Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, December 6, 2011

KHASIAT PISANG SEBAGAI OBAT


oleh Tarmizi, BSc., S.Pd

      Pisang (Musa paradisiaca L. Var) termasuk ke dalam keluarga Musaceae  dengan  nama simplisia Musae radix,  akar  pisang.  Di Sumatera nama lain dari pisang adalah galuh, goal, puntik,  puti, galo,  awal  pisang, gae. Di Jawa disebut  cau,  gedang,  pisang, kisang,  gedhang, kedhang  dan  pesang.  Di  Kalimantan  sebagai harias, peti, pisang, punsi, pute, puti dan rahias, sementara  di Nusatenggara  disebut biu, pisang, kalo, mutu, punti, kalu,  mku, muu, muko, busaa, wusa, huni, hundi dan uki. Di Sulawesi  disebut tangin, see, lambi, lutu, loka, unti, pepe, sagin, punti dan uti, sedangkan di Irian sebagai mando, rumaja piti dan mayu.
Obat maag
     Pisang  mengandung  senyawa kimia  serotonin,  neropinefrin, noradrenalin, hidroksitriptamin, dopanin, vitamin A, B  dan  C, tanin. Akar  pisang  berkhasiat sebagai penawar  racun  (antidote), sementara hati batang pisang berkhasiat sebagai penurun panas dan untuk perawatan rambut.
     Jenis pisang sangat banyak, diantaranya pisang kelutuk  atau pisang batu (Musa brachycarpa), dagingnya  memang  manis  tapi adakalanya berbiji dan susah dinikmati kelezatannya. Buahnya yang masih  mentah biasa dipakai untuk campuran rujak. Pisang  kelutuk alias  pisang batu mampu mencegah perut mulas dan  diare.  Bahkan mengobati penyakit maag.
Obat lambung
     Buah  pisang  dapat dimakan dalam bentuk  segar  atau  dalam bentuk  olahan.  Buah ini baik untuk bayi dan orang  yang  sedang sakit,  karena mudah dicerna. Serotonin dalam buah  pisang  dapat menghambat  pengeluaran asam hidroklorat atau asam  lambung  yang berlebihan. Itulah sebabnya pisang baik untuk penderita  gangguan lambung  dan  penyakit maag. Para  pakar penelitian  berpendapat bahwa  serotonin pada pisang dapat berfungsi sebagai faktor  anti stress, sedative dan dapat mengobati migraen. Melihat  kandungan zat  gizi  dan zat berkhasiat, makan buah pisang tiap  hari  akan memperlancar buang air besar, serta mengobati diare dan disentri.
buah pisang juga telah terkenal ampuh dan baik untuk penderita gangguan lambung dan penderita penyakit maag.
Buah pisang baik untuk bayi dan orang yang sedang sakit, karena mudah dicerna, baik dalam bentuk segar ataupun dalam bentuk olahan. Selain itu dari hasil penelitian para ahli diketahui bahwa streonin pada pisang dapat berfungsi sebagai faktor anti stres, sedatif, dan dapat mengobati migraen. Streonin juga  dapat menghambat pengeluaran asam lambung yang berlebihan.
   Dilihat dari komposisi zat gizi , pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin B. Selain itu dengan memakan buah pisang segar setiap hari, akan memperlancar buang air besar, serta dapat mengobati diare dan disentri.
Obat ambeien
            Mungkin pohon pisang dapat menghilangkan derita Anda dari penyakit ambeien, yang tidakkunjung sembuh. Caranya, pohon pisang yang segar dipotong, sehingga tingginya hanya 30 cm dari atas tanah. Lubangi tengah pohon pisang itu dan tunggu sampai keluar ainya. Masukkan airnya ke dalam gelas dan tambahkan adas pulowaras, air jeruk nipis, gula pasir, dan direbus sampai mendidih. Setelah maang, dinginka da minum 2-3 kali sehari selama 3 hari. Air rebusan ini jga dapat dioleskan langsung pada anus, sehabis buang besar selama 2 tau 3 hari. Yang perlu Anda ketahui, ramuan ini erdiri dari bahan-bahan yang apat mengencangkan kembali pembuluh darah balik/vena, yang membesarakibat terlalu banyak duduk (R.Brtosoesilo, Yogya)
Obat batuk
            Bila anak Anda terserang batuk 100 hari, ada satu cara yang tradisional mudah untuk menyembuhkannya. Ambil pisang hijau yang masak, dibakar sampai matang lalu dimakan ketika masih hangat. Jika anak Anda masih bayi, maka pisang yang sudah dibakar tadi dikerok dengan sendok dan disuapkan pada si bayi. Lakukan sekali tiga hari (Ny.Nuraini, Jakarta Timur).

Referensi:
Drs. Djoko Hargono et al, "Tanaman Obat Indonesia Jilid I &  II," 1985, Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan - Depkes RI. Jakarta.
Dra.  H.Cir," Obat-obat Peninggalan Nenek Moyang,"  1982,  Ikhwan  Jakarta. 
Dra.  Balkiah S & Anawati," Aneka Resep Obat Kuno  Warisan  Nenek      Moyang," Anugerah Surabaya.
Marah  Maradjo  &  Ir.Saleh  Widodo,"  Flora  Indonesia,  Tanaman      Rempah-rempah," 1985, PT Gita Citra, Jakarta.
Slamet  Soeseno,  "Khasiat  Pisang  Kelutuk  untuk   Pencernaan," (Majalah Trubus No.285 1993) Yayasan Sosial Tani  Membangun Jkt.
Tarmizi,  "Pisang  Obat Lambung," (Harian  Singgalang,  24,11,94) Singgalang Press, Padang. 

Lihat Foto https://plus.google.com/u/0/photos/103314392334877278581/albums/5670947869504459537

Tumbuhan Obat

Followers