Automatic translation of this blog page

Senin, 05 Maret 2012

ANEKA TUMBUHAN OBAT TEKANAN DARAH TINGGI



Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd


Seseorang dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi bila tekanan darahnya di atas 140-159 mm Hg sistolik dan 60-90 mm Hg diastolik. Gejala umum tekanan darah tinggi adalah pusing, muka merah, sakit kepala, mimisan, tengkuk terasa pegal, dan lain-lain.
Penyebab:
Tekanan darah tinggi erat hubungannya dengan gaya hidup, terutarna gaya hidup yang berhubungan dengan emosi negatif. Emosi. akan menyebabkan energi terkuras, gerakan jantung menjadi cepat, dan tekanan darah menjadi tinggi. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi, antara lain: makanan yang tinggi kadar lemak dan garam, stres, obesitas, kebiasaan merokok, kurang bergerak, keturunan, dan lain-lain.
Menurut departemen kesehatan dalam buku tanaman obat keluarga edisi III, disebutkan daun alpokad dapat digunakan untuk mengobati sariawan mulut, kencing batu, dan juga berfungsi diuretic. Tak jarang pula masyarakat menggunakan air remasan daunnya untuk penurun tensi.
Rambut jagung biasanya digunakan untuk obat hipertensi dalam bentuk air rebusan. Jika penderita hipertensi minum air rebusan rambut jagung tiap hari tiga kali, dalam masa 2 bulan Insya Allah tekanan darah penderita akan turun sekitar 30 mm Hg. Menurut hasil penelitian Styles dan Ceska, yang diduga sebagai faktor penurun tekanan darah dalam rambut jagung adalah kelompok senyawa falavanoid jenis gingketin.
Pengobatan Hipertensi :


    •   Dua buah belimbing manis yang telah masak dimakan sesudah makan, lakukan pagi dan sore.

    •            Buah anggur juga dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi. Caranya dengan  menyediakan 1 ons anggur dan 1 ons seledri, kemudian  dijus dan diminum.


    •    Sediakan dua buah mengkudu Cuci dan parut, peras dan saring airnya. Minumlah dua kali sehari.

    •   Dua lembar daun dewa direbus dengan 2 gelas air. Biarkan terus mendidih hingga air rebusannya tinggal satu gelas. Air rebusan itu kemudian diaring dan diminum. Lakukan secara teratur 2 x sehari, tiap kali minum 1 gelas.
     
    •    Satu genggam jamur kuping putih (Tremella fuciformis) disiram -3 kali, agar bersih dari pasir. Slanjutnya jamur itu ditim  bersama 3 gelas air, sampai airnya tinggal kira-kira 2 gelas. Rebusannya – air bersama ampasnya – lalu diminum setiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas. Rasanya memang hambar saja. Selama minum rebusan jamur dianjurkan tidak minum obat apapun, juga tidak melakukan diet. Lakukan secara rutin sampai Anda rasakan penurunan tensi yang berarti (pengalaman hartono S & Ny. Sugiarto, Trubus 247 1990).
     
    •   100 gram seledri dijus, tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.

    •  Bawang putih dan bawang bombai secukupiiya direbus, kemudian airnya diminurn selagi hangat.

    •  Ketimun secukupnya dijus hingga tertampung 200 cc, lalu diminum.

    •     30 gram rambut jagung direbus dengan 600 cc air hingga-tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

    •    2 buah belimbing manis dijus lalu diminum.

    •    1 buah apel, 1 lobak yang kecil, air perasan yang dianibil dari  75 gram seledri, ½ buah jeruk keprok, dan gula pasir secukupnya dijus kemudian diminum.

    •    200 gram biji teratai direbus dengan ½ liter (500 cc) air sampai matang. 1 buah kesemek diiris-iris lalu dimasukkan ke dalam rebusan biji teratai, didihkan terus sampai airnya tinggal 400 cc.

    •    2 siung bawang putih dikupas kulitnya lalu ditelan, disusul minum air masak yang hangat 1 cangkir. Lakukan 3 kali sehari.
     
    •     2 buah mengkudu yang telah masak dicuci bersih lalu diparut. Peras dan saring airnya lalu diminum. Jika tak tahan baunya, ketika meminumnya hidung ditutup.

    •   ¼ genggam meniran (sidukung anak) ditumbuk atau digiling halus. Tambahkan ½ cangkir air matang. Diperas dan disaring, minumlah sekali habis.lakukan 2 x sehari. Pemakaian meniran berlebihan dapat menyebabkan lemah sahwat atau impotensi. Tetapi ramuan ini untuk penderita hipertensi disertai pembengkakan pada kaki, begitu juga bagi penderita batu ginjal.

    •     20 kuntum bunga jeruk nipis (asam kapeh Minang), jeruk nipis 2 buah, daun jeruk nipis 30 helai. Semua bahan dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 2 ¼ gelas. Setelah ding disaring dan dibagi tiga. Minumlah 3 x sehari dan tambahkan sedikit madu.

    •    20 helai daun pegagan (pegago Minang) atau dan kaki kuda, dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 2 ¼ gelas. Setelah ding disaring dan dibagi tiga. Minumlah 3 x sehari dan tambahkan sedikit madu.


    •   Dua buah belimbing manis yang telah masak dimakan sesudah makan, lakukan pagi dan sore.
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari. Selamat mencoba semoga sembuh! (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/Universitas Negeri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Universitas Negeri Padang, Padang Ekspress

Loading...