Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, March 28, 2011

Memanfaatkan Biji bebuahan sebagai obat

Oleh Tarmizi, B.Sc

Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes millitus banyak diderita oleh orang‑orang yang sering makan enak, tetapi kurang gerak.
            Gejala awal diabetes ditandai dengan sering buang air kecil, rasa haus, iritasi genital, lensa mata berubah bentuk sehingga penglihatan menjadi kabur untuk sementara waktu, dan lainlain.
Penyebab:
            Diabetes timbul karena kurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh sekelompok sel beta pada pankreas. Insulin berfungsi mengatur pemakaian gula dalam tubuh. Kurangnya hormon insulin akan mengakibatkan glukosa tidak dapat diubah menjadi tenaga dan tertimbun dalam darah. jika kadar gula dalam darah sudah terialu tinggi, ginjal tidak mampu menyaring semua darah sehingga urine mengandung glukosa.
Pengobatan:
·        1 butir biji avokad disangrai/dikeringkan kemudian dijadikan bubuk. 5 gram bubuk avokad diseduh dengan 200 cc air kemudian diminum.
Avocado.jpeg
Avocado fruit (cv. 'Fuerte'); left: whole, right: in section 
·        4 butir biji rambutan disangrai hingga kering kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, bubuk biji rambutan direbus dengan air secukupnya, kemudian diminum selagi hangat.

Unpeeled and peeled rambutan
·        2-3 sendok makan bubuk kedelai (Glycine soja SieB et Zucc) diseduh dengan air secukupnya, kemudian diminum.

Scientific classification
Pilih satu resep dan lakukan secara  teratur 2 kali sehari

Hernia
            Hernia merupakan penonjolan isi rongga perut ke dalam kandung buah zakar. Gejala dari hernia antara lain rasa sakit Yang hebat pada perut sebelah bawah, pusing-pusing, dan muntah.
Penyebab:
            Hernia disebabkan oleh lemahnya dinding rongga perut atau lebarnya lubang pembuluh darab sehingga dinding rongga perut dapat masuk ke dalamnya.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hernia adalah:
• Tidak mengangkat beban yang terlalu berat.
• Mencegah sembelit/mengejan saat buang air besar
• Tidak merokok
• Untuk hernia yang sudah parah sebaiknya berkomunikasi dengan dokter.
Pengobatan:
·        2 buah biji mangga (Mangifera indica L) yang sudah kering, 10 gram biji jeruk, 10 gram adas, 1 ruas ibu jari kayu manis, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, dan 1 butir biji pala direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, airnya diminum. lakukan secara  teratur 2 kali sehari.





Obat mulas
            Penyakit mulas atau kolik disebabkan antara lain  oleh pergerakan  batu empedu, luka apada alat pencernaan, termakan makanan beracun, Karena amein atau disentri, atau usus terjepit.
            Mulas ditandai dengan nafsu makan yang berkurang, perut tegang dan kembung, juga nyeri, sering buang air besar, bila si penderita muntah, rasa sakitnya berkurang.
Pengobatan
·        Parutlah satu buah biji mangga dan dituangi dua sendok air panas dan sedikit garam. Diperas dan disaring lalu air perasannya diminum.

Obat infeksi
·        Tampunglah 15 tetes getah mangga lalu diseduhlah dengan ¼ cangkir air panas dan tambahkan satu sendok madu. Diminum selagi hangat dan dilakukan tiga kali sehari.
Aprodisiak
·        5 buah biji nagka (Artocarpus heterophyllus Lamk.) dipanggang, setelah matang dikupas dan dimakan. Lakukan tiap hari untuk meningkatkan potensi seksual anda!
Obat malaria
·        Bebrapa potong akar pohon nagka dicuci lalu ditumbuk. Tidak usah sampai halus. Kemudian dimasak dengan 5 gelas air  hingga tersisa setengahnya. Disaring dan setelah agak dingin ditambahkan madu lalu diminum ¾ gelas. Lakukan 3 kali sehari.

 
Obat amandel
·        Diambil kulit dari buah manggis(Garcinia mangostana L.). Direbus dengan dua gelas minurn air bening. Jika telah mendidih sampai tinggal satu gelas saja barulah diturunkan dari kompor.Air itu disaring lalu diberikan kepada si penderita Untuk dikumurnya. Sehari tiga kali. Tiap kali ia mengumur harus sebanyak satu sendok makan.
mangosteen_open.jpg

Tumbuhan Obat

Followers