Automatic translation of this blog page

Sunday, July 6, 2014

KIAT SEHAT DAN CANTIK ALAMI

KIAT SEHAT DAN CANTIK ALAMI

oleh Tarmizi, B.Sc

Pepatah kuno mengatakan bahwa "kecantikan berasal dari dalam" memang benar adanya. Bantuan terbesar untuk kesehatan dan kecantikan atau ketampanana adalah diet yang baik dan teratur, cukup udara bersih, olahraga dan istirahat yang cukup.

Selain dari hal-hal yang disebutkan di atas, untuk menjaga penampilan, obat-obatan tradisional kini banyak digunakan dan disukai lagi. Hal ini wajar, karena bahan alam jauh dari efek samping yang tidak dinginkan. Sejarah kosmetika mengatakan bahwa orang-orang Cina telah menggunakannya sejak 4000 tahun silam, meskipun hanya terbatas untuk mewarnai wajah dan kuku dengan daun inai, susu dan bahan alami lain.



PERKEMBANGAN KOSMETIKA



Kosmetika menurut istilah kimia populer, adalah bahan yang dipoleskan, disemprotkan, atau digosokkan pada tubuh sehingga dapat memberikan kesegaran, kehalusan, kelembutan, kebersihan dan keharuman bagi pemakainya.

Pada zaman ratu Elizabet I, ramuan dedaunan telah dikembangkan di setiap rumah, terutama di daerah pedesaan. Penduduk desa banyak memiliki kebun yang ditanami tetumbuhan untuk ramuan, yang dikenal dengan apotik hidup. Ahli ramuan yang terkenal pada masa itu adalah Nicholas Culpeper yang berasal dari Inggeris.

Para ahli ramuan dari Eropah banyak yang tergantung pada dokumen ramuan Romawi dan Yunani Kuno. Pada masa Turdor sampai abad kedelapan belas, kosmetika lebih sering digunakan untuk menutupi noda-noda pada wajah dan kulit daripada untuk memperindah mata dan mempercantik wajah.

Dengan perkembangan ilmu kesehatan, maka kecantikan bukan saja diperuntukkan bagi wanita semata, tetapi juga bagi kaum pria pesolek. Memasuki abad kesembilan belas kosmetika mulai berkembang. Pada masa itu mulailah anak remaja puteri diajarkan babagaimana membuat perlengkapan kecantikan sendiri, wewangian dari bunga seperti bunga violet dan lavender, penyegar kulit dari air mawar, bunga-bunga dan mentimun.

KEMBALI LAGI KE BAHAN ALAMI

Bahan alami seperti sayuran segar banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Bila dikonsumsi zat itu akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Usaha ini dapat dilakukan dari dalam dan dari luar tubuh. Perawatan dari luar, biasanya sayuran ditumbuk atau dihancurkan, sehingga menjadi racikan halus. Ada kalanya diberi bahan tambahan agar hasilnya lebih berkhasiat. Pemilihan sayuran hendaklah diperhati-kan benar, gunakan sayuran yang masih segar. Bersihkan dengan seksama agar kotoran yang melekat dapat dihilangkan untuk dihancurkan.

Tidak jarang kini perlengkapan kosmetika seperti : pewarna bibir (lip stick), bedak (make up), pewarna alis dan kelopak serta pipi (eye shadow) terbuat dari bahan kimia, memiliki sifat karsinogenik (pemicu kanker). Kita juga telah banyak mendengar berbagai keluhan pemakai kosmetika dan deodoran. Oleh karena itu penggunaan bahan-bahan alami untuk keperluan kosmetika sangat dianjurkan dalam upaya mengurangi risiko bahaya pemakaian perlengkapan kosmetika.

Bahan segar alami yang biasa Anda temukan di dapur dapat igunakan untuk merawat kecantikan. Selain mudah didapat, murah dan berkhasiat prima, karunia alam ini jauh dari efek samping yang merugikan, yang biasa terdapat dalam bahan kosmetika kimiawi.

Banyak jenis pembersih muka yang dapat ditemukan di dapur. Sepotong kentang yang dibelah menjadi dua bagian dan kemudian diusapkan pada kulit, akan menjadi pembersih kulit alami yang baik disamping susu dan yoghurt.

DAUN SELEDRI

Seledri berdaun halus dan bertangkai panjang, memiliki aroma yang khas. Berkhasiat menyuburkan dan menghitamkan rambut, sehingga dapat, mencegah kerontokan rambut dan rambut beruban. Seteleh keramas, ambil daun seledri yang segar, remaslah dan gosokkan ke kulit kepala, sambil melakukan pemijatan ringan. Biarkan beberapa saat, lalu dibilas.

Jika Anda berbadan kurus, kurang nafsu makan, buatlah juis seledri. Haluskan daun seledri, tambahkan air dan saring. Setengah cangkir air perasan seledri dicampur madu, dapat membangkitkan nafsu makan, sehinga tubuh Anda lebih berisi (tampan atau seksi).

DAUN SELADA

Selada sepintas terlihat seperti lobak yang berdaun kembang. Mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit, karena itu dapat digunakan untuk kulit yang lelah, sehinga otot-otot menjadi rileks kembali. Dapat menghilangkan atau mengurangi garis-garis ketegangan pada kulit. Makanlah daun selada sebanyak mungkin, baik sebagai lalap maupun dalam campuran gado-gado.

DUN KATUK

Daun katuk, selain dijadikan sayuran yang berasa manis, juga dapat dijadikan masker wajah. Pisahkan daun dari tangkainya dan bersihkan lalu dihancurkan. hancuran daun ini dapat dipakai sebagai masker wajah.

BIT



Oksidasi dan lingkungan yang tercemar menyebabkan kulit kendur dan berkerut, sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Bit merupakan pelindung kulit dari oksidasi, karena bit mengan-dung kolagen yang dapat mencegah ketuaan dini. Parut bit yang segar secukupnya lalu oleskan pada wajah. biarkan sepuluh menit, lalu basuh dengan air hangat.

JAGUNG MUDA

Jagung muda tidak hanya enak ditumis, tetapi juga bermanfaat untuk mengurangi bintik-bintik bekas cacar atau jerawat yang tidak terlalu parah. Parutlah sebuah jagung muda lalu campurkan dengan tumbukan daun pepaya, campurkan sampai rata. Oleskan pada intik-bintik yang menggangu, lakukan secara teratur tuap hari.

KENTANG

Kentang juga berkhasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata Anda. Gunakan parutan kentang yang segar. Juis kentang sebagaimana juga juis strawberi juga sering dipakai untuk pembersih kulit seperti halnya mentimun dan susu.

JERUK NIPIS

Jeruk nipis tidak hanya sedap untuk pemberi rasa pada sambal, tetapi juga manjur untuk digunakan sebagai penyegar dan pemutih bagi kulit yang kelelahan. Perasan jeruk nipis juga sebagai obat, misalnya obat batuk dan obat sariawan.

MENTIMUN

Air mentimun mengandung bahan astringen, sehingga baik untuk kulit berminyak. Selain itu mentimun juga berperan sebagai pemutih. Sementara itru irisan mentimun dapat mengurangi kele-lahan mata. Untuk tonik gunakanlah parutan mentimun yang sudah disaring. Oleskan cairan secukupnya ke seluruh wajah dengan meng-gunakan kapas bersih. Untuk pemutih, gunakanlah separoh mentimun parut, kemudian campurkan dengan dua sendok susu segar. Bubuhkan pada wajah dan sekitar leher, diamkan beberapa saat lalu dibilas engan air bersih.

Mentimun juga bermanfaat mengatasi keletihan. Ambil sebuah mentimun berukuran sedang, potong dan lumatkan ke dalam blender, campurkan dua sendok susu bubuk dan putih telur. Balurkan campuran ini pada wajah dan leher, biarkan selama 30 menit lalu basuh dengan air hangat.

PETERSELI

Peterseli bermanfaat untuk menjaga kestabilan kandungan minyak di dalam kulit. Lumatkan peterseli dengan sendok kayu sehingga keluar cairannya kemudian ambil sesendok madu dan cam-purkan. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 20 - 30 menit. Basuh dengan air hangat dan cuci lagi dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk halus.

TOMAT

Tomat bermanfaat untuk mencegah pengenduran kulit. Agar kulit menjadi 'kencang', buatlah masker tomat. Pilih tomat yang matang dan bewarna merah segar. Belah tomat menjadi dua bagian. Gosokkan tomat yang dibelah ini ke wajah perlahan-lahan.

WORTEL

Bagi kulit yang berjerawat, gunakanlah masker tomat. Pilih wortel yang bagus jingganya, parut dan lumatkan dengan blender. Masker wajah ini dioleskan pada kulit yang berjerawat selama 20 - 30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Kita tahu bahwa wortel mengandung beta karotin yang baik khasiatnya bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi bahan dari dapur yang dapat dipakai sebagai kosmetika. Selain mengguna-kan bahan kosmetika alami dari luar, Anda juga dapat memberikan bahan kosmetika dari dalam, yakni dengan mengkonsumsi sari buah dan sayuran segar setiap hari. Ini akan membantu merawat kecanti-kan kulit Anda. ( Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang).

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers