Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, November 8, 2011

Rematik

SEPUTAR MITOS DAN FAKTA PENYAKIT REMATIK

Rematik merupakan penyakit yang menyerang tulang dan persendian serta menimbulkan rasa nyerf. Biasanya rasa nyen ini disertai peradangan berupa pembengkakan dan suhu tubuh yang tinggi.
   Gejala yang sering kali menyertai rematik adalah rasa lelah, letih, lemah, kaku pada persendian, ketegangan pada otot‑otot, dan lain‑lain. Penderita rematik akan mengalami gangguan­gangguan seperti susah berjalan, tidak dapat memegang gelas, susah membalikkan badan, susah menyisir rambut, dan sebagainya.
Penyebab:
Rematik dapat merupakan manifestasi dari stres. Saat stress otot‑otot tertentu akan mengalami ketegangan. Jika ketegangan berlangsung terus‑menerus, akan menyebabkan timbulnya serat‑serat jaringan pengikat di antara serat‑serat otot.
Hal lain yang dapat memicu timbulnya rematik adalah pekerjaan yang terlalu memberatkan salah satu organ tubuh atau aliran darah yang kurang lancar. Darah yang terlalu banyak dibebani dengan sisa‑sisa buangan menyebabkan prosentase oksigen dan unsur lainnya menjadi kecil. Dalam. keadaan seperti ini, otak dan sel saraf tidak memiliki kekuatan sebagaimana semestinya. Zat‑zat polutan dari udara seperti timah hitam, merkuri, dan lain‑lain juga dapat memicu timbulnya rematik.
Pengobatan:
1.   akar sawi tanah 15 gram direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
2.   daun dewa segar 30‑ gram direbus kemudian ditumbuk dan diperas, kemudian airnya diminum.
3.   akar tanaman pacar air segar 15 gram, 15 gram akar sawi langit, dan 15 gram jahe merah direbus, dengan air secukupnya, kemudian airnya diminum selagi hangat.
4.   daun cocor bebek 4 lembar, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari.kayu manis, dan 15 gram jahe merah direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
5.   kencur 25 gram, 25 gram temu lawak, 15 gram jahe merah, 5 gram adas, dan 60 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusannya diminum selagi hangat dan lidah buayanya dimakan.
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Tumbuhan Obat

Followers