Automatic translation of this blog page

Thursday, August 30, 2012

BERMACAM OBAT SAKIT PERUT DARI TUMBUHAN Bagian 2

Oleh Tarmizi, BSc, SPd

Sakit perut pada anak.
            Sakit perut yang dimaksud tanda-tandanya:  tinja (berak) berlendir, buang air besar sering (sampai beberapa kali sehari). Untuk mengobatinya diperlukan 4 macam. tanaman obat.
            Pertama ialah kunyit (Curcuma domestica). Kandungan zat berkhasiatnya adalah minyak atsiri (berisi tumeron, zingiberen, sesquiterpen alkohol), sineol, borneol, kurkumin, desmetoksi kurkmin, bideametoksikurkumin, zat pahit, lemak, harsa. Khasiat rimpang kunyit. Yaitu mempercepat pemasakan (bisul), mempermudah persalinan, obat luka, peluruh kentut, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan.(Depkes RI & PPOM UGM 1983).
            Ketumbar (Coriandrumsativum, L) mengandung minyak atsiri, tanin, lendir, asam malat, vitamin-C. Bijinya berkhasiat pelelap tidur, peluxuh dahak, peluruh haid, peluruh kentut, penambah nafsu makan, penyegar badan. Buahnya untuk obat pereda, pelancar ASI dan pencegah mual.
            Selanjutnya kuli batang pulosari. (Alyxia reinwardtii L BI) yang mengandung alkaloid, tanin, zat pahit, kumarin.
            Khasiatnya untuk peluruh haid, peluruh kentut, penambah bafsu makan, pereda kejang.
            Yang keempat yaitu patikan cina, (Eaphorbia prostrata Ait dan Eaphorbia tymifolia L). Herba ini mengandung saponin, fasin, euporbin, quersetrin, glukosida, apigenin, tarakserol, tirukalol, tanin. Khasiatnya untuk obat cacing, obat luka, pelelap tidur, pencahar, pengelat.
            Caranya: rimpang kunyit sejari dibakar, kulit batang pulosari sejari, ketumbar 7 biji, tanaman patikan cina segar seutuhnya 7 genggam, Semua dicampur dan ditumbuk, ditambah air satu cangkir dan direbus sampai mendidih. Setelah dingin disaring untuk diminum.
            Takaran obat untuk bayi umur 5-7 bulan diberi minum. obat ini 1 sendok teh tiap jam, anak umur l tahun. 2 sendok teh kali sehari, anak usia 2 tahun sendok teh kali sehari, dan untuk anak yang lebih tua 1/3  cangkir 3 kali sehari.
Sakit perut orang dewasa.
            Sakit perut yang dioabti dengan resep berikut untuk sakit perut yang tidak mencret. Untuk ini diperlukan 8 tumbuhan obat untuk ramuang termasuk kunyit dan ketumbar. Nama bahan berikutnya yaitu lempuyang wangi (Zingiber aromaticum), merica bolong, temu. kunci, kayu ules (Helicteres isora L), adas (Foenicuium vulgae Mill), dan daun poko (Mentha arvensis L).
            Daun poko mengandung minyak atsiri (mentol, menton, d-piperiton, limonen, etilamilkarbinolp nomentol). Berkhasiat mengurangi rasa nyeri, peluruh dahak, peluruh kentut, peluruh keringat, penambah nafsun makan, penawar racunq pengelat, pereda kejang. Kulit batang kayu ules mengandung pigmen k1oroplas, asam hidroksikarboksilat, fitosterol, saponin, flobatanin, gula. Akar dan kulit batangnya berkhasiat penambah nafsu makan dan buahnya untuk pelembut kulit. Sedangkan adas mengandang minyak atsiri, minyak lemak, stigmasterin, umbeliferon, gula, Akarnya untuk pencahar; buahLnya antuk pelaruh dahak, pelaruh kentut, penambah nafsu, makan; dan daunnya untuk. pelarut air seni, sedangkan seluruh tanaman untuk pencegah mual.
            Untuk obat sakit perut, caranya s kunyit ½ Jari, lempuyang wangi sejari dibakar, temu kunci. jari dibakar, temu kunci segar jari, kayu  ules 1 potong, adas butir, ketumbar 11 biji, merica bolong 11 biji, daun poko segar 20 lembar, Campuran ditumbuk, tambahkan 2 cangkir air dan didihkan hingga tinggal 1 cangkir, saring. Minumlah jamu  ini ½ cangkir dan lakukan 2 kali sehari,
Cara lain yaitu, : jeruk nipis (Citrus aurantifolia) 1 buah, minyak kayu putih secukupnya dan sedikit kapur sirih. Jeruk nipis dipotong, diperas untuk diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih sama banyak dan beri kapur sirih lalu diaduk hingga jadi semacam buburLumurkan campuran ini pada kulit perut penderita.
Perut kembung.
            Sakit perut yang dimaksad di sini.adalah kembung dengan tinja yang didahului darah dan lendir. Sebaiknya penderita langsung dibawa ke Puskesmas. Jika belum memungkinkan karena jauh atau. tak ada alat angkutan,, cobalah ramuan berikut.
            Gambir 1 kubus kecil (2 irisan bulat), kunyit ½ jari. Kunyit diiris-irin tipis dan tambabkan gambir lalu, direbus dengan air 1 gelas. Biarkan mendidih hingga tinggal 1/3 gelas. Air rebusan diminum 5 sendok makan, 3 kali sehari. Jika sakit mulai berkurang,, minumlah ramuan ini 2 kali sehari dengan takaran yang sama (5 sendok makan). Penderita harus tidur  perut dikompres dengan air panas, dan berikan makan bubur.
Perut kembung dengan tinja  diikuti darah dan lendir.
            Sementara menunggu, ke puskesmass tolonglah penderita dengan ramuan berikate Tepung garut (arairut) 1 sendok teh, gambir 1 kubus keoil dan air 2 cangkir, Gambir direbus dan biarkan airnya tinggal secangkir. Tambahkan tepung garutv aduk dan panaskan teras hingga jadi bubur. Ramuan ini diminum dengan takaran cangkir. Penderita harus istirahat dan diberi makan babur.
Anak sakit perut menjerit-jerit menahan sakit.
            Segera cari sesiung bawang putih (Alium  sativum) digiling bersama sedikit minyak tanah, Bawang berminyak yang telah lumat ini clibarutkan pada kulit perut si anak.
Mencret tak tahu sebab
            Untuk mengobati mencret yang tidak diketahui penyebabnya cobalah daun jambu biji (Psidiumguajava L). Daun ini mengandung minyak atsiri, zat samak, triterpenoid, tanin, resin. Khasiatnya untuk obat luka, Mempermudah persalinan, peluruh haid, pengelat, penghenti perdarahan.
            Caranya, sediakan daun muda jambu biji 3 lembar dan garam secukupnya. Bersihkan dan kunyah  daun ini oleh penderita bersama sedikit garam kemudian. ditelan. Dapat pula dengan cara menumbuk daun tersebut dan diberi air masak j cangkirg diperas lalu. diminume Lakukan hal yang sama 2 kali sehari.
Mulas (kolik)
            Jamu. untuk obat mulas dapat disediakan dengan cara berikut. Delapan biji kedawung (Parkia roxbarghii G.Don) disangrai (goreng tanpa minyak) hingga hangus kemudian digiling sampai halus. Serbuk ini diseduh dengan air panas sebanyak ½ cangkir dan madu satu sendok makan. Jika telah suam-suam kuku, baru diminum. Lakukan 2 kali sehari. Bagi para ibu yang sedang menyusui, seduhlah satu sendok teh serbuk ini, cukap 2 kali sehari. Khasiatnya, perut bayi yang sedang disusui dapat terhindar dari sakit kembung.
Disentri
            Untuk ini, dua lembar daun muda pepaya bersama bubuk kopi satu sendok the direbus dengan satuliter (4 gelas ) air hingga mendidih. Air rebusan disaring dan diminum. secangkir tiap hari.
            Cara lain: 1 siung bawang putih ditumbuk halus, dicampur dengan air gula, diminum 3 kali sehari. Boleh juga 1 siung (5 gram) bawang putih dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih 10-15 menit, dinginkan dan minum.
Sembelit.
            Sembelit atau. susah buang air besar biasanya disertai perut-kembungg terasa panas karena ada angin terkepung dan kadang kala disertai demam. Untuk obatnya cobalah ramuan berikut.
            Selembar daun pepaya direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Didihkan terus hingga tinggal segelas. Disaring dan diminum setelah dingin.
            Cara lain: sepotong kunyit 8 cm, 3 potong gula enau masing-masing 6 cm, 2 potong buah trengguli, 3 potong asam jawa tanpa biji direbus dengan air 3 gelas. Didihkan terus hingga airnya tinggal 3/4 bagian, angkat dan dinginkan. Setelah disaring baru. Dininum 3 kali seharig, tiap kali ¾ gelas. Jika bahan-bahan tersebut tidak tersedia, boleh juga kunyit saja.
            Caranya, sepotong kunyit 4 cm diparut. Parutan ini dicampur dengan air masak 1 sendok makan dan beri sedikit garam. Airnya diperas lalu diminum, lakukan 3 kali sehari.
Masuk angin
            Untuk obat masuk angin cobalah ambil daun muda mengkudu (Norinda citrifolia), digosok dengan minyak kemudian diPanggang di atas bara selama 2 menit. Dalam keadaan hangat, daun itu ditempelkan pada perut. Lakukan Sekali sehari
Tarmizi, BSc,SPd
Referensi
Tarmizi, "Kandungan dan.Khasiat Bawang putih," (Tabloid Ganto)No.30.94.

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers