Automatic translation of this blog page

Sunday, June 1, 2014

Apel obat hipertensi, obesitas, awet muda, kulit kering, pembersih tubuh, batuk rejan, dan diare



Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd

          Apel merupakan buah yang enak rasanya, segar dan kaya akan vitamin dan mineral. Dalam pengobatan tradisional, apel juga sering digunakan sebagai obat batuk.










Apel mengandung sumber kuersetin dan zat fitokimia yang ampuh untuk memerangi radikal bebas pemicu serangan jantung dan kanker. Kalau apel tidak dikupas (dan dimakan), dia kaya akan serat yang membantu pencernakan dan menurunkan kolesterol. Apel juga mampu menstabilkan gula darah dan mempertahankan rasa kenyang yang lebih awet bila dibanding dengan buah lain.

Obat batuk
·        Caranya adalah buah apel dicuci bersih, kemudian dipotong menjadi empat bagian. Potongan tadi dikukus selama 10 menit dengan api yang tidak terlalu besar. Apel yang telah dikukus inilah,dimakan hangat-hangat, beserta kulitnya. Lakukanlah satu kali sehari, sampai beberapa hari.
Tekanan Darah Tinggi Hipertensi
Seseorang dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi bila tekanan darahnya di atas 140-159 mm Hg sistolik dan 60-90 mm Hg diastolik. Gejala umum tekanan darah tinggi adalah pusing, muka merah, sakit kepala, mimisan, tengkuk terasa pegal, dan lain-lain.

Penyebab:
Tekanan darah tinggi erat hubungannya dengan gaya hidup, terutama gaya hidup yang berhubungan dengan emosi negatif. Emosi. akan menyebabkan energi terkuras, gerakan jantung menjadi cepat, dan tekanan darah menjadi tinggi. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi, antara lain: makanan yang tinggi kadar lemak dan garam, stres, obesitas, kebiasaan merokok, kurang bergerak, keturunan, dan lain-lain.
pengobatan:
·        1 buah apel, 1 lobak yang kecil, air perasan yang dianibil dari  75 gram seledri, 1/2 buall jeruk keprok, dan gula pasir secukupnya dijus kemudian diminum. lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
          Kelebihan berat badan merupakan kondisi berat badan di atas berat badan normal. Hal ini lebih sering terjadi pada seseorang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Selain mengganggu mobilitas gerak, obesitas juga mengurangi daya tarik dan penampilan seseorang. Selain itu, obesitas juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti: hipertensi, jantung koroner, stroke, dan diabetes.
Penyebab:
          Faktor utama yang menyebabkan obesitas adalah pemasukan energi yang jauh melebihi pengeluaran sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal.
Beberapa faktor yang saling mempengaruhi dan dapat menyebabkan obesitas adalah kelebihan masukan (intake) makanan, kurangnya aktivitas fisik, faktor psikologis, dan faktor ketu runan. Selain itu, obesitas dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti: kelainan hormon, enzim, metabolisme, dan pengaruh obat-obatan.
Pengobatan:
·        Setiap hari selama 3 hari mengkonsumsi apel sebanyak 8‑9 buah dan minum air putih secukupnya tanpa makan Makanan lain. Pada hari keempat, dapat mengkonsumsi makanan seperti biasanya, tetapi makanannya harus lunak, misalnya: bubur, sop, dan lain-lain. Setelah 2-3 minggu, lakukan kembali diet apel seperti semula.
Ramuan awet muda
·        Sediakan bahan berikut: apel 2 ons, wortel 2 ons, kentang 2 ons, mentimun 2 ons, madu 1 sendok makan. Kentang dikupas kulitnya, demikian juga apel, wortel dan mentimun, bersihkan lalu dipotong-potong dan dijuice hingga lumat. Tambahkam madu, aduk rata dan siap untuk diminum.
Minuman ini berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada sendi tulang, menurunkan tekanan darah dan sekaligus juga peluruh kencing.
Kulit Kering
          Pada usia paruh baya, kondisi kulit kering merupakan hal yanor biasa dan merupakan proses alami karena berkurangnya p duksi minyak pada kulit. Akan tetapi, hal ini dapat juga terjadi pada usia muda.
Penyebab
          Pada usia muda, kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh pemakaian kosmetika yang bersifat alkalis dalain waktu yang relative lama, pengkonsumsian makanan  yang tidak seimbang, terlalu lama terkena sinar matahari, atau pengaruh AC.
·        Buah apel diris-iris lembut, lalu airnya digosokkan pada wajah atau kulit yang kering dan biarkan sampai mongering. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.
Pembersih tubuh
          Terapi ini sangat baik untuk yang akan melakukan pengobatan suatu penyakit. Jadi sebelum berobat lakukanlah dulu pembersihan atau cuci perut selama 3 hari dengan resep berikut:
Hari pertama minumlah sari atau jus papaya 1 ½ gelas pagi hari dan 30 menit kemudian diminum sari apel ½ gelas. Hari kedua minumlah sari atau jus papaya 1 ½ gelas pagi hari dan 30 menit kemudian diminum sari apel 8 gelas. Hari ketiga hanya memakan 2 buah apel tidak dijus untuk mendapatkan seratnya.
Batuk Rejan
Batuk rejan atau disebut juga batuk gonggang biasa menyerang anak-anak di bawah umur dua tahun. Batuk ini memiliki ciri yang khas, yaitu: batuk-batuk panjang lalu berhenti sebentar kemudian batuk lagi hingga 100 hari sehingga sering disebut sebagai batuk 100 hari.
Serangan batuk rejan pada bayi dapat menyebabkan napas terhenti dan wajah kebiruan hingga dapat menimbulkan kematian. Kematian bayi akibat batuk rejan cukup tinggi, yaitu mencapai 20 %. Oleh sebab itu, harus segera diatasi.
Penyebab:
          Batuk rejan disebabkan oleh kuman haeniophilits perhisis yang masuk ke dalam hidung yang ditularkan melalui batuk, muntah, atau bersin (Hembing, 2002).
Pengobatan:
·        Buah apel 1 buah, lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya 3 gram, gula pasir 1 sendok teh.  Semuanya dijus dan diminum tiap hari hingga sembuh.
          Ramuan ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, penurunan kolesterol, anti radang dan mencegah pengerasan pembuluh darah (MB Rahimsyah, 1997).
Diare
·        Satu  buah apel dibuang kulitnya, 3 buah jambu biji dibuang bijinya. Dijus dengan 300 cc air dan tambahkan madu secukupnya. Jus ini diminum 2-3 x sehari.
          Jus ini juga berguna menyembuhkan gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi limpa, lambung, serta menurunkan kadar gula dalam darah. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd /Universitas Negeri Padang

Tumbuhan Obat

Followers