Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Sunday, June 15, 2014

Bawang putih sebagai obat batuk, tumit pecah, influenza, sakit gigi, stroke, dan hipertensi





 Tarmizi, BSc. S.Pd

Zat yang berkhasiat obat di dalam bawang putih antara lain : alisin yang punya bau pedas menyengat, aliin, dialil sulfat (60% dari minyak menguap dalam bawang), 13 macam minyak menguap, skordinin, vitamin A dan B1, asam nikotinat, vitamin C, hormon pria dan wanita, kolin, uran, poluson, alil sistein sulfoksida, dimetil sulfoksida. Bawang putih juga mengandung beberapa enzim yaitu myrosinasa, peroksidasa, deoksi ribopolison.
Selain mengandung zat-zat untuk obat, bawang putih juga mengandung banyak zat gizi. Tiap kilo bawang putih segar mengandung 6-7 ons air. Protein sekitar 3-7 %, karbohidrat mencapai 24-27 %. Selain itu juga mengandung sedikit lemak, mineral-mineral penting dan beberapa macam vitamin.
Batuk Rejan
Batuk rejan atau disebut juga batuk gonggang biasa menyerang anak-anak di bawah umur dua tahun. Batuk ini memiliki ciri yang khas, yaitu: batuk-batuk panjang lalu berhenti sebentar kemudian batuk lagi hingga 100 hari sehingga sering disebut sebagai batuk 100 hari.
Serangan batuk rejan pada bayi dapat menyebabkan napas terhenti dan wajah kebiruan hingga dapat menimbulkan kematian. Kematian bayi akibat batuk rejan cukup tinggi, yaitu mencapai 20 %. Oleh sebab itu, harus segera diatasi.
Penyebab:
          Batuk rejan disebabkan oleh kuman Haemophilis perhisis yang masuk ke dalam hidung yang ditularkan melalui batuk, muntah, atau bersin.
Pengobatan:
·         10 gram bawang putih yang telah dikupas kulitnya, gula pasir secukupnya, dan 30 gram pegagan segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian airnya diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.
Tumit yang peach-pecah
·         2 siung bawang putih dihancurkan dan jangan terlalu lembut. Tambahkan perasan jeruk nipis. Campuran itu diremas-remaskan ke tumit kai yang pecah-pecah. Lakukan 2-3 kali sehari, sampai anda merasakan hasilnya.
Influenza
Influenza adalah penyakit saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala demam secara mendadak, sakit kepala, badan terasa dingin, batuk, pilek, otot-otot sakit, dan badan terasa lemah.
Penyebab:
Influenza disebabkan oleh virus. Influenza sangat mudah  menular dan biasanya berjangkit saat udara dingin/ lembap, yaitu saat musim hujan.
Saat kondisi badan dalam keadaan baik, serangan influenza tidak akan menimbulkan akibat yang terlalu berat. Namun saat kondisi tubuh lemah, virus influenza mudah sekali menyerang dan menimbulkan akibat yang parah yang jika tidak segera teratasi dapat menyerang otak dan menimbulkan gejala seperti rasa nyeri di kepala, insomnia, menurunnya kesadaran, kejang, depresi mental, radang saraf, dan lain-lain.
Pengobatan:
·         15 gram jahe dan 2 batang daun bawang putih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
·         10 gram bawang putih, 10 gram bawang merah, dan 10 gram jahe diiris-iris lalu diseduh dengan air mendidih kemudian tempatnya ditutup selama 15 menit. Setelah itu, jahenya. dibuang, sedangkan bawang putih dan bawang merahnya bisa dimakan dan airnya diminum.
·         30-60 gram sawi tanah dan 10-15 gram bawang putih direbus dengan air secukupnya kemudian airnya diminum hangat.
·         60 gram tanaman sawi tanah dan 15 gram bawang putih direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
Pilih satu resep tersedia dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Sakit Gigi
          Jika sakit gigi tidak segera diatasi, dapat mengganggu aktivitas, karena sakit gigi juga akan menimbulkan gangguan-gangguan yang lain, seperti: sakit kepala, tidak nafsu makan, tidak bisa tidur, emosi meningkat, dan lain-lain.
Penyebab:
          Sakit gigi disebabkan oleh lapisan email, terkikis. Menipisnya lapisan email menyebabkan gigi menjadi rentan terhadap perubahan suhu makanan atau minuman sesuai dengan suhu tubuh. Rasa sakit dapat juga terasa karena adanya lubang pada gigi, sehingga saraf gigi menjadi rusak yang kemudian menimbulkan rasa sakit yang terus menerus.
Pengobatan:
·         Bawang putih secukupnya ditumbuk hingga halus kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit, lakukan secara teratur 2 kali sehari.


Tumbuhan Obat

Followers