Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, March 2, 2011

Kekurangan Vitamin K

DEFINISI
Forms of Vitamin K.
Figure 1

Vitamin K adalah nama generik untuk beberapa bahan yang diperlukan dalam pembekuan darah yang normal.
Bentuk dasarnya adalah vitamin K1 (filokuinon), yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan, terutama sayuran berdaun hijau.
Bakteri dalam usus kecil sebelah bawah dan bakteri dalam usus besar menghasilkan vitamin K2 (menakuinon), yang dapat diserap dalam jumlah yang terbatas.

Fungsi vitamin K
Sumber vitamin K

Penyakit perdarahan pada bayi baru lahir ditandai dengan kecenderungan mengalami perdarahan, merupakan bentuk dasar dari kekurangan vitamin K.
Hal ini terjadi karena:
- Plasenta tidak mengantarkan lemak dan vitamin K dengan baik
- Fungsi hati dari bayi baru lahir masih belum matang untuk menghasilkan faktor-faktor pembekuan darah yang cukup (faktor pembekuan adalah protein dalam darah yang memudahkan pembekuan dan memerlukan vitamin K)
- Usus tidak memiliki bakteri yang menghasilkan vitamin K selama hari-hari pertama bayi
- ASI hanya sedikit mengandung vitamin K.
Suatu suntikan vitamin K seharusnya diberikan pada bayi baru lahir untuk melindungi bayi dari penyakit ini.
Bayi yang mendapatkan ASI, yang belum mendapatkan suntikan vitamin K pada saat lahir, sangat rentan terhadap kekurangan vitamin K.

Karena vitamin K larut dalam lemak, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penyerapan lemak, bisa menyebabkan kekurangan vitamin K pada anak-anak dan dewasa:
- Penyakit seliak
- Fibrostik kistik.

Mengkonsumsi minyak mineral dalam jumlah yang berlebihan juga bisa mencegah penyerapan vitamin K.

Kekurangan vitamin K juga terjadi pada orang-orang yang mengkonsumsi obat antikoagulan untuk mencegah terbentuknya bekuan darah.

Gejala utamanya adalah perdarahan (ke dalam kulit, dari hidung, dari sebuah luka atau dalam lambung), yang disertai dengan muntah.

Darah dapat terlihat pada air kemih atau tinja.

Yang paling serius adalah perdarahan ke dalam otak yang bisa terjadi pada bayi baru lahir.

Bila dicurigai adanya kekurangan vitamin K, dilakukan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar protrombin, salah satu faktor pembekuan darah yang memerlukan vitamin K.
Kadar yang rendah (kurang dari 50% dari normal) menunjukkan adanya kekurangan vitamin K. Tetapi kadar protrombin yang rendah juga dapat disebabkan oleh obat antikoagulan atau kerusakan hati.

Biasanya diagnosa akan semakin kuat jika setelah penyuntikkan vitamin K, terdapat peningkatan kadar protrombin dalam beberapa jam dan perdarahan berhenti dalam 3-6 jam.
Jika penderita memiliki penyakit hati yang berat, hati tidak mampu mensintesa faktor pembekuan walaupun telah disuntikkan vitamin K. Pada kasus seperti ini diperlukan tranfusi plasma untuk melengkapi faktor-faktor pembekuan.

sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m

MANFAAT VITAMIN K

SUATU ketika anak Anda tiba-tiba terpental dari sepeda. Betisnya tergores sehingga meneteskan darah. Luka kecil itu lalu dibersihkan memakai kapas sambil sedikit ditekan. Tak lama, darah pun berhenti menetes dan luka ringan itu ditutup plester supaya anak bermain sepeda lagi.

Apa yang membuat darah berhenti menetes dengan sendirinya sehingga Anda tak perlu repor mengatasinya? Ya.. Itulah salah satu kegunaan penting vitamin K. Vitamin ini merupakan kebutuhan vital untuk sintesis beberapa protein termasuk dalam pembekuan darah. Disebut juga vitamin koagulasi, vitamin ini bertugas menjaga konsitensi aliran darah dan membekukannya saat diperlukan. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan pemeliharaan ginjal.

Jenisnya
Vitamin K terdapat dalam tiga bentuk berbeda. Pertama adalah vitamin K1 atau phylloquinone, yaitu jenis yang ditemukan dan dihasilkan tumbuhan. Kedua adalah K2 atau disebut juga dengan menaquinone, yang dihasilan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan. Dan yang ketiga adalah K3 atau menadione yang merupakan vitamin buatan bagi mereka yang tak mampu menyerap dari makanan.

Seluruh vitamin K dalam tubuh Anda diproses dalam liver di mana nantinya akan digunakan untuk memproduksi zat yang membuat darah Anda bisa membeku. Selain berperan dalam pembekuan, vitamin ini juga penting untuk pembentukan tulang terutama jenis K1. Vitamin K1 diperlukan supaya penyerapan kalsium bagi tulang menjadi maksimal dan memastikan tidak salah sasaran.

Berapa kebutuhannya?
Menurut standar RDA (Recommended Dietary Allowance), kebutuhan vitamin K seseorang tergantung dari berat badannya. Untuk dewasa, setidaknya membutuhkan 1 mikrogram setiap hari per kg berat badan. Jadi, kalau berat badan Anda 50 kg maka kebutuhan perharinya mencapai 50 mikrogram.

Sumber vitamin K
Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K terbilang cukup mudah karena selain jumlahnya terbilang kecil, sistem pencernaan kita mengandung bakteri yang mampu mensintesis vitamin K yang sebagian diserap dan disimpan didalam hati. Namun begitu tubuh pun perlu mendapat tambahan vitamin K dari makanan.

Kebanyakan sumber vitamin K didalam tubuh adalah hasil sintesis oleh bakteri di dalam sistem pencernaan, namun Anda dapat memperoleh vitamin K dari makanan seperti hati, sayur-sayuran berwarna hijau yang berdaun banyak, sayuran sejenis kobis (kol) dan susu.

Vitamin K dalam konsentrasi tinggi juga ditemukan pada susu kedelai, teh hijau, susu sapi, serta daging sapi dan hati. Jenis-jenis makanan probiotik, seperti yoghurt yang mengandung bakteri sehat aktif, bisa membantu menstimulasi produksi vitamin ini.

Gejala Kekurangan
Jika vitamin K tidak terdapat dalam tubuh, darah tidak dapat membeku. Hal ini dapat meyebabkan pendarahan atau hemoragik. Bagaimanapun, kekurangan vitamin K jarang terjadi karena hampir semua orag memperolehnya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Namun kekurangan bisa terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K, air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Untuk itu bayi diberi sejumlah vitamin K saat lahir.

Pada dewasa, kekurangan dapat terjadi karena minimnya konsumsi sayuran atau mengonsumsi antobiotik terlalu lama. Antibiotik dapat membunuh bakteri menguntungkan dalam usus yang memproduksi vitamin K. Terkadang kekurangan vitamin K disebabkan oleh penyakit liver atau masalah pencernaan.

Keracunan
Anda juga bisa mengalami keracunan vitamin K. Ini terjadi hanya pada orang yang menerima pengganti vitamin K larut air. Gejala-gejalanya adalah hemolisis (penghancuran sel darah merah), penyakit kuning dan kerusakan otak.

PERNAH Anda sadari ketika mengiris bawang putih tiba-tiba jari teriris dan handuk langsung Anda bebatkan ke jari, perdarahan pun berhenti? Apa sebenarnya yang menyebabkan darah berhenti?

Vitamin K lah yang berperan dalam hal ini. Dari makanan yang kita konsumsi seperti sayuran hijau, brokoli, selada, kobis, kuning telur, hati, daun-daunan vitamin K tersimpan dalam tubuh untuk membuat darah menjadi menggumpal saat terjadi perdarahan.

Meski begitu vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang. Dia mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh. Sekurangnya 65 mcg setiap hari kita butuhkan untuk keperluan ini. Namun untuk memperkuatnya,lebih dari 100 mcg setiap hari kita butuhkan.

Warfarin (Coumadin) dan Heparin, obat yang disebut sebagai anti pembekuan darah tidak boleh dikonsumsi dalam waktu bersamaan dengan vitamin K. Obat-obatan ini bekerja dengan memblokade fungsi vitamin K, yang pada akhirnya memperlemah tulang.
Sumber : Vitamin & Minerals, The Complete Idiot's Guide
 VITAMIN K, NUTRISI YANG DIPERLUKAN





Lobak Swiss merupakan salah satu sumber vitamin K terbaik (LOUISE VALENTINE/THE EPOCH TIMES)


Lobak Swiss merupakan salah satu sumber vitamin K terbaik (LOUISE VALENTINE/THE EPOCH TIMES)
(Epochtimes.co.id)
Vitamin K mungkin merupakan pemegang peranan terbaik dalam penggumpalan darah. Namun, di samping itu masih memiliki banyak fungsi lainnya.
Studi menunjukkan peran vitamin K baik itu terhadap kesehatan darah dan arteri maupun kontribusinya memperkuat sistem imunisasi adalah sama penting.
Dalam komunitas medis, kebanyakan manusia hampir tidak berpikir mengenai kebutuhan mereka akan konsumsi vitamin K, mengingat banyak varitas makanan yang mengandung vitamin K, tubuh memiliki metode sirkulasi mempertahankan kadar vitamin K dan bakteri usus berfungsi dalam mengumpulkan vitamin K2.
Mengonsumsi sejumlah kecil vitamin K diketahui berhubung-an dengan tingginya tingkat insiden terhadap patah tulang dan osteoporosis.
Sementara studi lain menunjukkan rendahnya tingkat konsumsi vitamin K berhubungan dengan penyempitan arteri atau pembuluh nadi.
Studi tambahan menunjukkan bahwa pasien yang mengidap kanker tertentu mendapat manfaat dari vitamin K yang dikonsumsi dengan dosis lebih besar dari dosis normal.
Sumber terbesar dari vitamin K (vitamin K1 atau phylloquinone) berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sayur-sayuran hijau, seperti kangkung dan lobak Swiss, memiliki kandungan vitamin K1 yang berlimpah. Selain itu sejumlah besar makanan seperti brokoli, taoge, bayam, dan kembang kol juga mengandung vitamin K.
Apabila sumber makanan di atas dikonsumsi dengan jumlah mencukupi, maka tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin K tambahan.
Mengingat vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak, maka saat makan makanan yang mengandung kadar vitamin K tinggi dianjurkan diikuti dengan makanan yang mengandung lemak.
Anticoagulant (sejenis nutrisi untuk mencegah pembekuan darah) seperti warfarin, berkontraksi dengan metabolisme vitamin K. Apabila seorang pasien mengonsumsi anticoagulant, sebaiknya mendengar saran dokter sebelum mengonsumsi sejumlah besar makanan dengan kandungan vitamin K tinggi. Atau, lebih bijak untuk mengingatkan kepada anak-anak: “Makanlah sayur-sayuran!” (rtr/val)
Referensi:
Ten Important Facts About Vitamin K That You Need to Know oleh Dr. Joseph Mercola dan Rachael Droege,http://www.mercola.com/2004/mar/24/vitamin_k.htm
Vitamin K oleh Institut Linus Pauling,
http://lpi.oregonstate.edu/infocenter/vitamins/vitaminK/

Fungsi Dan Sumber Vitamin K

Vitamin K penting dalam proses Synthese blood coagulation dalam hati yang diperlukan untuk penggumpalan atau pembekuan darah. Kekurangan Vitamin K akan menyebabkan pendarahan hebat yang terus menerus dan anemia hebat.

Sumber-sumber Vitamin K terdapat pada tumbuh-tumbuhan dan hewan yang meliputi semua macam sayuran hijau, kuning telur, kedele, hati, dan lain-lain. Sumber Vitamin K yang terbaikterdapat pada :

1. Kubis sebesar 250 mikrogram/100gram bahan segar
2. Bunga kol sebesar 270 mikrogram/100gram bahan segar
3. Kacang kedele sebesar 190 mikrogram/100gram bahan segar
4. Bayam sebesar 134 mikrogram/100gram bahan segar


Manfaat Makanan Bervitamin

Vitamin diperlukan bagi pertumbuhan yang normal dan bagi pemeliharaan kesehatan. Vitamin tidak memberikan tenaga, maupun membangun jaringan, tetapi meskipun demikian kita tak dapat hidup tanpa vitamin. Umumnya untuk semua reaksi kimia yang penting bagi tubuh diperlukan vitamin.

Masing-masing vitamin mempunyai fungsi khusus yang penting, vitamin-vitamin mengambil bagian dalam fungsi-fungsi tertentu seperti :

1. Meningkatkan pertumbuhan badan

2. Meningkatkan kemampuan berkembang biak

3. Memelihara kesehatan dan kegiatan tubuh dengan :
  • Meningkatkan fungsi dari saluran pencernaan
  • meningkatkan gizi yang normal, khusus penggunaan unsur-unsur mineral dan oksidasi karbohidrat
  • Meningkatkan kestabilan syaraf
  • Meningkatkan kesehatan jaringan dan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri
Vitamin dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu

1. Vitamin yang larut dalam lemak, yaitu Vit A, D, E dan K
2. Vitamin yang larut dalam air, yaitu Vit B dan C

Untuk mengetahui sumber dan fungsi dari vitamin-vitamin tersebut di atas akan dijelaskan pada postingan selanjutnya :)

Fungsi Dan Sumber Vitamin E

Sudah lama diketahui bahwa Vitamin E adalah faktor yang essensial bagi pembiakan, Vitamin E juga mempengaruhi otot-otot jantung, selain itu Vitamin E juga berfungsi untuk menjaga Vitamin A dan Karoten terhadap oksidasi dalam saluran pencernaan, dengan demikian debgan adanya Vitamin E sebagai anti-oksidan, persediaan Vitamin A dapat dipertahankan dengan lebih lama.

Vitamin E banyak didistribusi dalam makanan, sehingga kemungkinan kekurangan Vitamin E sangatlah kecil. Vitamin E banyak sekali terkandung dalam :

1. Ubi jalar sebanyak 4,00 miligram/100gram bahan segar
2. Kacang Polong sebesar 2,10 miligram/100gram
3. Nasi merah sebesar 2,40 miligram/100gram
4. Minyak kacang sebesar 22,0 miligram/100gram
5. Minyak kedele sebesar 140 miligram/100gram
6. Minuak jagung sebesar 87 miligram/100gram
7. Daging ayam sebesar 0,25 miligram/100gram 
8. Daging sapi sebesar 1,40 miligram/100gram
9. Daging domba sebesar 0,77 miligram/100gram

Tumbuhan Obat

Followers