Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Sunday, July 6, 2014

Kedondong















Kedondong
Kedondong
Kedondong
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tidak termasuk)Eudicots
(tidak termasuk)Rosids
Ordo:Sapindales
Famili:Anacardiaceae
Genus:Spondias
Spesies:S. dulcis
Nama binomial
Spondias dulcis
L.
Manfaat Dan Khasiat Buah Kedondong
By Tarmizi, B.Sc., S,Pd
Buah Kedondong
Ilustrasi Buah Kedondong

Buah yang satu ini yakni Buah kedondong memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan seratnya dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi. Bagai anda yang sudah ingin sekali mencoba atau mencari tau sebenarnya apa sih manfaat yang terkandung pada Buah Kendong ini.
Manfaat Buah Kedondong Untuk Obat Batuk
  1. Siapkan 3 buah kedondong kemudian cuci hingga bersih.
  1. Setelah itu parut buah kedondong hingga selesai.
  1. Tanpa ditambah air peras airnya dan berikan sedikit garam. Siap untuk diminum 2x dalam sehari.
  1. Gunakan ± 15 gram kulit batang kedondong yang masih segar lalu cuci sampai bersih.
  1. Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil,
  1. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit.
  1. Setelah air rebusan dingin segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2x sehari.
Jika di tempat anda ada Buah kedondong semoga dengan adanya artikel Manfaat Dan Khasiat Buah Kedondong ini bisa lebih berguna lagi untuk kedepannya, Kami dari blog Manfaat Buah Alami berharap artikel ini bida beguna bagi masyarakat Indonesia Khususnya, sampai di sini dahulu artikel kali ini, kita sambung lain kali, terima kasih. http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/09/manfaat-dan-khasiat-buah-kedondong.html




Buah kedondong
Kedondong ini mempunyai nama Laten : Spondias Dulcis. Buah ini banyak terdapat dipedalaman kepulauan Maluku, dan banyak juga ditanam dipulau Jawa. Buahnya susah dimakan karena berserabut. Kebanyakan orang merebusnya dulu dengan gula dan dapat dihidangkan sebagai bahan makanan yang lezat. Getah kulit batangnya dapat menimbulkan bintik-bintik pada. kulit anak-anak dan akan menyebabkan gatal-gatal.Daunnya dapat juga digunakan sebagai obat-obatan bagi wanita yang baru melahirkan.
     Pohon kedondong ini menghendaki daerah yang kering untuk tempat hidupnya yang baik. Dan akan tumbuh baik pada dataran rendah sampai ketinggian 700 m diatas permukaan laut. Tanah yang dikehendaki adalah tanah yang gembur, dan tidak tahan terhadap air yang tergenang. Pada musim kemarau seluruh daunnya akan luruh dan begitu hujan turun,pohon ini milai bertunas lagi.
     Kedondong ini dapat diperbanyak dengan biji, okulasi/stek.Jarak tanamnya : 12 x 12 m. Buah kedondong ini warnanya hijau,kalau masih muda, dan kuning kalau sudah tua. Rasanya asam-asam manis.
     Tamaman kedondong ini sering dihinggapi penyakit Blendok dan ulat-ulatnya berkepompong dalam rajutan emees. Untuk kedondong dengan spesies Spondis Cytherea som famna cardiacea yang berasal dari Amerika Selatan, pada musim kemarau daunnya semua gugur, dan berbunga lagi pada bulan Juni - agus. Akan tumbuh baik pada alam basah sampai 8000 m diatas permukaan laut. Jenis kedondong yang baik adalah kedongdong lengkung, yang diperbanyak dehgan stek.
     Pohon kedondong ini termasuk pohon yang tinggi, dapqt mencapai 20 sampai 30 meter. Bila pohon ini dibiarkan tumbuh terus garis tengahnya bisa mencapai sekitar 50-60 cm. Buah kedondong yang sudah masak dapat langsung dimakan begitu saja. Tapi banyak juga orang-orang yangsuka makan buah ini sebelum terlalu masak.
     Buah yang masih muda rasanya masam, sedangkan yang sudah hampir tua, yaitu yang sudah berwarna kehitaman rasanya sudah manis, tetapi daging buahnya masih keras.Daging buah kedondong yang sudah cukup tua, warnanya juga kuning keterah-merahan dan terasa sudah lunak.
     DiJawa Barat, daunmuda kedondong ini dimanfaatkan sebagai lalap, tapi sering juga direbus bersama-sama daging agar daging menjadi lunak dan mudah dimasak. Pohon kedondong ini mempunyai kekhasan, dimana pada mullm kemarau daunnya mudah rontok.
     Ulat yang terdapat pada kedondong ini pada beberapa daerah ada anak-anak yang suka memakan kepompong ulat ini. Ulat ini banyak mengandung putih telur dan lemak warnanya kelabu kehitaman, berbulu tapi tidak gatal.
     Pada musim hujan, pohon ini mulai bertunas laki,
‑jang  dengan timbulnya bunga daun yang baru, kemudian kembali berbunga.Bunga kedondong ini bentuknya seperti bunga karang dengan warna kuning. Pohon ini biasanya ditanam di halaman-halaman rumah atau di kebun sebagai tanaman selingan.https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8410855444315301040&pli=1#allposts/postNum=1
Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarellahog plumhevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).
Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.http://id.wikipedia.org/wiki/Kedondong
2). Effendi,samsoeri, Ensiklopedi Tumbuh tumbuhan, karya anda Surabaya, 20-23.

Pohon Kedondong yang memiliki Nama latin Spondias Dulcis ini merupakan tanaman besar yang memiliki pohon bisa mencapai 20 Meter, dan biasanya dapat kita jumpai di tanah dataran dan Juga di daerah yang beriklim Tropis seperti Indonesia ini, nah beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia dengan berbagai Macam tumbuhan yang ada. Buah kedondong memiliki rasa yang Asam Asam Manis ini banyak di Olah menjadi Manisan atau pun Rujak, namun siapa sangka ternya Buah kedondong atau Dondong mempunyai kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh, oleh karenanya saya akan berbagi mengenai Manfaat dan Khasiat Buah Kedondonguntuk Kesehatan tubuh.
Manfaat Kedondong Untuk Obat Sakit Perut Dan Diare
Kedondong (spondias dulcis forst) adalah merupakan tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini cocok tumbuh di daerah tropis. Secara fisik dari buah kedondong adalah berbentuk bulat memanjang, berwarna hijau dan ketika sudah matang akan berwarna kekuningan. Biji buah kedondong berbentuk bulat, berserat seperti duri dan berwarna putih. Buah ini memiliki kandungan gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat untuk menambah energy dan vitalitas tubuh. Kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah ini berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan dan menghilangkan dehidrasi.

KHASIAT BUAH KEDONDONG
Untuk yang sedang menjalankan program diet bisa mengkonsumi buah ini karena memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga dapat menjadi cemilan untuk anda yang sedang berdiet. Buah ini sudah dikenal sebagai obat batuk alami tradisional dengan meminum air dari perasan buah kedondong yang sudah ditambah sedikit garam. Buah kedondong juga berguna untuk mengobati sakit perut dan diare, dengan meminum perasan bagian dari kulit batang buah kedondong ini.
Selain beberapa khasiat yang terdapat dalam buah kedondong, buah ini juga sangat cocok dijadikan manisan. Ada dua jenis manisan yang dapat diolah dari buah kedondong ini, yaitu manisan basah dan kering. Buah kedondong umumnya banyak diolah menjadi manisan basah yang bisa kita dapatkan sebagai oleh-oleh. Buah yang bisa diolah menjadi manisan adalah buah kedondong dalam keadaan masing mengkal, kecuali buah yang sudah matang tidak bisa diolah menjadi manisan karena tekstur yang lembek dan terlalu banyak air.

Dengan beberapa manfaat dari buah kedondong seperti diatas, masyarakat dapat lebih jeli untuk memilih buah yang memang mengandung kaya nutrisi dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Itulah ulasan tentang khasiat buah kedondong, semoga bermanfaat bagi anda semua.http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/09/manfaat-dan-khasiat-buah-kedondong.html

Tumbuhan Obat

Followers