Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, November 1, 2011

Kurang Darah (Anemia)


Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.
Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.
Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh .
Anemia merupakan suatu keadaan Kekurangan sel‑sel darah merah atau merupakan gangguan dalam hal kemampuannya mengangkut oksigen. Gangguan ini ditandai rasa lemas, pusing, mata berkunang‑kunang, dan Nvajah pucat. Pada keadaan yang sangat parah, kekurangan darah dapat mengganggu pekerjaan jantung.
Penyebab Anemia
Anemia dapat disebabkan oleh pengkonsumsian makanan yang kurang mengandung zat gizi, gangguan menstruasi, keadaan apa pun yang menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah banyak (misalnya: luka parah, bersalin), atau akibat adanya penyakit tertentu (misalnya: malaria, TBC menahun, dan sebagainya).
Faktor berikut ini, baik sendiri maupun bersama‑sama, dapat mengakibatkan anemia:
·        Kehilangan sel darah merah dalam jumlah banyak.
·        Kerusakan sel darah merah.
·        Kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah.
·        Kegagalan sum-sum tulang dalam mambuat sel darah merah dalam jumlah yang memadai.

Gejala Anemia
Gejala-gejala yang disebabkan oleh pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhan ini, bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Diagnosa Anemia
Pemeriksaan darah sederhana bisa menentukan adanya anemia. Persentase sel darah merah dalam volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobin dalam suatu contoh darah bisa ditentukan. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit (CBC).

Pengobatan
1.   daun bayam merah 60 gram direbus dengan air secukupnya, tambahkan 1 kuning telur ayam kampung kemudian dimakan.
2.   Hati ayam secukupnya dan 10 butir angco direbus/ditim kemudian dimakan.
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.


Makanan sehat yang jarang kita makan

 Dr. Jonny Bowden adalah penulis buku "The 150 Healthiest Foods on Earth" atau "150 Makanan Tersehat di Bumi. Dia telah menyusun daftar makanan sehat yang seharusnya disantap tapi kerap dilupakan orang.

Beberapa makanan dalam daftarnya memang kerap disantap orang, seperti jambu, tapi di luar itu, daftar makanan sehat yang lainnya cenderung diabaikan banyak orang.

Berikut beberapa saran dan tips Bowden tentang makanan sehat.

1. Bits




Kalau tidak mengenal dengan makanan ini, coba dengan bayam merah. Pada sayuran ini terdapat sumber asam folat dan pigmen merah yang baik untuk melawan kanker. Ingin menyantapnya ? coba sebagai lalapan atau buat salad, karena jika dimasak dapat menurunkan kekuatan antioksidannya.



2. Kubis.





Mengandung banyak nutrisi seperti sulforaphane. Menurut Bowden, bahan kimia yang dihasilkannya itu bisa menghasilkan enzim penghasil kanker.


Orang Indonesia kerap menghindari konsumsi kol karena takut penyerapan yodium ke dalam tubuh terhambat oleh sayuran ini. Namun, memakan kol dalam jumlah memadai bisa bermanfaat untuk perang melawan kanker.


Saran untuk menyantapnya coba diiris-iris saat mentah atau menjadi taburan dalam burger atau sandwich.


3. Lobak Swiss.





Lobak mengandung karotenoid yang bisa melindungi penuaan mata. Jika ingin maksimal, coba santap dengan cara memotong-motong kecil-kecil lalu menumisnya dengan minyak zaitun.


4. Kayu manis.





Berfungsi dapat mengontrol gula darah dan kolesterol. Saran untuk mengkonsumsinya bubuhkan dalam minuman atau masakan. Kolak Padang biasa memakai kayu manis. Nasi kebuli Arab kadang juga memakai kayu manis.


5. Jus delima.





Berfungsi dapat menurunkan tekanan darah dan kaya dengan antioksidan. Agar lebih bermanfaat coba dibuat jus selain tidak banyak vitamin yang terbuang, kesegarannya pun dapat dirasakan.


6. Plum kering.





Buah ini mengandung antioksidan sehingga tak boleh diabaikan. Biasa dikonsumsi sebagai bahan tambahan dalam kue.


7. Biji labu.





Bagian yang cenderung kerap dibuang ini ternyata mengandung banyak magnesium, mineral yang yang bila kadarnya cukup akan membuat risiko kematian dini berkurang.


Selain biasa dikonsumsi dalam bentuk kuaci, juga dapat ditaburkan pada salad.


10. Bluberry beku.





Meskipun dibekukan buah ini kadar nutrisinya tak berkurang banyak. Ia mengandung zat yang dalam tes bisa meningkatkan memori otak. Ingin menyantapnya ? coba buat jus pasti sedap. Bisa dicampur dengan yoghurt, cokelat, susu kedelai atau taburan kacang almond.


(unic77.blogspot.com)

Penyebab umum dari anemia:

Tumbuhan Obat

Followers