Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, August 8, 2012

TEMUHITAM OBAT GATAL-GATAL, BADAN KURUS DAN MALARIA



Oleh Tarmizi, B.Sc
Temu hitam (Curcuma aeroginosae)


Kandungan zat berkhasiatnya
        Rimpang temu hitam disebut dengan simplisia Curcuma aeroginosae rhizoma. zat berkhasiat yang dikandungnya antara lain minyak atsiri, zat pati, damar, dan lemak.
Khasiatnya
        Khasiatnya antara lain mempermudah persalinan, peluruh dahak atau obat batuk, peluruh kentut, dan pembersih darah (Depkes RI, 1985).
          Rasa pahit dalam minyak atsiri rimpang temuhitam inilah yang berkhasiat menanggulangi mogok makan pada anak-anak. Farmakodinamika dari zat ini belum diketahui secara pasti, tapi zat inilah yang merangsang refleks dan sel-sel pencernaan.
          Resep lain yang mencampurkan daun pepaya ke dalam ramuan temuhitam juga merupakan kombinasi yang tepat. Kombinasi antara papayotin yang terdapat dalam daun pepaya dengan zat pahit dalam temu hitam dapat menimbulkan rangsangan pada dinding lambung, sehingga menstimulasi (merangsang) kerja lambung (Drs.Z.Arifin, 1990).

Gatal-gatal
          Rasa gatal merupakan hal biasa yang dapat terjadi pada setiap orang. Gatal ditandai dengan adanya rangsangan saraf tertentu sehingga timbul rasa dan keinginan untuk menggaruk.
          Penyebab gatal antara lain: gigitan seranga, infeksi virus,alergi, dan lain-lain.
Pengobatan:
·        15 gram temu hitam, 15 gram temu kunci, dan 15 gram kunyit dilumatkan, kemudian dioleskan,pada kulit yang gatal. Seluruh tanaman leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal. Kulit labu bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi. Lakukan Secara teratur 2 kali sehari.
Kekurangan Berat Badan/ Kurus
Orang yang disebut kurus biasanya mempunyai berat badan di bawah berat ideal. Pada umumnya badan kurus terjadi karena kurangnya masukan energi dibanding energi yang digunakan oleh tubuh.
Berapa faktor yang menyebabkan seseorang kekurangan berat badan antara lain: keturunan, kelainan metabolisme, penyakit, melakukan diet lemak secara berlebihan, dan lain‑lain.
Pengobatan:
·        15 gram temu. giring, 15 gram lempuyang, 15 gram temu hitam, 15 gram temu kunci, dan asam jawa secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu sampai air rebusannya hangat, lalu diminum (Hembing 2002)
Lakukan secara  teratur 2 kali sehari. Jika telah sampai 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3hari. Sefelah itu, pengobatan dapat ditanjulkan kembali.  
Malaria
Malaria merupakan penyakit mewabah, yang biasanya diawali dengan gejala sakit kepala, lesu diikuti demam tinggi dan menggigil, serta keluar banyak keringat.
Penyebab:
Malaria disebabkan oleh protozoa dari jenis plasmodium lewat perantaraan gigitan nyamuk awpheles sp. Empat jenis plasmodium Penyebab malaria adalah plasitioditaii falcifaritm menyebabkan malaria tropika, plasinodhoit vivax menyebabkan malaria tertiana, palsinodhati ovale menyebabkan malaria ovale, dan plasitiodiuin malariv yang menyebabkan malaria kuartana. Demam dan sakit kepalit yang dirasakan disebabkan oleh darah merah vang pecah setelah parasit menjadi banyak. Pelepasan Protozoa dalam darah ini menyebabkan demam yang terjadi secara periodik.
Pengobatan:
·        1/2 pilah daun pepaya segar dan 15 gram temu hitam (dicuci), ditumbuk hingga halus. Tambahkan I gelas air masak dan garam secukupnya, peras dan ambil airnya, kemudian diminum. Lakukan Secara teratur 2 kali sehari. Selamat mencoba! TMZ 05


Malaria kronis
          Temu hitam 3 jari, batang akar ali-ali 3 jari yang diiris-iris, langkuas merah 1 jari, sidukung anak 3 batang lengkap. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air dan biarkan hingga tersisa 3 gelas. Setelah disaring dan masih hangat diminum ¾ galas, lakukan 3 kali sehari sesudah makan.
Stroke
Stroke terjadi bila pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak tersumbat atau pecah. Selain itu, dapat juga terjadi akibat gangguan sirkulasi pembuluh darah yang mensuplai darah ke otak. Gejala‑gejala umum yang menyertai timbulnya stroke yaitu terjadinya iskemik yang ditandai dengan sakit kepala, hilangnya keseimbangan, gangguan penglihatan, hilangnya kemampuan berbicara, atau hilangnya kemampuan untuk memahami apa yang dikatakan oleh lawan bicara. Jika yang terserang otak sebelah kiri, yang terganggu adalah bagian tubuh sebelah kanan, dan jika yang terserang otak sebelah kanan, yang terganggu adalah bagian tubuh sebelah kiri.
Penyebab:
Faktor‑faktor yang dapat memicu terjadinya stroke adalah: tekanan darah tinggi/hipertensi, diabetes, kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, kolesterol tinggi  keleihan berat badan/obesitas, dan lain‑lain.
Pengobatan:
·        10 gram bawang putih 1/2 buah bawang bonibai, 25 gram temu hitam dan 10 gram bunga mawar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminu I hangat.

Tumbuhan Obat

Followers