Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, March 13, 2012

Biang Keringat (Miliaria)


biang keringat


          Gejala biang keringat adalah timbulnya. Bintik-bintik putih dan merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal, terutama di dada, di leher, dan di punggung yang tertutup pakaian.
Biang Keringat
lihat juga  http://medicastore.com/penyakit/811/Biang_Keringat.html
Penyebab:






          Biang keringat merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat yang akan bertambah parah dengan banyaknya keringat karena. udara yang panas dan lembap.
DEFINISI
Biang Keringat adalah suatu ruam kulit yang menyebabkan gatal-gatal.

Paling sering ditemukan pada anak-anak, tetapi bisa menyerang usia berapapun.
Bagian tubuh yang sering membentuk biang keringat adalah batang tubuh dan paha.
PENYEBAB
Penyebab biang keringat adalah penyumbatan pada pori-pori yang berasal dari kelenjar keringat.
Pada saat cuaca panas tubuh mengeluarkan keringat, tetapi karena adanya penyumbatan maka keringat tertahan di dalam kulit dan menyebabkan terbentuknya benjolan kecil berwarna merah.
GEJALA
Jika saluran kelenjar keringat tersumbat, maka keringat yang tertahan menyebabkan terjadinya peradangan, yang selanjutnya akan menimbulkan iritasi dan gatal-gatal.

Biang keringat biasanya tampak sebagai lepuhan yang sangat kecil atau benjolan kemerahan yang sangat kecil di kulit.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
PENGOBATAN
Masalah yang timbul akibat biang keringat dapat diatasi dengan mengurangi pembentukan keringat.
Usahakan agar kulit tetap kering dan dingin, dan yang terpenting adalah menghindari keadaan yang dapat meningkatkan pembentukan keringat.

Bisa juga digunakan lotion yang mengandung corticosteroid atau kadang ditambahkan sedikit mentol.
PENCEGAHAN
Untuk membantu melindungi diri sendiri atau anak Anda dari biang keringat:

  1. Pada musim panas, gunakan pakaian dalam lembut, ringan, pakaian katun. Dan hindari berpakaian terlalu hangat di musim dingin - anak-anak harus memakai jumlah yang sama pakaian yang dipakai orang dewasa untuk tetap nyaman.
  2. Hindari pakaian ketat yang dapat mengiritasi kulit.
  3. Ketika panas, tinggal di tempat teduh atau ber-AC atau tempatkan kipas pada jarak yang aman dengan sirkulasi udara lembut.
  4. Jaga area tidur Anda sejuk dan memiliki ventilasi yang baik.
  5. Mandi dengan air dingin dengan sabun yang tidak membuat kering yang tidak mengandung wewangian atau pewarna.
  6. Hindari penggunaan krim atau minyak - mereka tidak mencegah biang keringat dan dapat menghalangi pori-pori.

Pengobatan:





krokot segar 30 gram direbus dengan 600 cc air hingga tersisa  300 cc. Iunggu airnya menjadi hangat lalu diminum.

kacang hijau 100 gram ditumbuk halus hingga menjadi bubuk, lalu diseduh dengan air mendidih. Tunggu sampai airnya hangat lalu diminum.

Buah ketimun secukupnya dijus lalu tambahkan bedak beras dingin, diaduk hingga rata, kemudian dioleskan pada kulit yang terkena biang keringat.
Pilih satu resep dan lakukan secara  teratur 2 kali sehari
Baca juga
Kulit Semangka Dapat Sembuhkan Biang Keringat



Ditulis oleh Epoch Times Minggu, 13 September 2009


alt
(meishi.net)
Musim panas pada hari-hari yang amat panas ini, biang keringat adalah penyakit kulit yang sering terjadi pada buah hati Anda, cara apapun telah dicoba mungkin masih belum berhasil. Cobalah gosokkan kulit semangka untuk mengatasi biang keringat.
Pengobatan sinshe berpendapat pada waktu puncak musim panas, cuaca panas mengandung lembab, terpendam pada kulit tubuh, mengakibatkan pori-pori tersumbat dan terjadilah biang keringat. 
Kulit semangka mempunyai efek menghilangkan panas, membersihkan racun, dan menghilangkan lembab, maka  biarpun sebagai obat minum atau obat luar, untuk pengobatan dan pencegahan terhadap biang keringat sama-sama akan berhasil.
Ambil beberapa potong kulit semangka (kulit hijau yang keras dibuang), setelah dicuci bersih dihancurkan sehingga menjadi cair. Oleskan pada tubuh dan didiamkan selama 5-6 menit kemudian bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan langsung menggosokkan secara perlahan pada kulit selama 10 menit, kemudian bilas dengan air, setiap hari 1 kali.
Cobalah untuk mempertahankan menggunakannya selama musim panas. Hal ini tidak hanya dapat mengobati dan mencegah biang keringat, menghindari atau menghilangkan gatal-gatal pada kulit, namun juga dapat menjadikan kulit licin mengilat.
Selain digosokkan, masih juga dapat merebus sejumlah kulit semangka untuk mandi dalam bak, setiap hari 2 kali, setiap kali selama 20 menit, berturut-turut beberapa hari, biang keringat juga akan hilang. (Meishi/Dajiyuan/wcn)

Tumbuhan Obat

Followers