Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, August 31, 2010

Dua belas Tips Makanan Anti kanker

Tarmizi, B.Sc, S.Pd



1. KAMU HARUS MAKAN APEL

Apel mengandung sumber kuersetin dan zat fitokimia yang ampuh untuk memerangi radikal bebas pemicu serangan jantung dan kanker. Kalau apel tidak dikupas (dan dimakan), dia kaya akan serat yang membantu pencernakan dan menurunkan kolesterol. Apel juga mampu menstabilkan gula darah dan mempertahankan rasa kenyang yang lebih awet bila dibanding dengan buah lain.

2. BROKOLI
Brokoli dikenal mengandung zat fitokimia yang kampiun untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Brokoli bagus untuk kesehatan mata, mengurangi resiko kanker usus. Kaya akan asam folat, serat, beta karoten, dan Vitamin C yang mampu mencegah serangan jantung.

3. BAWANG PUTIH
Manfaatnya menurunkan kolesterol melancarkan sirkulasi darah. Terdapat senyawa sulfur yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker terutama kanker usus.

4. JAMUR
Dulu jamur shiitake dan maitake dimakan untuk memperpanjang umur. Shiitake mengandung senyawa anti kanker, anti virus dan efek memicu kekebalan.

5. MANGGA
Mangga mengandung sumber karotenoid bahan penumpas kanker, juga mengandung serat yang membantu pencernaan.

6. PEPAYA
Kandungan serat terlarut pada pepaya mampu menjaga kolesterol tubuh sedangkan Vitamin C yang dikandungnya merupakan anti kanker dan penguat kekebalan tubuh. Enzim papain membantu pencernakan dan meredakan peradangan.

7. ANGGUR MERAH
Buah ini sangat baik khusus untuk pencegahan penyakit jantung. Penelitian didasarkan pada ironi penduduk Perancis yangbanyak mengonsumsi lemak tinggi tetapi hanya sedikit terkena serangan jantung, ternyata mereka selalu mengonsumsi anggur merah.
Anggur merah mengandung polifenol, zat anti oksidan yangberfungsi mencegah serangan jantung. Masih ada lagi yaitu senyawa asam tartarat yang baik untuk mencegah penyakit kolon.

8. TEMPE
Tempe berhasiat menurunkan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik). Secara teratur mengonsumsi tempe bagi wanita mampu meredakan gejala menopause dan mencegah osteoporosis. Kedelai tempe mengandung estogren tanaman (fitoestrogen) yang mampu mencegah kanker payudara.

9. TOMAT
Kaya akan antioksidan likopen sehingga membantu dalam pencegahan serangan jantung dan kanker, khususnya kanker prostat dan payudara serta pankreas.

10. YOGHURT
Merupakan sumber mineral pembangun tulang karena mengandung kalsium dan fosfor. Mengonsusmsi Yoghurt dapat mendsak pertumbuhan bakteri penyebab diare dan peradangan. Yoghurt juga mampu mengendalikan kolesterol darah dan mencegah infeksi pencernakan.

11. JAHE
Jahe mengandung senyawa "gingerol" yang bermanfaat menurunkan tekanan darah sehingga dapat memperbaiki sistem sirkulasi darah.Jahe banyak dimanfaatkan sebagai anti mual, mabuk kendaraan, ngidam atau mabuk karena obat bius.

12. TEH HIJAU
Teh hijau kaya akan polifenol dan fitokimia kuat yang memerangi radikal bebas. Minuman ini bagus untuk mencegah serangan jantung dan kanker. Hasil penelitian terbaru malahan menyebutkan kandungan polifenol pada teh hijau merangsang penurunan berat badan dengan mempercepat metabolisme tubuh. Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami fermentasi dalam proses pembuatannya sehingga kasiatnya tidak terbuang dalam pemrosesan. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang)

Tumbuhan Obat

Followers