                                   :
1.      Membedakan struktur dasar dari senyawa alam metabolik sekunder; terpenoid, steroid, flavonoid dan alkaloid.
2.      Mengetahui klasifikasi masing-masing dari senyawa alam metabolik sekunder; terpenoid, steroid, flavonoid dan alkaloid.
3.       mendiskripsikan sifat, terdapatnya (sintesis), dan reaksi identifikasi senyawa alam metabolik sekunder; terpenoid, steroid, flavonoid dan alkaloid.



Pendahuluan

Kimia organik Bahan alam adalah ilmu kimia senyawa atau molekul yang berasal dari sumber daya alam hayati: Tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme teresterial, dan laut. Yang membahas tentang
1.      Struktur dasarnya,
2.       Ada suatu / biosintesisnya
3.      Sifat-sifatnya,
4.      Reaksi pengenalan.
Senyawa organik bahan alam umumnya terdiri atas 2 yaitu :
Metabolik contoh
Produk metabolis primer : sama untuk semua organisme
Contoh :
ü   sub Polimer
ü   polisakarida
ü   Protein
ü   Lemak
ü   Asam Nukleat
Metabolisme detik
Produk metabolism sekunder : bergantung pada spesies
Contoh :
ü   Terpenoid
ü    Steroid
ü    Flavonoid
ü    Poliketida
ü    Alkaloid

Karakteristik dari senyawa bahan alam :
Metabolik contoh
*      Tersebar merata dalam tiap organisme
*      Fungsi universil, sumber energy, enzim, pengemban keturunan, bahan struktur
*      Perbedaan stuktur kimia kecil
*      Kaktifan fisiologi berkaitan denga struktur kimia
Metabolisme detik
*      Tersebar tidak merata di tiap organisme
*      Fungsi ekologis, penarik serangga, pelindung diri, alat bersaing, hormon
*      Perbedaan stuktur kimia tergantung pada pengembangan kimia organik dan hubungan antara struktur dan keaktivan
*      Kaktifan fisiologi berkaitan dengan struktur kimia dan hubungan antara struktur.

Sebagian besar dari metabolik sekunder adalah turunan dari lemak

TERPENOID

Terpenoid kadang-kadang disebut isoprenoids, Hal ini dapat dimengerti karena kerangka penyusun terpenoid sama dengan kerangka penyusun terpena adalah isoprena (C 5 H 8 ) . Terpenoid adalah kelas yang besar dan beragam alami bahan kimia organik mirip dengan senyawa terpen, berasal dari unit isoprena lima-karbon berkumpul dan diubah dalam ribuan cara. Kebanyakan struktur multicyclic yang berbeda dari satu sama lain tidak hanya dalam kelompok-kelompok fungsional tetapi juga dalam kerangka dasar karbon. Lipid ini dapat ditemukan di semua kelas makhluk hidup, dan merupakan kelompok terbesar produk alami. terpena dan terpenoid menyusun banyak minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman. Kandungan minyak atsiri mempengaruhi penggunaan produk rempah-rempah, baik sebagai bumbu, sebagai wewangian, serta sebagai bahan pengobatan, kesehatan, dan penyerta upacara-upacara ritual. Nama-nama umum senyawa golongan ini seringkali diambil dari nama minyak atsiri yang mengandungnya. Lebih jauh lagi, nama minyak itu sendiri diambil dari nama (nama latin) tumbuhan yang menjadi sumbernya ketika pertama kali diidentifikasi. Sebagai misal adalah citral , diambil dari minyak yang diambil dari jeruk ( Citrus ). Contoh lain adalah eugenol , diambil dari minyak yang diproduksi oleh cengkeh ( Eugenia aromatica ). terpenoid tanaman yang digunakan secara ekstensif untuk kualitas terpenoid aromatik. Terpenoid berperan dalam pengobatan herbal tradisional dan berada di bawah investigasi untuk fungsi farmasi antibakteri, antineoplastik, dan lainnya. terpenoid berkontribusi aroma eucalyptus, rasa kayu manis, cengkeh, dan jahe, dan warna bunga kuning. terpenoid terkenal termasuk citral, mentol, kamper, Salvinorin A dalam tanaman Salvia divinorum, dan kanabinoid ditemukan di Cannabis.Steroid dan sterol pada hewan secara biologis yang dihasilkan dari prekursor terpenoid .
Struktur dan klasifikasi
Dikemukakan bahwa perbandingan antara banyak atom karbon dan atom hydrogen dalam terpentin adalah 5 : 8, maka hasil alam yang memiliki rasio perbandingan atom karbon dan Hidrogen seperti itu disebut terpena. Terpenes hidrokarbon yang dihasilkan dari kombinasi beberapa unit isoprena. Terpenoid dapat dianggap terpenes sebagaimana telah diubah, dimana kelompok-kelompok metil telah dipindahkan atau dihapus, atau atom oksigen ditambahkan. (Beberapa penulis menggunakan istilah "terpena" lebih luas, untuk menyertakan terpenoid) Sama seperti terpenes.
Struktur sederhana terpenoid
      

Terpenoid dapat diklasifikasikan menurut jumlah unit isoprena digunakan:
Ø   Hemiterpenoids, 1 unit isoprena
Ø   monoterpenoid, 2 unit isoprena
Ø   Seskuiterpenoid, Unit 3 isoprena
Ø   diterpenoid, 4 Unit isoprena
Ø    Sesterterpenoids, 5 Unit isoprena
Ø  Senyawa triterpenoid, unit 6 isoprena
Ø    Tetraterpenoids, 8 Unit isoprena
Ø  Polyterpenoids dengan jumlah yang lebih besar dari unit isoprena
Terpenoid juga dapat diklasifikasikan menurut jumlah struktur siklik yang dikandungnya.
Isoprena
Prenol
Asam isovalerat
β-Mircena
Limonene
Ocimena
Geraniol
Farnesena
Farnesol
β-Kurkumena
α-(-)-Bisabolol
Cembren
Kafestol
Skualena



Biosintesis
Terpena alamiah tidak dihasilkan oleh polimerisasi isopropena. Tahap pertama biosintesis terpena adalah kondensasi ester secara enzimatik dari porsi –porsi asetil dari asetil ko-enzim A. Zat antara dalam pembentukan terpena adalah pirofosfat (difosfat) dari asam mevolat dan sepasang isopentenil alkohol.
Versi Sederhana dari jalur sintesis steroid dengan terpenoid intermediet isopentenyl pirofosfat (IPP), pirofosfat dimethylallyl (DMAPP), geranyl pirofosfat (GPP), dan squalene ditampilkan. Beberapa intermediet dihilangkan untuk kejelasan.
Ada Dua Jalur Metabolik Membuat / menghasilkan  Terpenoid:
Bagian tanggul Asam mevalonat
Banyak organisme manufaktur terpenoid melalui jalur HMG-CoA reduktase, jalur yang juga memproduksi kolesterol. Reaksi terjadi dalam sitosol. jalur tersebut ditemukan pada 1950-an.
MEP / jalur DOXP
The 4-phosphate/1-deoxy-D-xylulose 2-C-metil-D-erythritol jalur 5-fosfat (MEP / jalur DOXP), juga dikenal sebagai  jalur non-mevalonate atau jalur independen asam-mevalonic, berlangsung dalam plastida tanaman dan protozoa apicomplexan, serta di banyak bakteri. Hal ini ditemukan di akhir 1980-an.
Piruvat dan glyceraldehyde 3-fosfat dijabarkan oleh DOXP synthase (DXS) untuk 1-Deoxy-D-xylulose 5-fosfat, dan oleh DOXP reduktase (DXR, IspC) untuk 2-C-metil-D-erythritol 4-fosfat (MEP ) . Adanya tahap reaksi berikutnya tiga dikatalisis oleh synthase 4-diphosphocytidyl-2-C-metil-D-erythritol (YgbP, IspD), 4-diphosphocytidyl kinase-2-C-metil-D-erythritol (YchB, IspE), dan 2 - synthase 2,4-cyclodiphosphate C-metil-D-erythritol (YgbB, IspF) menengahi pembentukan 2-C-metil-D-erythritol 2,4-cyclopyrophosphate (MEcPP). Akhirnya, MEcPP dikonversi menjadi (E)-4-hydroxy-3-metil-tapi-2-enyl pirofosfat (HMB-PP) oleh HMB-PP synthase (GcpE, IspG), dan HMB-PP akan dikonversi ke isopentenyl pirofosfat (IPP ) dan pirofosfat dimethylallyl (DMAPP) oleh HMB-PP reduktase (LytB, IspH).
IPP dan DMAPP adalah akhir-produk di jalur baik, dan merupakan precursor isoprena, monoterpenoid (10-karbon), diterpenoids (20-karbon), karotenoid (40-karbon), klorofil, dan plastoquinone-9 (45-karbon ). Semua hasil sintesis terpenoid tinggi melalui pembentukan geranyl pirofosfat (GPP), farnesyl pirofosfat (FPP), dan pirofosfat geranylgeranyl (GGPP).  Meskipun kedua jalur, MVA dan MEP, saling eksklusif pada sebagian besar organisme, interaksi di antara mereka telah dilaporkan pada tanaman dan beberapa jenis bakteri.
Organisasi
Persiapan
Bakteri
MVA MEP yang tepat
Alga Hijau
MEP
Archaea
MVA
Tanaman
MVA dan MEP
Hewan
MVA
Jamur
MVA




Dalam tubuh manusia terpenoid dihasilkan dalam proses metabolisme (tinjauan biokimia) sebegai berikut:

STEROID

            Steroid  adalah senyawa turunan lemak dari terpenoid yang tidak terhidrolisis. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana tak jenuh merupakan jenis senyawa organik yang berisi pengaturan spesifik dari empat cincin yang bergabung satu sama lain. Contoh steroid termasuk kolesterol, hormon seks estradiol dan testosteron, dan deksametason obat anti-inflamasi.
Inti sterane steroid terdiri dari atom karbon tujuh belas terikat bersama untuk membentuk empat cincin leburan: cincin cyclohexane tiga  dan satu cincin cyclopentane (cincin D). Steroid bervariasi oleh kelompok-kelompok fungsional yang melekat pada cincin ini dan oleh negara oksidasi berdering. Sterol merupakan bentuk khusus dari steroid, dengan kelompok hidroksil pada posisi-3 dan kerangka yang berasal dari kolestan. Ratusan steroid berbeda yang ditemukan pada tanaman, hewan, dan jamur. Semua steroid dibuat dalam sel-sel baik dari Lanosterol sterol (hewan dan jamur) atau cycloartenol (tanaman). Kedua, Lanosterol dan cycloartenol, berasal dari siklisasi dari squalene triterpene.
Stuktur dan klasifikasi
            Steroid adalah senyawa turunan lemak dari terpenoid yang tidak terhidrolisis. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana tak jenuh,  dengan 17 atom karbon dan 4 cincin . adapun struktur dasarnya  memililiki sistem  penomoran
Steroid memiliki struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana . Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Lemak sterol adalah bentuk khusus dari steroid dengan rumus bangun diturunkan dari kolestana dilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3 , banyak ditemukan pada tanaman , hewan dan fungsi . Semua steroid dibuat di dalam sel dengan bahan baku berupa lemak sterol, baik berupa lanosterol pada hewan atau fungsi, maupun berupa sikloartenol pada tumbuhan . Kedua jenis lemak sterol di atas terbuat dari siklisasi squalena dari triterpena . Kolesterol adalah jenis lain lemak sterol yang umum ditemukan.
Berdasarkan sifat fisiologinya steroid dapat diklasifikasikan :
1.      Sterol , insulator, bahan baku
2.      Asam empedu, emulsifikasi lipid
3.       Hormon seks
4.      Hormon adrenokortikoid, pencegah radang
5.      Aglikon kardisk, stimulasi jantung
6       sapogenin, Deterjen, akun
Memungkinkan untuk mengklasifikasikan steroid berdasarkan komposisi kimianya. Contoh dari klasifikasi ini meliputi:
Gonane (atau inti steroid) adalah induk hipotetik (-karbon tetracyclic 17) molekul hidrokarbon tanpa alkil sidechains
Steroid termasuk estrogen, kortisol, progesteron, testosteron Dan. Estrogen Dan progesteron dibuat terutama PADA ovarium Dan plasenta Selama kehamilan, Dan testosteron testis. Testosteron juga diubah menjadi estrogen untuk mengatur pasokan Masing-Masing, Dalam, TUBUH BAIK Perempuan Dan Laki-Laki. Neuron tertentu Dan radang dari Penggunakan Sistem saraph Pusat (SSP) mengekspresikan enzim Yang diperlukan untuk sintesis Lokal neurosteroids pregnane, BAIK de novo atau bahasa Dari Sumber perifer-berasal. Langkah-membatasi Laju sintesis steroid adalah TANKER Kolesterol menjadi pregnenolon, Yang terjadi di Dalam, mitokondria.

Nama sistematik dan Reaksi pada steroid

Biosintesis steroid
Rentetan reaksi tanpa penyederhanaan
( sumber: kimia organik bahan alam oleh Dr. Unang Supratman, MS)
Steroid dibiosintesis dalam hampir semua jaringan. Pendahuluan untuk steroid, adalah skulena suatu tripena yang diperoleh dari kondensasi 2 molekul farsenol. Rentetan reaksi dimulai dari penyederhanaan skulena hingga diperoleh lanosterol suatu zat antara yang apat diubah menjadi kolestrol dan steroid lainnya.
Versi Sederhana bagian akhir jalur sintesis steroid, dimana intermediet isopentenyl pirofosfat (IPP) dan pirofosfat dimethylallyl (DMAPP) bentuk geranyl pirofosfat (GPP), squalene dan, akhirnya, Lanosterol, steroid pertama di jalur. Beberapa intermediet dihilangkan untuk kejelasan.
Metabolisme steroid adalah set lengkap reaksi kimia dalam organisme yang memproduksi, memodifikasi dan mengkonsumsi steroid. Jalur-jalur metabolisme yang meliputi:
* Steroid sintesis - pembuatan steroid dari prekursor sederhana
* Steroidogenesis - yang interkonversi dari berbagai jenis steroid
* Degradasi steroid.
Biosintesis steroid merupakan jalur metabolik yang memproduksi steroid anabolik dari prekursor sederhana. jalur ini dilakukan dengan cara yang berbeda pada hewan daripada di organisme lain, membuat jalur target umum untuk antibiotik dan obat anti infeksi lainnya. Selain itu, metabolisme steroid pada manusia adalah target obat penurun kolesterol seperti statin.
Dimulai di jalur mevalonate pada manusia, dengan Asetil-KoA sebagai building blocks, yang merupakan DMAPP dan IPP . Dalam mengikuti langkah-langkah, DMAPP Lanosterol IPP bentuk, steroid pertama. Selanjutnya modifikasi milik steroidogenesis berhasil.
Bagian tanggul mevalonate
Mevalonate jalur atau jalur HMG-KoA reduktase dimulai dengan dan diakhiri dengan pirofosfat dimethylallyl (DMAPP) dan isopentenyl pirofosfat (IPP).
Beberapa kunci enzim dapat diaktifkan melalui peraturan DNA transkripsional pada aktivasi SREBP (sterol Pengatur Elemen-Binding Protein-1 dan -2). Sensor ini mendeteksi kadar kolesterol intraselular rendah dan merangsang produksi endogen oleh jalur HMG-CoA reduktase, serta serapan lipoprotein meningkat hingga-yang mengatur reseptor LDL. Peraturan jalur ini juga dicapai dengan mengendalikan laju terjemahan dari mRNA, degradasi reduktase dan fosforilasi.  Dalam Ilmu farmasi  Sejumlah obat target jalur mevalonate:
* Statin (digunakan untuk tingkat kolesterol tinggi)
* Bifosfonat (digunakan dalam pengobatan penyakit degeneratif tulang-berbagai)
Pada tumbuhan dan bakteri, jalur non-mevalonate menggunakan piruvat dan glyceraldehyde 3-fosfat sebagai substrat.  
DMAPP untuk Lanosterol
Pirofosfat Isopentenyl dan dimethylallyl pirofosfat menyumbangkan unit isoprena, yang dirakit dan dimodifikasi untuk membentuk senyawa terpen dan isoprenoids , yang merupakan kelas besar lipid yang mencakup karotenoid, dan bentuk kelas terbesar tanaman produk alami.  Di sini, unit isoprena bergabung bersama untuk membuat squalene dan kemudian dilipat dan dibentuk menjadi satu set cincin untuk membuat Lanosterol Lanosterol kemudian dapat dikonversi menjadi steroid lain seperti kolesterol dan ergosterol.
Steroidogenesis
Steroidogenesis adalah proses biologis oleh steroid yang dihasilkan dari kolesterol dan ditransformasikan ke dalam steroid lainnya. Jalur dari steroidogenesis berbeda antara spesies yang berbeda, tetapi jalur-jalur steroidogenesis manusia diperlihatkan pada gambar.
Steroidgenesis  pada manusia [www.idwikipedia.org]

Produk steroidogenesis meliputi:
*       Androgen
*      testosteron
*      Estrogen dari progesteron
*      Kortikosteroid
*      kortisol
*      aldosteron
Eliminasi
Steroid terutama dioksidasi oleh enzim oksidase sitokrom P450, seperti CYP3A4. Reaksi-reaksi memperkenalkan oksigen ke dalam cincin steroid dan memungkinkan struktur yang akan rusak oleh enzim lainnya, untuk membentuk asam empedu sebagai produk akhir.  Asam empedu ini kemudian dapat dieliminasi melalui sekresi dari hati dalam empedu. Ekspresi gen ini dapat oksidase upregulated oleh sensor PXR steroid ketika ada konsentrasi darah tinggi steroid.

FLAVONOID

Senyawa organik, setiap anggota kelas pigmen biologis tidak mengandung nitrogen yang ditemukan dalam banyak tanaman. Mereka termasuk anthoxanthins, yang memberikan warna kuning, sering kelopak bunga, dan anthocyanin, sebagian besar bertanggung jawab atas warna merah tunas dan tunas muda dan warna ungu dan ungu-merah daun musim gugur. fungsi biologis mereka tidak diketahui, mereka mungkin menarik penyerbuk dan penyebar biji. Alkilasi pada cinci A jarang tapi sering pada paku-pakuan dan conifer. Sebagian besar flavonoid berbentuk glikosida, juga sebagai aglikon, poli dan diglikosida. Sifatnya larut dalam ait dan sedikit larut dalam pelarut organik.
Stuktur Dan Klasifikasi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/44/Flavan.PNG/220px-Flavan.PNG       
( sumber: kimia organik bahan alam oleh Dr. Unang Supratman, MS)
Cirri dari flavonoid adalah :
1.       cincin A
-          Okdigenasi berselang-seling
-          Sering teralkilasi pada C6 dan C8
2.       cicncin B
-           oksigenasi para para kanan + kanan meta meta paragraf 2 +
-          Oksigenasi orto atau tidak teroksiasi , jarang ditemukan
Flavonoid (atau bioflavonoid), juga dikenal sebagai vitamin P dan [citrin 1], adalah kelas tanaman metabolit sekunder. Menurut tatanama IUPAC, Flavonoid dapat diklasifikasikan menjadi:
ü  flavonoid, berasal dari 2-phenylchromen-4-satu (2-fenil-1 ,4-benzopyrone) struktur (contoh: quercetin, rutin).
ü  Isoflavonoids, berasal dari 3-phenylchromen-4-satu (3-fenil-1 ,4-benzopyrone) struktur
ü  Neoflavonoids, berasal dari 4-phenylcoumarine (4-fenil-1 ,2-benzopyrone) struktur.

Tiga kelas flavonoid di atas adalah semua yang mengandung senyawa keton, dan dengan demikian, adalah flavonoid dan flavonol. Kelas ini adalah pertama yang disebut "bioflavonoid." Istilah flavonoid dan bioflavonoid juga telah lebih longgar digunakan untuk menggambarkan senyawa polifenol polyhydroxy non-keton yang lebih khusus disebut flavanoids, flavan-3-OLS, atau katekin (catechin meskipun sebenarnya suatu subkelompok flavanoids).

Flavonoid Biosintesis
Flavonoid tersebar luas di tanaman memenuhi banyak fungsi.
Flavonoid merupakan pigmen tanaman yang paling penting untuk menghasilkan warna bunga kuning atau merah / pigmentasi biru di kelopak dirancang untuk menarik hewan penyerbuk.
Flavonoid disekresi oleh akar tanaman inang mereka membantu rhizobia pada tahap infeksi hubungan simbiotik dengan kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang-kacangan, mewah, dan kedelai. rhizobia hidup di tanah dapat merasakan flavonoid dan ini memicu sekresi faktor Nod, yang pada gilirannya diakui oleh tanaman inang dan dapat menyebabkan deformasi akar rambut dan tanggapan beberapa selular seperti ion fluks dan pembentukan bintil akar . Mereka juga melindungi tanaman dari serangan mikroba, jamur dan serangga.
Potensi untuk aktivitas biologis
Flavonoid (khusus flavanoids seperti catechin) adalah "kelompok yang paling umum senyawa polifenolik dalam makanan manusia dan ditemukan ubiquitously pada tanaman” flavonols, yang asli seperti bioflavonoid quercetin,. Ubiquitously juga ditemukan, namun lebih rendah kuantitas. Kedua set senyawa memiliki bukti kesehatan-modulasi efek pada hewan yang memakannya.
Distribusi luas flavonoid, variasi dan toksisitas relatif rendah dibandingkan dengan tanaman lain senyawa aktif (misalnya alkaloid) berarti bahwa banyak hewan, termasuk manusia, menelan jumlah signifikan dalam diet mereka. Hasil dari bukti eksperimental bahwa mereka dapat mengubah alergen, virus, dan karsinogen, flavonoid memiliki potensi untuk menjadi pengubah respon biologis "", seperti anti-alergi, anti inflamasi, [anti-mikroba dan kegiatan anti-kanker terlihat dari studi in vitro.
Flavonoid (flavonol baik dan flavanols) yang paling umum dikenal untuk aktivitas antioksidan in vitro. Konsumen dan produsen makanan telah menjadi tertarik pada flavonoid untuk properti mungkin mereka obat, khususnya peran putatif mereka dalam pencegahan kanker dan penyakit jantung. Meskipun bukti fisiologis belum dibentuk, efek menguntungkan dari buah-buahan, sayuran, dan teh atau anggur merah bahkan kadang-kadang dikaitkan dengan senyawa flavonoid daripada mikronutrien dikenal, seperti vitamin dan mineral diet.  Atau, penelitian yang dilakukan di Linus Pauling Institute dan dievaluasi oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa menunjukkan bahwa, setelah asupan makanan, flavonoid sendiri nilai antioksidan sedikit atau tidak langsung. Pada kondisi tubuh seperti kondisi tabung reaksi dikendalikan , flavonoid dan polifenol lainnya diserap buruk (kurang dari 5%), dengan sebagian besar dari apa yang diserap menjadi cepat dimetabolisme dan dibuang. Peningkatan kapasitas antioksidan melihat darah setelah konsumsi makanan kaya flavonoid tidak disebabkan secara langsung oleh flavonoid sendiri, tetapi yang paling mungkin adalah karena meningkatnya kadar asam urat yang dihasilkan dari metabolisme flavonoid.  Menurut Frei, "kami sekarang dapat mengikuti aktivitas flavonoid dalam tubuh, dan satu hal yang jelas adalah bahwa tubuh melihat mereka sebagai senyawa asing dan sedang mencoba untuk menyingkirkan mereka. "
Manfaat lain dalam kesehatan
Proses fisiologi senyawa flavonoid yang tidak diinginkan menyebabkan Tahap disebut enzim II yang juga membantu untuk menghilangkan mutagen dan karsinogen, dan karenanya nilai dalam pencegahan kanker. Flavonoid juga dapat menginduksi mekanisme yang dapat membunuh sel-sel kanker dan menghambat invasi tumor , peneliti UCLA kanker. Telah menemukan bahwa studi peserta yang makan makanan yang mengandung flavonoid tertentu, seperti catechin yang ditemukan di stroberi, hijau, dan teh hitam; kaempferol dari kubis brussel dan apel dan kuersetin dari kacang-kacangan, bawang dan apel, mungkin telah mengurangi risiko mendapatkan kanker paru-paru.
Penelitian juga menunjukkan bahwa hanya sejumlah kecil flavonoid mungkin diperlukan untuk manfaat mungkin. Mengambil suplemen diet kemungkinan besar tidak memberikan manfaat tambahan dan dapat menimbulkan risiko. Namun, kepastian tidak manfaat atau risiko telah terbukti belum dalam skala besar percobaan intervensi manusia.

Lebih dari 5.000 alami flavonoid telah ditandai dari berbagai tanaman. Mereka telah diklasifikasikan menurut struktur kimia mereka, dan biasanya dibagi menjadi subkelompok berikut ,Flavon dibagi menjadi empat kelompok:
Kelompok
Kerangka
Contoh
Deskripsi
Kelompok fungsional
Erations struktural
3-hidroksil
2,3-dihidro
2-phenylchromen - 4-satu
 
Kerangka flavon colored.svg
3-hydroxy - 2-phenylchromen - 4-satu
 
 
Flavonol kerangka colored.svg
2,3-dihidro - 2-phenylchromen - 4-satu
 
 
Flavanon kerangka colored.svg
Flav on ol atau
3-Hidroksi flav satu atau
2,3-dihydro flav pada ol
 3-hidroksi - 2,3-dihidro - 2-phenylchromen - 4-Satu
 
 
Flavanonol kerangka colored.svg

Flavonoid penting
a.        kuersetin
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Quercetin.png/200px-Quercetin.png
Kuersetin merupakan flavonoid dan, untuk lebih spesifik sebuah flavonol. Ini adalah bentuk aglikon dari sejumlah glikosida flavonoid lainnya, seperti rutin dan quercitrin, ditemukan dalam buah jeruk, soba dan bawang.. Kuersetin glikosida membentuk quercitrin dan rutin bersama-sama dengan rhamnose dan rutinose, masing-masing. Hal ini juga dapat membantu untuk mencegah beberapa jenis kanker, namun saat ini ada penelitian lebih dibutuhkan di daerah ini
b.       epicatechin
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/20/Epicatechin.png/200px-Epicatechin.png
Epicatechin dapat meningkatkan aliran darah dan memiliki potensi untuk jantung kesehatan. Cocoa , bahan utama dari gelap cokelat , mengandung jumlah yang relatif tinggi dari epicatechin dan telah menemukan hampir dua kali memiliki kandungan antioksidan dari anggur merah dan sampai tiga kali lipat dari teh hijau in vitro. [14] [15] Pada uji diuraikan di atas, muncul efek antioksidan potensi in vivo yang minimal sebagai antioksidan yang cepat dikeluarkan dari tubuh.
Values ​​Bahasa Dari flavan .
Kerangka
Nama
Flavan-3ol
Flavan-4ol
Flavan-3 ,4-diol
Flavan-3 ,4-diol (leucoanthocyanidin)




ALKALOID

Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan ada di tetumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan ). Asam amino, peptida, protein, nukleotid, asam nukleat, gula amino dan antibiotik biasanya tidak digolongkan sebagai alkaloid. Dan dengan prinsip yang sama, senyawa netral yang secara biogenetik berhubungan dengan alkaloid termasuk digolongan ini
Sumber dan sifat
Berat molekul alkaloid rendah tanpa donor ikatan hidrogen seperti kelompok hidroksi sering cair pada suhu kamar, misalnya nikotin, sparteine, coniine, dan phenethylamine. Kebasaan dari alkaloid tergantung pada pasangan elektron mandiri pada atom nitrogen. Sebagai basis organik, alkaloid membentuk garam dengan asam mineral seperti asam klorida dan asam sulfat dan asam organik seperti asam tartrat atau asam maleat. Garam ini biasanya lebih banyak air yang larut daripada bentuk basa bebas mereka. Dengan pengecualian kafein, alkaloid adalah salah satu dari beberapa kelas senyawa yang umumnya diendapkan dari larutan air oleh tanin, suatu fakta yang penting dalam jamu
Alkaloid dihasilkan oleh banyak organisme, mulai dari bakteria, fungi (jamur), tumbuhan, dan hewan. Ekstraksi secara kasar biasanya dengan mudah dapat dilakukan melalui teknik ekstraksi asam-basa. Rasa pahit atau getir yang dirasakan lidah dapat disebabkan oleh alkaloid. Istilah "alkaloid" (berarti "mirip alkali", karena dianggap bersifat basa) pertama kali dipakai oleh Carl Friedrich Wilhelm Meissner (1819), seorang apoteker dari Halle (Jerman) untuk menyebut berbagai senyawa yang diperoleh dari ekstraksi tumbuhan yang bersifat basa (pada waktu itu sudah dikenal, misalnya, morfina, striknina, serta solanina). Hingga sekarang dikenal sekitar 10.000 senyawa yang tergolong alkaloid dengan struktur sangat beragam, sehingga hingga sekarang tidak ada batasan yang jelas untuknya.
Klasifikasi Alkaloid
( sumber: kimia organik bahan alam oleh Dr. Unang Supratman, MS)
Alkaloid biasanya diklasifikasikan menurut kesamaan sumber asal molekulnya (precursors),didasari dengan metabolisme pathway (metabolic pathway) yang dipakai untuk membentuk molekul itu. Kalau biosintesis dari sebuah alkaloid tidak diketahui, alkaloid digolongkan menurut nama senyawanya, termasuk nama senyawa yang tidak mengandung nitrogen (karena struktur molekulnya terdapat dalam produk akhir. sebagai contoh: alkaloid opium kadang disebut "phenanthrenes"), atau menurut nama tumbuhan atau binatang dimana senyawa itu diisolasi. Jika setelah alkaloid itu dikaji, penggolongan sebuah alkaloid dirubah menurut hasil pengkajian itu, biasanya mengambil nama amine penting-secara-biologi yang mencolok dalam proses sintesisnya.
Klasifikasi alkaloida dapat dilakukan berdasarkan beberapa cara:
1.       Berdasar Tension cincin heterosiklik nitrogen
yang merupakan bagian dari stuktur molekul. Berdasarkan hal tersebut, alkaloida dapat dibedakan atas beberapa jenis seperti alkaloida pirolidin,piperidin, isokuinolin, kuinolin, dan alkaloida indol
Satu Golongan Pyridine: piperine, unifikasi *, trigonelline, arecoline, arecaidine, guvacine, cytisine, lobeline, nikotina, anabasine, sparteine, pelletierine.
. 2 Golongan Pirolidina: hygrine, cuscohygrine, nikotina
3 Trophy Grup:. Atropin, kokaina, ecgonine, skopolamin, catuabine
4 Golongan Kuinolina: kuinina, kuinidina, dihidrokuinina, dihidrokuinidina, strychnine, brucine, Veratrine, cevadine
5 Golongan Isokuinolina: alkaloid opium alkaloid (papaverine, narcot, narceine), Sanguinarine, hydrastine, berberin, emetine, berbamine, oxyacantha
6 Phenanthrene Alkaloid: alkaloid-alkaloid opium (Morfin, kodein, thebaine)
7 phenethylamine Grup:. Mescaline, efedrin, dopamin
. 8 Taga Kelompok:
·          tryptamines: serotonin, DMT, 5-Meo-DMT, bufotenine, psilocybin
·          ergolines (alkaloid dari ergot alkaloid bahasa Dari): ergine, ergotamine, asam lysergic
·          Beta-Carboline: harmine, harmaline, tetrahydroharmine
·          Yohimbans: reserpin, yohimbine
·          Alkaloid Vinca, vinblastine, vincristine
·          alkaloid Kratom (Mitragyna speciosa): mitragynine, 7-hydroxymitragynine
·          Alkaloid Tabernanthe iboga: ibogaine, voacangine, coronaridine
·          Alkaloid Strychnos nux-vomica: strychnine, brucine
. 9 Purine Kelompok:
·          xantina: Kafein, Theobromine, Theophylline
10. Golongan terpenoid:
·          Alkaloid Aconitum: aconitine
·          Alkaloid Steroid (yang bertulang punggung steroid pada struktur yang bernitrogen):
-          Solanum (contoh: kentang dan alkaloid tomat) (solanidine, solanine, chaconine)
-           Veratrum Alkaloid (veratramine, cyclopamine, cycloposine, jervine, dalam tanah) [2]
-           Alkaloid Salamander berapi (samandarin)
-            TOTAL: conessine
11 layering amonium kuaterner s:. Muscarine, kolin, neurine
12 Lain-TOTAL:. Capsaicin, cynarin, phytolaccine, phytolaccotoxin
 (Www.google.co.id)
2.      Berdasar jenis tumbuhan darimana alkaloida ditemukan.
Cara ini digunakan untuk menyatakan jenis alkaloida yang pertama-tama ditemukan pada suatu jenis tumbuhan. Berdasarkan cara ini, alkaloida dapat dibedakan atas beberapa jenis yaitu:
1.      Alkaloida tembakau,
2       Alkaloid amaryllidiaceae,
3.      Alkaloida erythrine dan lainnya.
Tapi cara ini punya kelemahan: beberapa alkaloida yang berasal dari suatu tanaman tertentu dapat memiliki struktur yang beda



3.       Berdasar asal-usul biogenetik.
Cara ini sangat berguna untuk menjelaskan hubungan antara berbagai alkaloida yang diklasifikasikan berdasar berbagai jenis cincin heterosiklik. Dari biosintesa alkaloida, menunjukkan bahwa alkaloida berasal dari hanya beberapa asam amino tertentu saja. Dapat dibedakan:
1. Alkaloida alisiklik (berasal dari asam-asam amino ornitrin & lisin)
2. Alkaloida aromatik jenis fenilalanin (berasal dari fenilalanin, tirosin & 3,4-dihidrofenilalanin)
3. Alkaloida aromatik jenis indol (berasal dari triptopan)

Menurut Hegnauer, merupakan system klasifikasi yang paling banyak diterima.
Ø  Alkaloida sesungguhnya
Alkaloida ini merupakan racun, senyawa tersebut menunjukkan aktivitas fisiologis yang luas, hampir tanpa terkecuali bersifat basa, umumnya mengandung nitrogen dalam cincin heterosiklik, diturunkan dari asam amino, biasanya terdapat dalam tanaman sebagai garam asam organik. Ada pengecualian “aturan” tersebut adalah kolkhisin dan asam aristolokhat yang bersifat bukan basa dan tidak memiliki cincin heterosiklik dan alkaloid quartener, yang bersifat agak asam daripada bersifat basa
Ø  Protoalkaloida
Protoalkaloid merupakan amin yang relatif sederhana dimana nitrogen dan asam amino tidak terdapat dalam cincin heterosiklik. Protoalkaloida diperoleh berdasarkan biosintesis dari asam amino yang bersifat basa. Pengertian ”amin biologis” sering digunakan untuk kelompok ini. Contoh, adalah meskalin, ephedin dan N,N-dimetiltriptamin.
Ø  Pseudoalkaloida
Pseudoalkaloid tidak diturunkan dari prekursor asam amino. Senyawa biasanya bersifat basa. Ada dua seri alkaloid yang penting dalam khas ini, yaitu alkaloid steroidal (contoh: konessin) dan purin (kaffein)
(Lenny, Sovia:. Layering flavonoida   www.nadjeeb.wordpress.com )

fungsi si senyawa alkaloid

Banyak fungsi dari senyawa alkaloid ini, misalkan: dari yang paling sederhana, bumbu dapur, diperoleh dari turunan piperidin
1.       antispasmodik, didapatkan dari senyawa propil-piperidin
2.      sedatif, dari senyawa propil-piperidin atau hiosiamin & skopolamin
3.      anthelmintik, dari senyawa as. nikotinat (tumb. Areca catechu)
4.       analgetik narkotik, dari senyawa kokain
5.       antimalaria, dari senyawa kinina (tumb. Cinchona succirubra )
6.      antibiotik, dari senyawa viridicatin
7.      analgetik untuk nyeri hebat, dari senyawa morfin
8.      emetik ekspektorn, dari senyawa amatina
9.      antipiretik, dari senyawa beberin
10.  relaksan otot, dari senyawa vinblastina
11.  antihipertensi, dari senyawa germidina
12.   stimulan SSP, dari senyawa d-norpseudo efedrin, theobromin yang juga berfungsi sbg diuretic
13.  bronkodilator, dari senyawa theofilina
14.  simpatomimetik, dari senyawa efedrin
15.  insektisida,dari senyawa seradina
16.    adstringen pada radang selaput lendir, dari senyawa hidrastina (tumb. Hydrastis canadensy )
(Luthfi ADHITAMA Nurwan Departemen Farmasi Undergraduate Theses from JBPTITBPP )

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers