Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, June 30, 2014

Anemia Menyebabkan Kelesuan pada Anak

Oleh Tarmizi
     Anemia  adalah  suatu keadaan dimana volume  eritrosit  (sel darah  merah  atau  kadar  Hb  menurun  sampai  di  bawah  kadar fisiologis  yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan (O2)  jaringan.  Sebenarnya banayk lagi penyebab anemia, seperti  rendahnya
konsumsi  vitamin B-12, asam folat, protein, vitamin  C,  seperti adanya  infeksi  cacing tembang atau malaria. Akan  tetapi  jenis anemia  yang  banyak terjadi di Indonesia adalah  kekurangan  zat besi sebagai rendahnya konsumsi zat besi.
Kaitan anemia dengan prestasi belajar
Berbagai  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa   kosentrasi belajar  dan  kemampuan akademik (prestasi  belajar  di  sekolah) rendah pa anak yang menderita anemia daripada yang tak  menderita anemia. Pada semua tingkat umur, anemia menyebabkan tubuh  rentan terhadap  penmyakit  dan menurunkan  produktivitas  kerja.  Untuk mengetahui  seseorang mederita anemia perlu  diperiksa  darahnya. jika  kadar  hb kurang dari normal (menurut WHO  12  g%)  berarti menderita anemia.
Malaria
     Anemia  disebabkan penghancuran sel darah merah  dan  proses fagositosis  (memakan benda asing) yang berusaha untuk  mengatasi infeksi parasit. Infeksi plasmodium malariae termasuk yang paling ringan.  gejala awal berupa nyeri otot, sakit kepala,  demam  dan rasa menggigil, anemianya ringan.
Infeksi  palsmodium vivax hanya ringan, jarang  fatal  namun sering  kambuh dan agak sulit disembuhkan sempurna.  Anemia  yang terjadi tidak berat, limpa akan membesar 2 x dalam minggu kedua.
     Infeksi  plasmodium falsifarum dengan gejala  awalnya  hebat berupa sakit pinggang, demam yang kontiniu. Anemia terjadi cepat, pembesaran  limpa dalam 3-4 hari. Bila tak diobati cepat,  anemia akan  semakin berat dan peredaran darah yang efektif akan  berkurang  sehingga dapat menimbulkan sumbatan pembuluh  kapiler  yang bisa menimbulkan komplikasi serius (Yudi Irawanto 1992).
Zat besi
Zat  besi  (Fe) merupakan  komponen  hemoglobin,  mioglobin, sitokhrom,  enzim katalase dan feroksidase. Kekurangan  zat  besi dapat  menyebabkan anemia yang disebut juga lesu  darah.  Keadaan ini menyebabkan penurunan penurunan produktivitas kerja> zat besi yang  berasal dari makanan, sebagian digunakan untuk  pembentukan hemoglobin.  Hemoglobin  yang terbentuk akan  berguna  mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan otot (Moh. Rahmat, 1994).
Di dalam jaringan, oksigen berfungsi membakar zat gizi untuk menghasilkan  tenaga.  Dari itu dapat dipahami bahwa  orang  yang kekurangan zat besi akan mengalami penurunan produktivitas kerja.
Bayi cerdas
     Dari  hasil  penelitian ternbukti bahwa ibu  yang  menderita gangguan  pencernaan lemak, akan melahirkan bayi dengan IQ  point lebih   rendah  daripada  ibu  yang  tidak   mengalami   gangguan pencernaan lemak.
Kebutuhan  asam lemak omega-3 Pada masa kehamilan 4,5%  dari total  kebutuhan  energi.  Sementara  ahli  lain  (Breve,   1987) mengajukan  kebutuhan asam lemak omega-3 sebesar 350-400  mg/hari dalam bentuk asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang.
     Pada  masa  menyusui, pemberian ASI sangat  dianjurkan  guna menyumbangkan intake terbesar asam lemak omega-3 dan omega-6. Hal ini  menyadarkan  kita bahwa teknologi canggih  untuk  merekayasa formula susu buatan, tak mampu menyamai ASI sebagai makanan alami (food natural) bagi bayi.
Hasil  penelitian  di Bogor membuktikan,  dari  beberapa  merek  susu formula  yang beredar saat itu tak satupun yang  mengandung  asam lemak omega-3. Dari itu di satu pihak kita harus menambahkan asam lemak omega-3 ke dalam susu formula, emgingat produk ini memiliki segmentasi  pasar  cukup  luas  dan  merupakan  alternatif  untuk menggalakkan ASI bagi wanita karier (Sirajudin, 1995).
Banyak  asfek yang harus menjadi perhatian kita agar  selalu energik,  sehat,  fit dan fresh stiap hari. Diantara  gaya  hidup sehat  seperti  olahraga  teratur,  dan  segalan  serba  teratur, termasuk  masalah makanan. dalam hal ini mkanan  beserta  gizinya terutama zat besi sangat berperan dalam mencapai kesehatan  tubuh yang dimanfaatkan untuk  menciutkan kulit kepala, sehingga mencegah kerontokan rambut.  Resepnya  semacam  minyak rambut tradisional  dari  iris-irisan  bunga kenanga,  cempaka, mawar dan pandan wangi bersama melati.  Minyak ini selain menyejukkan juga sekaligus mengharumkan.

Tumbuhan Obat

Followers