Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, June 2, 2014

BANGLE OBAT SAKIT KEPALA, HEPATITIS, SARI RAPAT, OBESITAS, MANDUL, CACING KREMI DAN PELANGSING


Tarmizi, B.Sc, S.Pd

 

 bengle1.jpg
 











Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan gangguan yang paling umum terjadi pada setiap orang dan merupakan gejala yang paling mendasar dari suatu penyakit, misalnya gangguan pembuluh darah.
Sakit kepala migren merupakan gangguan yang berhubungan dengan keturunan. Sakit kepala migren terasa sakit berdenyut-denyut dan menyentak-nyentak.
Rasa sakit pada sakit kepala Muster sangat hebat, yang menyerang pada satu sisi kepala, terutama di belakang mata. Rasa sakitnya merata dan terus menerus dan lamanya serangan ½ menit hingga 2 jam.
Penyebab:
Sakit kepala kronis disebabkan oleh ketegangan atau kontraksi otot yang disebabkan oleh stres, kelelahan, haid, dan penyebab lain.
Sakit kepala jenis migren dan Muster disebabkan oleh terjadinya pelebaran atau peradangan pembuluh darah di sekitar otak.
Pengobatan:
         25 gram bangle segar dikupas, dicuci, kemudian diparut. Setelah diperas dan disaring, air banglenya diminum, sedangkan ampasnya digosokkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis. lakukan secara  teratur 2 kali sehari
Hepatitis
Hepatitis yaitu peradangan pada hati. Gejalanya adalah lemah, otot dan sendi sakit, sakit kepala, nafsu makan berkurang, sariawan, pusing, muntah-muntah, demam, air kencing keruh, kulit dan putih mata bewarna kuning, serta kelenjar getah bening bengkak.
Hepatitis disebabkan oleh virus.
Pengobatan:
         25 gram bangle dan 15 gram temu lawak (diiris-iris) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu diminum selagi hangat. lakukan secara  teratur 2 kali sehari, jika telah sampai 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu pengobatan boleh dilanjutkan lagi.
Mengecilkan Vagina (Sari Rapat)
Pengobatan:
         25 gram bangle, 30 gram kencur, 25 gram temu hitam, 25 gram kunyit, dan 10 gram jinten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
Kelebihan berat badan merupakan kondisi berat badan di atas berat badan normal. Hal ini lebih sering terjadi pada seseorang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Selain mengganggu mobilitas gerak, obesitas juga mengurangi daya tarik dan penampilan seseorang. Selain itu, obesitas juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti: hipertensi, jantung koroner, stroke, dan diabetes.
Penyebab:
          Faktor utama yang menyebabkan obesitas adalah pemasukan energi yang jauh melebihi pengeluaran sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal.
          Beberapa faktor yang saling mempengaruhi dan dapat menyebabkan obesitas adalah kelebihan masukan (intake) makanan, kurangnya aktivitas fisik, faktor psikologis, dan faktor ketu runan. Selain itu, obesitas dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti: kelainan hormon, enzim, metabolisme, dan pengaruh obat‑obatan.
Pengobatan:
         15 gram bangle, 15 gram temu giring, 15 gram lempuyang, dan gula enau secukupnya dipotong‑potong seperlunya lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Setelah disaring, tunggu sampai airnya hangat (suam-suam kuku), kemudian diminum.
         25 gram bangle dan 25 gram temu hitam direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tambahkan air perasan jeruk nipis, tunggu sampai airnya hangat, lalu diminum.
         Sepotong rimpang bangle dan 7 lembar daun jati belanda dicuci bersih lalu direbus dengan 1 ½ gelas air dan biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin dibagi dua untuk diminum ½ gelas pagi dan sore.
         Rimpang bangle ½ jari, rimpang temu giring ½ jari, rimpang lempuyang wangi  ¾ jari, ¼ genggam daun kemuning, ¼ genggam daun jati belanda. Semua bahan dibersihkan dan diopotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 4 ½ gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin diperas, disaring dan dibagi 3 untuk diminum 3 kali sehari, tiap kali  ¾ gelas.
         Rimpang bangle  dan rimpang temu hitam masing-masing ½ jari, dicuci dan diparut. Tambahkan 1 sendok air perasan jeruk nipis. Aduk rata dan diremas, saring dan tambahkan madu 2 sendok makan. Minumlah 2-3 kali sehari. Pilihlah satu saja dari ramuan di atas.
Untuk isteri mandul
  • Bangle 10 gram, bawang putih 2 siung, jungrahap 5 gram, kencur/cekur 5 gram, kauyu manis 5 gram. Semua bahan ditumbuk halus, diberi air panas 1 gelas lalu diperas dan disaring. Diminum pagi hari, lakukan 2 hari sekali.
Untuk cacing kremi
           10 gram biji ketumbar, 25 gram temu hitam, 25 gram bangle, dan 5 buah tangkai  daun sirih (diiris-iris tipis) direbus de­ngan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian diminum selagi hangat, untuk 2 kali minum.(Hembing, 2002)
Jamu pelangsing dan padat berisi
          Satu buah mengkudu,, 10 gram bangle, 7 gram daun kemuning, 5 gram asam jawa, 8 gram lempuyang. Semua bahan dibersihkan dan ditumbuk bersama jadi satu sampai halus. Tuangi 1 gelas air masak, disaring dan diminum ½ gelas pagi dan ½ gelas sore. Lakukan tiap hari. Selamat mencoba! http://tarmiziblog.blogspot.com

Bonglai bukit - Zingiber cassumunar

Posted by: admin In: Bonglai
Kegunaan.
Herba bersalin, Seliuh, sakit urat.
Kaedah.
Air rebusan rizomnya diminum. Manakala bagi perawatan seliuh (terkilir), daunnya disalai pada api dan digunakan sebagai balutan pada tempat seliuh.
Habitat.
Pokok ini boleh didapati di kawasan hutan pamah yang lembab.
Ciri-Ciri Istimewa : Rizomnya berbau wangi
Kaedah Pembiakan : Rizom dan biji benih.


Tumbuhan Obat

Followers