Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, November 8, 2011

Jambu monyet sebagai obat sariawan, nyeri sendi, hipertensi dan diabetes


Oleh Tarmizi, B.Sc. S.Pd

            Jambu monyet atau jambu mete  (Anacardium occidentale) lebih terkenal  sebagai pohon penghasil buah yang rasanya masam manis menyegarkan. Pohon yang berasal dari Asia Selatan ini teorsebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia,  terutama  dinegara‑negara beriklim tropis.
     Daun jambu mete yang biasa dilalap Ini terayata berkhasiat obat.Pusat  penelitian 0bat tradisional UGM membuktikannya antara lain sebagagai obat nyeri sendi dan tekanan darah tinggi.
            Selain jambu monyet,  juga disebut sebagai jambu erang jambu monyet dan gaju oleh orang Sumetra, sementara diJawa disebut jambu mede, jambu mete, jhambu monyet dan Jambu siki. Orang Kalimantan menamakan Jambu dipa, jambu gajus, jambu monyet, jambu parang, jambu serang, janggus, gajus dan Jambu sempal.  di Nusatenggara disebut jambu jipang, jambu nyebet, buawah monyet, jambu dwipa, nyambu monyret, dan nyambu nyebet. Di  Maluku sebagai buwa yakis, buwa jaki, kanoke dan masapana.
     Daun jambu monyet dikenal para peracik jamu sebagi Ancardii folium. Kandungan kimianya antara lain anakardik, kardol,zat  samak, asam galat, gingkol, minyak lemak, protein, katekin, sitosterin, sianidin.
     Biji jambu monyet berkhasiat untuk pelembut kulit (emolien). Kulut batangnya untuk memacu enzim pencernaan dan pencahar. Minyak bijinya untuk
ruam kulit. Bijinya untuk pelembut kulit, kulit batang untuk memacu enzim pencernaan. Tangkai daun unstuk pengelat serta  perikarp sebagai racun.
     Nenek moyang kita mengenal daun jambu monyet sebagai obat sariawan. Daun yang masih muda mengandung tannin. tanin ini bersilat astringen (pengelat), menciutkan sel-sel selaput rongga mulut sehingga merapat. Dan Karena luka tidak menganga lagi, rasa nyeri dari sariawan itu hilang.
Obat sariawan
     Sediakan segenggam daun muda jambu mete lalu direbus dalam 5 gelas air. Setelah disaring air rebusan ini dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3 kali sehari.  Kono daun yang tua juga sangat baik untuk ruam kulit setelah dicampur dengan daun ayer, dan dilumatkan dengan kapur.
Nyeri sendi
     Nyeri sendi ialah penyakit yang menyerang persendiaan, otot-otot dan jaringan tubuh lainnya. sampai kini biang keladi penyakit itu belum diketahui.
     Hanya diduga ada hubungannya dengan penyakit kurang darah, masa mengandung, selesma dan rudapaksa ringan.  Karena penyebab myeri sendi belum diketahu secara pasti, maka pengobatan dengan obat-obat modern tidak mudah. Itulah kebiasaan masyarakat dalam memakai obat tradisional  PPOT moncoba pada 20 pasien nyeri sendi.
     Daun muda jambu mete diperas dan kemudian diuapkan pada suhn tertentu, sehingga ekstrak daun Jambu mete dapat dikemas daIam kapsul. Air rebusanya sangat sepat. Kapsul berisi ekstrak daun jantm mote its dimimuskan pada peadorita dengam doxis 3 x 1 hari selama dua minggu.
Setelah diuji terayata
tolerabilitasnya baik Sekali. Orang yang minum jamu itu tidak muntah-muntah. "hasilnya mberi harapan yang baik" papar Suwijoyo, ketua PPOT. Artinya daun jambu mete positif untuk mengobati myeri sendi alias encok atau untuk Obat rematik.
Meskipun pene1itian dilakukan dalam bentuk kapsul, namun pongobatannya juga dapat dilakukan secara tradisional.
Caranya ialah 1 genggam daun muda, SaIdm note dilumatkaa dan kemudian diperas setelah direbus dengan segelas air  Atau setelah dilumatkan ditambahkan air masak 1 gelas gotolah diperas ainya, minum 1 x kali sehari. Pada umumanya perlu waktu 1 minggu atau 2 minggu sampai penyakitnya hilang.
Obat hipetensi
     Tekanana darah tinggi sebenarnya itu bukan penyakit, tapi merupakan gejala dari suatu penyimpangan dalam tubuh. Penyebabaya beragam. yang jelas tekanan darah tinggi ini bisa merembet ke pembuluh darah otak, penyakit jantung dan ginjal.
Air rebusan atau. poramas daun Jambu itu akan mendorong lancarnya buang air kecil (diuretik).  Dengan lancarnya buang air kecil, maka tekanan  darah akan turun. Cara pemakaianya sama seperti untuk mengobati nyeri sendi.

Obat diabetes mellitus
kulit batang jambu mete yang mengandung tanin berupa asam gallat  yang pada zaman kolonial dipakai sebagai obat diabetes insipidus sejenis diabetes yang tidak ada hubungannya dengan penyakit gula (Tarmizi).

Tumbuhan Obat

Followers