Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, November 8, 2011

Pemanfaatan Kacang Panjang dan Kacang Hijau sebagai Obat


Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd

     Siapa sangka makanan yang enak bisa jadi obat? Memang kebanyakan obat tidak enak untuk diminum atau dimakan. Ada yang baunya tidak kita sukai, ada pula yang rasanya tidak enak dan bahkan pahit.
     Ternyata kacang panjang dan kacang hijau yang biasa dikonsumsi sebagai sayur atau bahan makanan, rasanya enak dan disuaki semua orang, dapat dijadikan obat untuk penyakit tertentu.
Kacang panjang obat anemia, diabetes dan sengatan hewan berbisa. Sementara itu
kacang hijau obat biang keringat, pelancar ASI, jamu bugar, busung lapar, dan demam nifas

Kacang panjang Obat Anemia
     Anemia atau kurang darah merupakan suatu keadaan kekurangan sel-sel darah merah atau merupakan gangguan dalam hal kemampuannya mengangkut oksigen. Gangguan ini ditandai rasa lemas, pusing, mata berkunang-kunang, dan wajah pucat. Pada keadaan yang sangat parah, kekurangan darah dapat mengganggu pekerjaan jantung.
Penyebab:
     Anemia dapat disebabkan oleh pengkonsumsian makanan yang kurang mengandung zat gizi, gangguan menstruasi, keadaan apa pun yang menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah banyak (misalnya: luka parah, bersalin), atau akibat adanya penyakit tertentu (misalnya: malaria, TBC menahun, dan sebagainya).
Faktor berikut ini, baik sendiri mauPun bersama-sama, dapat mengakibatkan anemia: Kehilangan sel darah merah dalarn jumlah banyak. Kerusakan sel darah merah. Kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah. Kegagalan sumsum tulang dalam mambuat sel darah merah dalam jumlah yang memadai.
Pengobatan:
·       25 gram kacang panjang, 26 gram bayam duri, 25 gram daun singkong, 25 gram daun papaya muda, garam sedikit. Semua bahan direbus dan boleh dimakan bersama nasi. Lakukan tiap hari.
Obat sengatan hewan berbisa
Bila anda digigit serangga berbisa atau kala dan lipan, ambillah biji kacang panjang yang tua dan masih segar. Potong dan tempelkan di tempat sengatan/gigitan. Biarkan biji itu lengket sampai ia habis menghisap bisa dan jatuh sendiri. Kalau perlu tempelkan lagi yang baru.
Obat diabetes
     Sediakan 30 buah kacang panjang yang ukurannya seragam, yang belum tua. Semuanya dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air sampai empuk. Minumlah air rebusannya setiap hari. Resep ini penulis dapatkan dari sikerei (dukun) Mentawai pada tahun 2004.
Kacang hijau
Biang Keringat (Miliaria)
     Gejala biang keringat adalah timbulnya. Bintik-bintik putih dan merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal, terutama di dada, di leher, dan di punggung yang tertutup pakaian.
Penyebab:
     Biang keringat merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat yang akan bertambah parah dengan banyaknya keringat karena. udara yang panas dan lembap.
Pengobatan:
·         100 gram kacang hijau ditumbuk halus hingga menjadi bubuk, lalu diseduh dengan air mendidih. Tunggu sampai airnya hangat lalu diminum. lakukan Secara teratur 2 kali  sehari.
Sayur bening pelancar ASI
Sediakan bahan berikut: kacang hijau, wortel, daun katu, kencur, bawang merah, daun salam, garam, lengkuas, gula merah.
Semua diukur sesuai kebutuhan. Kencur, bawang merah, lengkuas, bawang putih gula merah dihaluskan.  Mula-mula kacang hijau direbus sampai empuk. Masukkan bumbu yang sudah halus tadi dan masukkan pula daun katu. Masaklah seperti sayur bening.
Jamu bugar
     Dengan minum ramuan ini diharapkan anda menjadi lebih sehat, baik sekali untuk menurunkan panas dalam, melancarkan buang air kecil, menurunkan tekanan darah, disentri, tbc dan penyakit ginjal.
     Sediadan 30 gram kacang hijau, 30 gram daun sendok, madu secukupnya. Kacang hijau dan daun sendok dimasak dengan 400 cc air (2 gelas) dalam periuk tanah hingga matang. Tambahkan madu lalu diaduk dan siap untuk diminum selagi hangat
Busung lapar
     Busung lapar adalah penyakit jaringan kulit yang membengkak berisi air, yang disebabkan kekurangan protein tertentu. Di daerah yang penduduknya sepanjang tahun hanya makan umbi atau bahan yang terbuat dari umbi, seringkali terjangkit busung lapar.
     Gejala umum: badan terasa lemah, nafsu makan berkurang, kurang gairah kerja, seluruh kulit tampak pucat, retak-retak dengan noda hitam yang mudah terluka. Tangan dan kaki sering terasa kesemutan, perut membuncit, bengkak pada seluruh tubuh.
Pengobatan:
     Setengah mangkok kacang hijau atau kedelai dicuci bersih lalu direbus dengan 1 liter air. Biarklan mendidih hinggal airnya tinggal ¾  liter. Stelah dingin diminum 1 gelas. Lakukan 2 kali sehari.
Demam nifas
     Biasanya demam nifas dialami ibu-ibu yang baru sudah melahirkan yang berlangsung 3-4 hari.
Pengobatan:
     Kacang hijau 2 cangkir direbus hingga matang, tambahkan santan kental 4 gelas dan gula merah 4 jari. Biarkan kira-kira 15 menit lau diangkat. Setelah dingin bubur ini dimakan. Lakukan 3 kali sehari.
Kejang jantung
     Penyakit ini disebabkan kekurangan zat asam di dalam tubuh. Juga bisa disebabkan Karena terlalu terharu, perasaan terguncang tiba-tiba, pencernaan kurang baik dan terlalu banyak bekerja. Pembuluh darah yang menuju jantung mengeras.
     Tanda-tandanya: jantung nyeri dan kejang, dada sesak secara tiba-tiba, pungung dan bahu serta lengan kejang dan nyeri, muka pucat, kaki terasa dingin.
·         Kacang hijau atau kedelai (Glycine soja SieB et Zucc) tiga cangkir dicuci. Direbus dengan 2 gelas iar hingga tersisa 3/4 bagin (1 ½ gelas). Disaring dan dibagi dua, lalu diminum ¾ gelas. Lakukan 2 kali sehari.Selamat mencoba!
(Tarmizi , B.Sc, S.Pd/Universitas Negeri Padang )

BERITA DAN WACANA

Loading...

Tumbuhan Obat

Followers