Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, March 15, 2011

Merawat kecantikan tubuh dengan Madu

Setiap perempuan pasti berusaha dengan segala cara untuk menjaga keindahan tubuh mereka. Salah satu perawatan yang bisa anda lakukan adalah bahan alami yang sejak jaman dulu dipercaya penuh mampu menjaga kecantikan adalah madu. Karena memang kandungan dalam madu adalah humectant memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban.
Kulit yang mampu mempertahankan kelembaban merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan dan kelenturan kulit. Dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kemampuannya untuk mengikat air sehingga mengakibatkan kulit kering atau keriput. Pengaruh lingkungan juga berperan serta memperburuk kondisi kulit anda seperti terkena polusi dan berbagai zat kimia.
Sebuah hasil penelitian terbaru mengembangkan proses menggunakan madu untuk menciptakan alpha hydroxy acids (AHAs). AHAs merupakan kandungan penting yang ada dalam setiap krem kulit dan pelembab karena fungsinya sebagai pengelupasan kulit. Perawatan dengan cara pengelupasan ini berguna untuk meningkatkan perbaikan sel kulit dan meremajakan kulit. Cara ini juga bisa menyebabkan kulit teriritasi tetapi dengan menambahkan pelembab alami dari madu membuat produk ini menjadi sempurna.
Jadi anda bisa lakukan perawatan sendiri dengan bahan alami ini, tanpa ke salon atau spa center. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar perawatan dengan menggunakan madu bisa memberikan manfaat yang tepat, simak berikut ini.
Jika anda memiliki kulit berjerawat ringan dan ingin menyejukkan kulit maka anda bisa campurkan ½ cangkir air hangat dengan ¼ sendok teh garam. Gunakan cotton buds sebagai alat bantu anda untuk mengoleskan langsung pada bagian wajah anda yang berjerawat. Beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit, untuk melembutkan bagian tersebut. Gunakan kapas, oleskan madu pada bagian yang berjerawat dan biarkan selama 10 menit. Lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.
Untuk mengencangkan kulit wajah anda, gunakan campuran satu sendok makan madu, 1 biji putih telur, satu sendok teh gliserin (tersedia di apotik dan toko kecantikan) dan campurkan hingga menjadi semacam pasta. Oleskan secara perlahan pada wajah dan leher dan biarkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat.
Gunakan madu sebagai conditioner untuk rambut anda. Caranya adalah mencampurkan ½ cangkir madu dengan ¼ cangkir minyak zaitun. Oleskan sedikit demi sedikit pada rambut disertai pijatan ringan di kepala sehingga semua rambut terolesi. Tutup rambut dengan penutup rambut selama 30 menit. Lepaskan penutup rambut, lalu keramas dengan shampo dan bilas hingga bersih. Keringkan dengan cara normal.
Ingin mendapatkan kulit yang berkilau, sebaiknya anda oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Setelah rata anda oleskan pada seluruh tubuh anda, basuhlah kulit anda dengan air hangat dan keringkan. Atau anda bisa campurkan madu ke dalam bak mandi anda dengan menambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu. Bilas hingga bersih dengan air hangat dan keringkan.
Bila anda ingin mendapatkan rambut yang berkilau maka campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis dan sedikit air hangat. Bilas rambut anda dengan shampo seperti biasa lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.
Tapi jika anda ingin mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit maka campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi. Selamat mencoba. twp


MADU
Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .
Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno . Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.
Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman ( embalming ) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno.
Tradisi orang Jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat.

Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.
Selain itu juga peneliti dari Departement of Biochemistry , Faculty of Medicine , University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) juga menyebutkan Bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.
Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan , penyakit kulit.
Seiring dengan meningkatnya perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi , maka kadang sering dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. Seperti misalnya pemalsuan madu, yaitu dengan mencampur sedikit madu asli dengan gula tebu atau gula merah dan ditambahkan asam sitrat untuk rasa asamnya serta enzim untuk menimbulkan kesan.
Selain itu masih ada pandangan yang salah atau keliru tentang kualitas madu . Ada yang menganggap bahwa madu yang baik adalah yang menimbulkan letusan ketika tutupnya di buka atau yang tidak di kerumuni semut. Justeru madu tersebut telah rusak terfermentasi oleh enzim dan mengarah kepada terjadinya gas dan alkohol itulah sebabnya semut tidak mau mendekatinya.
Pada saat ini masyarakat lebih mengenal Madu Arab, Madu Kalimantan atau Madu Sumbawa. Padahal mutu dan kualitas madu sangat tergantung pada asal nektar bunga yang dihisap oleh lebah. Sehingga penamaan yang lazim dikenal saat ini adalah bukan hanya lagi dari asal tempat diproduksi seperti yang disebutkan diatas, tetapi dari asal nektar seperti Madu Bunga Randu ( Ceiba petandra ), Madu Bunga Kopi ( Coffea arabica ), Madu Bunga Klengkeng ( Euphoria longana sp ), Madu Bunga Rambutan ( Nephelium lappaceum ), Madu Aneka jenis bunga ( Mix Flower ), Madu Bunga Durian ( Durio sp ), Madu Bunga Kelapa ( Cocos nucifera ), dsb. Masing-masing madu dari aneka jenis tumbuhan ini memiliki aroma yang khas dan khasiat yang berbeda-beda.

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurango tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin
seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Tumbuhan Obat

Followers