Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, August 30, 2012

SAKIT PERUT

BERMACAM SAKIT PERUT DAN OBATNYA
Oleh Tarmizi,, BSc, SPd

Bagian 1
                        Kalau kita kumpulkan semua tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut, tentulah akan ada yang tercecer. Penyakit perut itu sendiri juga banyak pula, macamnya. Misalnya sakit perut karena maag, disentri, melilit, kembung, mencret, kolera, diare dan banyak lagi.
Kolera.
            Penyakit kolera diakibatkan oleh serangan basil Vibrio Cholerae asiatica atau Vibrio komma. Basil ini terutama menyerang usus dan masuk melalui makanan, sehingga menimbulkan keluhan sakit perut, sering kejarg-kejang. Penyakit ini mudah menular melalui alat pencernaan, dan lalat sering menjadi biang tular penyakit ini. Gejala kolera dapat dilihat, yaitu muka pucat dan berat badan semakin kurang.
            Tanda-tanda kolera: mencret dan muntah-muntah, berak bewarna putih seperti air nasi, badan lemah. Obat-obatnya dapat dipilih sesuai dengan bahan yang tersedia sebagai berikut.
            Dua lembar daun jati (Tectona grandis, L) diouci bersih dan diiris-iris. Irisan daun jatin itu diretus dengan air 3 gelas. Didihkan terus hingga tinggal seterigah, setelah dingin d:Lsaring . klinumlah a,ir rebasan ini dua kali seharip tiap kali 3/4 gelas.
            Satu sendok teh arang tempurung (batok) kelapa dicampur dengan serbuk kopi, lalu diseduh dengan air mendidih 3/4 cangkir, Diaduk-aduk dan biarkan agak dingin baru  diminum. Dalam sehari penderita kolera harus minum 3 kali.
            Untuk penyembuhan kolera cukup dengan minum air rebusan akar kecubung. Hal ini disebabkan kandungan alkaloid pada akarnya lebih rendah daripada daun dan bunganya, Alkaloid tersebut adalah atropin, hiosiamin dan skopolamin, Selain memberikan efek menenangkan kejang-kejang, juga  mampu melepaskan senyawa yang beredar dalam tubuh, sebagai penghubungn ujung saraf.
            Sediakan akar kecubung (Datura metel) yang berbanga angu satu, jari dan boleh pula yang berbunga patih. Akar ini dibersihkan dari tanah dan dicuci bersih, dipotong-potong kemudian direbus dengan air bersih 2 gelaso Didihkan terus hingga airnya tinggal separoh, Setelah diangkat dan dingin, disaring lalu diminum dengan takaran 2 sendok makan, lakukan 2 kali sehari. Untuk mengurangi rasa pahitnya, boleh ditambahkan madu murni secukupnya.
Diare.
            Ketiga.zat berkhasiat yang terasa pahit pada keoubumg itu juga bersifat racun bagi basil Vibrio Cholerae asiatica dan Vibrio kommas Tidak tertatup kemungkinan juga racun bag:k bakteri lain. Namun perla diketahail karena bersifat racun, maka penggunaannya harus hati-hati.
            Untuk pengobatan diareplcrukup dengan minum air rebusan akar kecubung seperti cara di atas. Bila direbus bersama jahe (sipadeh), dapat mengobati, asma alias bengek atau sesak nafas.
Obat diare yang lain sebanyak 7-10 biji pepaya (yang hitam dan keras) dicuci bersih lalu dikunyah atau ditelan. Lakukan sekali sehari. Bagi wanita yang memakannya tiap hari, dapat dijadikan obat anti hamil.
            Diare yang disebabkan gangguan pencernaan (bukan karena infeksi kuman patogen atau protozoa), cobalah obati dengan biji kedaung yang mengandung glikosida, damar, tanin, sistin, Tiamin sebagai astringen dalamm biji kedawang mampu menciutkan dinding usus, sehingga menyetop diare jenis ini.
            Biji kedawang disangrai, namun dijaga jangan sampai biji itu menjadi arang. Biji yang hampir hangus ini dikupas kulitnya, lalu dimakan. Boleh dikunyah langsung atau ditumbuk halus dulu, sebelum ditelan sekaligus sebanyak 1 sendok teh.
Untuk mengobati diare akibat infeksi kuman, kulit biji harus ikut dimakan. Ini karena zat glikosid dalam biji kedawung sebenarnya mampu menumpas kuman, hanya terdapat dalam kulit biji.
Kedengkik
            Penyakit ini. biasa menyerang anak-anak dengan tanda-tanda:  berat badan kian lama semakin kurang,(tubuh makin kurus) tinja (berak) keras, buang air besar tidak teratur, mata sayu, perut gembung.
            Obatnya gilinglah 1 genggam daun kemangi atau selasih (Acilmum bacillicum formacitracum Back). Setelah halus diseduh dengan air panas 1 cangkir dan madu 2 sendok makan. Jika sudah suam-suam kuku, jamu ini diminum oleh penderita kedengkik.
Sembelit
            Wortel juga dapat digunakan untuk mengobati semeblit. Dua potong wortel dicuci bersih dan diparut. Tambahkan air masak 2 sendok makan dan garam sedikit ke dalam parutan ini dan diaduk lalu diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum semuanya dan lakukan 3 kali sehari.
Cacing tracina.
            Cacing tracina juga mengakibatkan sakit perut. Tanda-tandanya: Badan penderita lesu, mual, muntah-muntah, kadang-kadang mencret disertai demam, perut dan tenggorokan sakit. Bila sudah mulai parah, kulit badan pecah-pecah dan busung, nafas pendek.
            Kunyahlah 2 siung bawang putihv jika sudah halus, ditelan dan minumlah air hangat segera. Lakukan tiga kali sehari.
Muntah-muntah.
            Sebenarrya muntah-muntah bukanlah penyakit, melainkan gejala suatu penyakit. Gejala ini dapat disebabkan antara lain anak makan terlalu kenyang, zat busuk dalam perut, malaria, demam kuning, cacar air dan penyakit paru-paru.Untuk menghentikan gejala tersebut cobalah ramuan berikut ini.
            Sepotong akar pakis haji (Cicas rumphii Miq) dipotong‑potong dan dimasak dengan air 3 gelas. Bila iarnya airnya sudah tinggal 3/4 bagian saja, segera dinginkan. Setelah disaring diminum bersama madu. Minumlah 3 kali sehari, tiap kali ¾ gelas.
Mulas, sakit perut melilit.
            Untuk ini diperlukan akar puring (Codiaeum variegatum forma) yang berdaun merah dan daun susuru (Euphorbia neriLifolia atau I.antiquorum Q. Puring mengandung tanin yang bersifat astringen (menciutkan) sel-sel dinding usus. Sedangkan susuru mengandung euforbin, gum, resin, euforbon,  eufol, tarakserol, tarakseron, epifridelinol, yang berkhasiat antara lain penyebab muntah dan penurun panas, juga menetralkan rasa pedas akar puring.
            Akar puring 1 jari (6 cm) digerus bersama 3 helai daun susuru. Diperas dan disaring, sarinya diminum. Penderita akan mengalami sedikit diare setelah minum jamu ini, namun bersamaan dengan diarenya, sakit perut yang melilit juga ikut hilang. Daun puring yang bewarna kuning dulu banyak dipakai untuk anak-anak.
            Yang diredakan bukan semua sakitiiperut, tapi hanya nyeri melilit-lilit yang disebabkan oleh reaksi badan (usus itu) mempertahankan diri dari perubahan suhu dan terhadap sesuatu dari luar yang bersifat ancaman.
Mencret
            Sakit perut mencret yang dimaksud di sini disebabkan karena makan berlebihan. Fer3yakit ini sering diderita oleh anak Yang menelan makanan yang sulit dicerna, Tanda-tandanya, sering buang air besar, demam, lidah kering dan berdingin dan bewarna biru.
Mencret jenis ini dapat diobati dengan minum air rebusan sawi (Brassica juncea casa). Caranya: sebatang pohon sawi yang berbunga merah kuning dicuci lalu direbus dengan air bening sebanyak 3 gelas. Jika sudah mendidih dan tinggal setengahnya, diangkat dan dinginkan. Kemudian disaring lain diminum dengan madu. Obat ini diminum, 2 kali sehari, tiap kali ¾ gelas.(Tarmizi, 1995),
Nyeri haid.
            Untuk menghilangkan rasa sakit di perut bagian bawah ketika haid, cobalah ramuan berikut. Selembar daun pepaya (Carica papaya) dibersihkan dan dibuang tulang daunnya. Diremas-remas dalam sedikit air minum hingga keluar klorofilnya yang bewarna hijau. Saring dan remas lagi beberapa kali hingga didapatkan air remasannya satu gelas, minumlah sekaligus dan tahan rasa pahitnya.


Tumbuhan Obat

Followers