Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, December 14, 2011

KANKUNG OBAT INSOMNIA, FRAMBUSIA, HIPERTENSI, BISUL, MIMISAN, DIABETES, DAN KAPALAN

oleh Tarmizi, BSc. S.Pd
 Analisa tumbuhan obat di Universitas Negeri Padang

          Ibu-ibu di dapur selalu menyediakan sayuran diantara bumbu dan bahan pangan lainnya, karena banyak digunakan dalam masakan. Kalau didaftar semua jenis sayur, tentu sangat banyak, namun pada tulisan ini hanya akan kita uraikan khasiat obat dari sayuran kankung.
          Tanaman kankung (Ipomoea aquatica) yang banyak di rawa dan kankung darat (Ipomoea reptans Poir), termasuk famili convolvulaceae. Nama simplianya adalah ipomoeae aquatica herba, herba kangkung. Di Sumatera dikenal sebagai laletek, lelidi, rumpun, kalayau, kangkueng dan lalidik. Di Jawa disebut kangkung atau kangkong, sementara di Nusatenggara dinamakan pangpung, lara, nggongodano dan angodono, di Sulawesi sebagai kangko, kanto, tatanggo, tanggo, naniri, lare. Di Maluku disebut utangko, beehob, takako dan kangko. Di samping sebagai sayuran, kangkung juga digunakan dalam obat tradisional.
          Kandungan kimia daun kangkung antara lain mineral, vitamin, karoten, hentriakontan dan sitosterol. Tanaman kangkung berkhasiat untuk hipnotik (pelelap tidur) dan antidote (penawar racun).
Obat frambusia
          Penyakit frambusia (paru atau bobak) sering menyerang penduduk di daerah yang kekurangan air. Penyakit ini mudah berjangkit. Obat tradisional penyaki ini adalah : Akar kangkung 3 genggam yang sudah dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air minum. Biarkan terus mendidih hingga airnya tinggal tigaperempat bagian. Setelah dingin diminum, tiga kali sehari. Tiap kali minum tiga perempat gelas. Sebelum diminum harus disaring dulu.
Obat hipertensi
          Masaklah segenggam daun kangkung dengan secangkir air, jangan diberi garam. Daun kangkung yang sudah direbus itu dimakan dua kali sehari. Selama makan obat ini jangan mengkonsumsi daging, telur, garam dan emping. Juga tidak baik minum kopi dan merokok.
Sulit Tidur (Insomnia)
Susah tidur dapat disebabkan : bekerja terlalu lama, pencer-naan makanan kurang baik, tekanan darah tinggi, urat syaraf lemah atau jantung sedang cidera. Jika seseorang sudah merasakan gejala sulit tidur (insomnia), hendaknya diperhatikan indikasi‑indikasi yang lain untuk mengetahui pokok penyakit yang sebenarnya, karena sering kali sulit tidur ini merupakan tanda adanya suatu penyakit.
Gangguan sulit tidur dapat disebabkan oleh stres, perubahan pola hidup, lingkungan yang ramai, penyakit, terlalu lelah, urat saraflemah, pertambahan usia, dan lain‑lain.
Untuk menghindari sulit tidur, harus dilakukan hal‑hal sebagai berikut: biasakan tidur pada jam yang ditentukan secara rutin (mulai tidur pada waktu yang sama setiap hari), usahakan tidur di tempat tidur yang nyaman, hindari stres, dan sebagainya.
Obat susah tidur
·        Resep yang biasa diberikan kepada penderita yang susah tidur adalah sebagai berikut. Cuci sepertiga genggam kangkung, seperempat genggam daun tapak kuda (pegagan), tigaperempat sendok teh ketumbar, satu sendok teh jintan, dua potong asam trengguli (kranji) dan tiga potong gula enau masing-masing 8 cm. setelah dipotong-potong kemudian direbus dengan 3 gelas air minum. Jika telah mendidih, biarkan hingga air rebusan tingal tigaperempat bagian. setelah didinginkan disaring. Jamu ini diminum tiga kali sehari, tiap minum tigaperempat gelas.
·         Kangkung secukupnya dicuci bersih, direbus atau ditumis, kemudian dimakan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
·         250 gram (1/4 kg) kangkung, 250 gram tauge, 3 buah paprika merah, 2 buah paprika hijau, 7 siung bawang putih, saos tiram secukupnya, kecap asin dan merica secukupnya, minyak nonkolesterol secukupnya. Buatlah sayuran tumis setengah matang dengan bahan tadi dan dimakan selagi hangat boleh bersama nasi .
Obat bisul
 Cuci bersih dan gilinglah sampai halus 20 lembar daun kangkung. Jika sudah halus dituang sedikit garam. Kemudian ditem-pelkan di sekitar mata bisul. Setiap hari obat ini dipakai dua kali, sementara itu si sakit dianjurkan makan tapai singkong sebanyak ia mau.
Obat Mimisan
          Mimisan adalah terjadinya pendarahan dari hidung yang sering terjadi pada anak‑anak, terutama jika sedang demam, atau biasanya juga merupakan gejala dari suatu penyakit yang berpangkal pada gangguan pembuluh darah atau dinding‑dinding pembuluh darah.
          Pendarahan terjadi karena pemibuluh darah pada selaput lendir hidung pecah. Hal ini dapat terjadi karena hidung dikorek‑korek, terjadi peradangan, atau karena selaput lendir hidung mengalami kekeringan. Mimisan dapat juga terjadi akibat tekanan darah tinggi, tumor hidung, ataupun suhu tubuh yang terlalu tinggi.
·       25 gram kangkung segar (dicuci bersih) dan tambahkan air matang secukupnya lalu dijus. Tambahkan gula secukupnya, diaduk‑aduk, kemudian diminum.
Obat Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes millitus banyak diderita oleh orang‑orang yang sering makan enak, tetapi kurang gerak. Gejala awal diabetes ditandai dengan sering buang air kecil, rasa haus, iritasi genital, lensa mata berubah bentuk sehingga penglihatan menjadi kabur untuk sementara waktu, dan lain-lain.
          Diabetes timbul karena kurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh sekelompok sel beta pada pankreas. Insulin berfungsi mengatur pemakaian gula dalam tubuh. Kurangnya hormon insulin akan mengakibatkan glukosa tidak dapat diubah menjadi tenaga dan tertimbun dalam darah. jika kadar gula dalam darah sudah terialu tinggi, ginjal tidak mampu menyaring semua darah sehingga urine mengandung glukosa.
·         100 gram batang kangkung dan 30 gram rambut jagung direbus dengan air secukupnya, kernudian air rebusannya diminum selagi hangat.
Obat Kapalan
Kapalan merupakan penebalan pada lapisan tanduk kulit yang biasanya terjadi pada telapak tangan dan telapak kaki.
·         Getah kangkung dioleskan pada bagian kulit yang kapalan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Referensi:
Drs. Djoko Hargono et al, "Tanaman Obat Indonesia Jilid I & II,"1985, Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan - Depkes RI. Jakarta.
Dra. H.Cir," Obat-obat Peninggalan Nenek Moyang," 1982, IkhwanJakarta.
Dra. Balkiah S & Anawati," Aneka Resep Obat Kuno Warisan Nenek Moyang," Anugerah Surabaya.
Marah Maradjo & Ir.Saleh Widodo," Flora Indonesia, Tanaman Rempah-rempah," 1985, PT Gita Citra, Jakarta
Hembing, Penyembuhan dengan Tanaman Obat, 2002, Komputindo Jakarta
Rahimsah, Ramuan Sorga, 1997, Bintang Usaha Jaya, Surabaya
Tarmizi,  2007, "Petunjuk laboratorium IPA", UNP Press, Padang
Tarmizi,  2008, "Pereaksi Kimia", UNP Press, Padang

Tumbuhan Obat

Followers