Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Saturday, July 5, 2014

Khasiat Ganyong hutan Si Bunga tasbih



Kana
Bunga tasbih berwarna kuning (Canna lily)
Bunga tasbih berwarna kuning (Canna lily)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberals
Famili: Cannaceae
Genus: Canna 
sumber gambar http://wikipwpedia/ganyong
          Bunga tasbih termasuk tumbuhan tahunan yang tingginya sekitar 2 meter, mempunyai rimpang yang besar seperti umbi. Daunnya besar, lebar, menyirip, dan bewarna hijau. Bunganya besar, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, bewarna cerah seperti merah atau kuning.
          Buahnya berupa buah kendaga, berbiji banyak dan bulat. Bunga tasbih berasal dari  Amerika tropis. Tumbuhan ini biasa ditanam sebagai tanaman hias, ada juga yang tumbuh liar di hutan dan pegunungan sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.
          Ganyong hutan ini, demikian orang di Sumatera menyebut bunga tasbih ini, disebut pula hosbe dalam bahasa Batak.  Di Jawa sering dikenal dengan nama pospa nidra, puspa midra, puspa nyidra, ganyong wana, ganyong alam, kembang gedang, buah tasbih, sebek, dan sigi-sigi. Bagi masyarakat Jakarta disebut  sabeh. Dalam bahasa Sunda disebut sebe, sebeh, tasbah, ganyong, leuweung, dan bunga tasbih dalam bahasa Madura. (Hargono, 1985)
          Di Nusatenggara dan Bali dikenal dengan milu-milu, dan bagi masyarakat Sasak disebut sasak. Di Sulawesi biasa disebut bunga tasabe (Makassar), bunga tasebe (Bugis), wuro, totombe, kela, kontas, tuisim tasic (Minahasa). Sedangkan di Maluku disebut tasube (Ternate). http://tarmizi.blogspot.com 

gambar dari www.allsites.com
Meramu obat dari bunga tasbih
          Khasiat bunga tasbih antara lain untuk mengurangi tekanan darah tinggi, mengobati vertigo, batuk darah, pendarahan, kanker kandungan, pembengkakan kelenjar limfa, keputihan, haid berlebihan, disentri kronis, ambeien, sakit kuning, kencing batu, jerawat dan keseleo. (Hembing, 20005)
Ambeien/wasir
Wasir (anibeien flietnoroid) adalah pembesaran yang dapat disertai pendarahan pada pembuluh darah di anus.
Wasir dikatagorikan menjadi dua, yaitu: Wasir internal, yaitu wasir yang terjadi di dalam saluran anus, dan wasir eksternal yaitu wasir yang terdapat di luar anus. Gejala wasir adalah keluarnya darah segar saat buang air besar. Selain itu, terdapat tonjolan daging di sekitar dubur yang disertai dengan rasa gatal. Namun pada wasir dalam tidak dijumpai tonjolan daging dari luar.

tepung ganyong (http://cybex.deptan.go.id/penyuluhan/tepung-dan-gaplek-ganyong)
Penyebab:
   Wasir disebabkan oleh tekanan pada pembuluh‑pembululuh darah, misalnya karena mengejan, kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama, mengangkat beban terlalu berat, dan lain.
Obat Ambeien
·         Sediakan 30-60 gram akar bunga tasbih kemudian direbus dengan 600 cc air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tiggal 200 cc (sepertiga semula). Setelah disaring diminum habis.
umbisehat.blogspot.com
Sakit kuning
·         Sediakan 60 gram akar bunga tasbih dan tambahkan 30 gram daun serut/mirten, kemudian direbus dengan 600 cc air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tiggal 200 cc (sepertiga semula). Setelah disaring diminum habis.
Menghentikan pendarahan
·         Sediakan 10-15 gram bunga tasbih dan tambahkan 60 gram akar teratai, kemudian direbus dengan 500 cc air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tiggal 200 cc (satu gelas). Setelah disaring diminum habis.
Kanker kandungan
Penyakit kanker diawali dengan perkembangan yang abnormal dari sel‑sel yang tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Terbentuknya bermacam-macam jenis kanker awalnya berlangSLIIIg secara perlahan‑lahan hingga beberapa tahun. Akan tetapi, bila sel kanker telah menyerang satu atau sekelompok sel, perkembangannya akan berlangsung sangat cepat, yang akhirnya akan membentuk jaringan ganas yang disebut tumor.
Pada sel yang normal akan terbentuk sel baru secara wajar, namun pada sel kanker berkembang dengan cara merusak sel‑sel lain, dengan mendesak dan mengambil makanan dari sel tersebut.
Sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah, yaitu dengan menyusuri pembuluh darah untuk
Inenetap di tempat lain.
Pengobatan Kanker kandungan
·         Sediakan 60 gram akar bunga tasbih dan tambahkan 60 gram rumput rumput lidah ular kering dan 10 gram empedu tanah kering (sambiloto), kemudian direbus dengan 700 cc air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tiggal 200 cc (satu gelas). Setelah disaring diminum habis.
Keseleo
Keseleo akan menyebabkan rasa nyeri yang semakin lama semakin terasa sakitnya, yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan pembengkakan pada jaringan otot.
Penyebab:
          Keseleo terjadi karena otot atau urafdiregangkan secara mendadak sehingga otot yang bersangkufan terpaksa memanjang il sehingga ada serat‑serat yang putus. Hal ini dapat terjadi karena terpeleset, berlari, angkat barbel, dan lain‑lain.
Pengobatan keseleo
·         Akar bunga tasbih secukupnya dihaluskan lalu ditambahkan tepung terigu yang sudah disangrai sampai kuning, ditambah arak putih secukupnya. Aduk rata campuran itu dan tempelkan pada bagian yang keseleo.
jerawat (Acne)
Jerawat nierupakan peradangan yang disertai sumbatan pada kelenjar minyak kulit sehingga minyak di kulit tidak dapat keluar, nfenggumpal di dalam saluran, membengkak, dan terkadang disertai timbulnya nanah. Jerawat merdpakan gangguan umum yang sering terjadi pada kulit, terutama kulit muka. Meski jerawat biasa muncul pada remaja, golongan usia yang lain juga dapat terkena jerawat.
Penyebab:
Jerawat yang timbul pada remaja disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pengeluaran kelenjar minyak yang berlebihan yang kemudian mengeras dan menyumbat saluran.
Pengobatan Jerawat
·         Akar bunga tasbih secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian kulit yang berjerawat.
Pembengkakan kelenjar limfa
·         Sediakan 60 gram akar bunga tasbih kemudian direbus dengan 600 cc air. Biarkan terus mendidih hingga airnya tiggal 200 cc (sepertiga semula). Setelah disaring diminum habis.
Masing-masing ramuan di atas dilakukan dua kali sehari.
(Tarmizi,BSc,SPd/ Universitas Negeri Padang)
Kue ganyong
pati ganyong

Tumbuhan Obat

Followers