Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, March 29, 2012

Temulawak sebagai obat penambah nafsu makan, malaria, kencing berdarah, danradang ginjal
oleh Tarmizi, B.Sc

Khasiat temulawak
          Temulawak dapat digunakan dalam keadaan segar maupun kering. Yang lebih banyak mengandung zat berkhasiat ialah empu atau rimpang induknya yang bulat menyerupai bola pimpong. Jika menggunakan rimpang dalam keadaan kering, pilihlah yang tidak berjamur. Jamur pada rimpang sangat berbahaya bagi hati (lever).
           Penggunaan temulawak terus-menerus dapat menggangu fungsi lambung dan ginjal. Secara umum temulawak berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, memperbaiki atau memperkuat fungsi hati, menambah darah, mengobati cacar air, mengobati malaria, mengurangi jerawat, juga baik untuk memperbaiki semua gangguan pada sistem dan organ pencernaan, dapat mencegah pembentukan batu empedu, menurunkan SGPT (serum glumatik pyruvic transaminase) SGOT (serum oxalacetic pyruvic transaminase), yaitu enzim yang memberikan indikasi terhadap fungsi lever.
          Selain DEPKES, bebrapa Universitas juga melakukan penelitian. Dari hasil analisis kimiawi diketahui bahwa rimpang temulawak tersusun atas komponen utama berupa pati, (48,18-59,64%), abu 5, 26-7,07%), serat (2,58-4,83%), zat kuning atau kurkumin (1,6-2,2%), serta minyak atsiri yang terdiri atas pelandren, kamfer, turmerol, borneol, sineol, dan xantorrizol (1,48-1,63%).
Cara menggunakan temulawak
           Bila temulawak direbus, harus dikupas dan dicuci bersih terlebih dulu, apinya kecil dan jangan memakai panci aluminium.
1. Penambah nafsu makan
·         Rebuslah 5-7 iris temulawakdengan 3 gelas air, biarkan medidih hingga airnya tinggal 1/2 bagian. Bila perlu tambahkan madu 1 sendok makan atau gula enau secukupnya sebelum disaring. Minumlah 3/4 gelas, lakukan 2 kali sehari.ramuan itu juga berlaku untuk melancarkan buang air besar, melancarkan ASI, mencegah tertular cacar air, dan menambah tenaga.
Malaria kronis
·         Temu lawak sebesar telur itik, kulit pohon pulai 3 jari yang diiris-iris, bidara laut yang dihaluskan, daun empedu tanah segar 11 lembar. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air dan biarkan hingga tersisa 3 gelas. Setelah disaring dan masih hangat diminum ¾ galas, lakukan 3 kali sehari sesudah makan.
Kencing darah
·         Rimpang temulawak sejari (8cm) dipotong-potong dan direbus dengan 5 gelas air, hingga tinggal setengahnya. Setelah disaring ditambahkan madu dan diminum selagi hangat. Minumlah 3 kali sehari, tiap minum ¾ gelas.
Radang ginjal


·         Rimpang temulawak sekelingking (6cm) dipotong-potong dan direbus dengan 4 gelas air, hingga tinggal setengahnya. Setelah disaring ditambahkan madu dan diminum selagi hangat. Minumlah 3 kali sehari, tiap minum ¾ gelas (H Cir, 1982).

Tumbuhan Obat

Followers