Automatic translation of this blog page

Wednesday, August 18, 2010

BERMACAM OBAT SAKIT PERUT DARI TUMBUHAN

BERMACAM OBAT SAKIT PERUT DARI TUMBUHAN

Oleh Tarmizi,, BSc, SPd

Bagian 1



Kalau kita kumpulkan semua tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perUt, tentulah akan ada yang tercecer. Penyakit perut itu sendiri juga banyak pula, macamnya. Misalnya sakit perut karena maagy disentrip melilitv kembung, Eencretv kolera, diare dan banyak lagi.

Kolera.

Penyakit kolera diakibatkan oleh serangan basil Vibrio Cholerae asiatica atau Vibrio komma. Basil ini terutama menyerang usus dan masuk melalui makanan, sehingga menimbulkan keluhan sakit perut, sering kejarg-kejang. Penyakit ini mudah menular melalui alat pencernaan, dan lalat sering menjadi biang tular penyakit ini. Gejala kolera dapat dilihat, yaitu muka pucat dan berat badan semakin kurang.

Tanda-tanda kolera: nencret dan muntah-muntah, berak bewarna putih seperti air nasi, badan lemah. Obat-obatnya dapat dipilih sesuai dengan bahan yang tersedia sebagai berikut.

Dua lembar daun jati (Tectona grandis, L) diouci bersih dan diiris-iris. Irisan daun jatin itu diretus dengan air 3 gelas. Didihkan terus hingga tinggal seterigah, setelah dingin d:Lsaring . klinumlah a,ir rebasan ini dua kali seharip tiap kali 3/4 gelas.

Satu sendok teh arang tempurung (batok) kelapa dicampur dengan serbuk kopi, lalu diseduh dengan air mendidih 3/4 cangkir, Diaduk-aduk dan biarkan agak dingin baru diminum. Dalam sehari penderita kolera harus minum 3 kali.

Untuk penyembuhan kolera cukup dengan minum air rebusan akar kecubung. Hal ini disebabkan kandungan alkaloid pada akarnya lebih rendah daripada daun dan bunganya, Alkaloid tersebut adalah atropin, hiosiamin dan skopolamin, Selain memberikan efek menenangkan kejang-kejang, juga mampu melepaskan senyawa yang beredar dalam tubuh, sebagai penghubungn ujung saraf.

Sediakan akar kecubung (Datara metel) yang berbanga angu satu, jari dan boleh pula yang berbunga patih. Akar ini dibersihkan dari tanah dan dicuci bersih, dipotong-potong kemudian direbus dengan air bersih 2 gelaso Didihkan terus hingga airnya tinggal separoh, Setelah diangkat dan dingin, disaring lalu diminum dengan takaran 2 sendok makan, lakukan 2 kali sehari. Untuk mengurangi rasa pahitnya, boleh ditambahkan madu murni secukupnya.

Diare.

Ketiga.zat berkhasiat yang terasa pahit pada keoubumg itu juga bersifat racun bagi basil Vibrio Cholerae asiatica dan Vibrio kommas Tidak tertatup kemungkinan juga racun bag:k bakteri lain. Namun perla diketahail karena bersifat racun, maka penggunaannya harus hati-hati.

Untuk pengobatan diareplcrukup dengan minum air rebusan akar kecubung seperti cara di atas. Bila direbus bersama jahe (sipadeh), dapat mengobati, asma alias bengek atau sesak nafas.

Obat diare yang lain sebanyak 7-10 biji pepaya (yang hitam dan keras) dicuci bersih lalu dikunyah atau ditelan. Lakukan sekali sehari. Bagi wanita yang memakannya tiap hari, dapat dijadikan obat anti hamil.

Diare yang disebabkan gangguan pencernaan (bukan karena infeksi kuman patogen atau protozoa), cobalah obati dengan biji kedaung Yang mengandung glikosida, damar, tanin, sistin, Tiamin sebagai astringen dalamm biji kedawang mampu menciutkan dinding usus, sehingga menyetop diare jenis ini.

Biji kedawang disangrai, namun dijaga jangan sampai biji itu menjadi arang. Biji yang hampir hangus ini dikupas kulitnya, lalu dimakan. Boleh dikunyah langsung atau ditumbuk halus dulu, sebelum ditelan sekaligus sebanyak 1 sendok teh.

Untuk mengobati diare akibat infeksi kuman, kulit biji harus ikut dimakan. Ini karena zat glikosid dalam biji kedawung sebenarnya mampu menumpas kuman, hanya terdapat dalam kulit biji.

Kedengkik

Penyakit ini. biasa menyerang anak-anak dengan tanda-tanda: berat badan kian lama semakin kurang,(tubuh makin kurus) tinja (berak) keras, buang air besar tidak teratur, mata sayu, perut gembung.

Obatnya gilinglah 1 genggam daun kemangi atau selasih (Acilmum bacillicum formacitracum Back). Setelah halus diseduh dengan air panas 1 cangkir dan madu 2 sendok makan. Jika sudah suam-suam kuku, jamu ini diminum oleh penderita kedengkik.

Sembelit

Wortel juga dapat digunakan untuk mengobati semeblit. Dua potong wortel dicuci bersih dan diparut. Tambahkan air masak 2 sendok makan dan garam sedikit ke dalam parutan ini dan diaduk lalu diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum semuanya dan lakukan 3 kali sehari.

Cacing tracina.

Cacing tracina juga mengakibatkan sakit perut. Tanda-tandanya: Badan penderita lesu, mual, muntah-muntah, kadang-kadang mencret disertai demam, perut dan tenggorokan sakit. Bila sudah mulai parah, kulit badan pecah-pecah dan busung, nafas pendek.

Kunyahlah 2 siung bawang putihv jika sudah halus, ditelan dan minumlah air hangat segera. Lakukan tiga kali sehari.

Muntah-muntah.

Sebenarrya muntah-muntah bukanlah penyakit, melainkan gejala suatu penyakit. Gejala ini dapat disebabkan antara lain anak makan terlalu kenyang, zat busuk dalam perut, malaria, demam kuning, cacar air dan penyakit paru-paru.Untuk menghentikan gejala tersebut cobalah ramuan berikut ini.

Sepotong akar pakis haji. (Cicas rumphii Miq) dipotong‑potong dan dimasak dengan air 3 gelas. Bila iarnya airnya sudah tinggal 3/4 bagian saja, segera dinginkan. Setelah disaring diminum bersama madu. Minumlah 3 kali sehari, tiap kali ¾ gelas.

Mulas, sakit perut melilit.

Untuk ini diperlukan akar puring (Codiaeum variegatum forma) yang berdaun merah dan daun susuru (Euphorbia neri:Lfolia atau I.antiquorum Q. Puring mengandung tanin yang bersifat astringen (menciutkan) sel-sel dinding usus. Sedangkan susuru mengandung euforbin, gum, resin, euforbon, eufol, tarakserol, tarakseron, epifridelinol, yang berkhasiat antara lain penyebab muntah dan penurun panas, juga menetralkan rasa pedas akar puring.

Akar puring 1 jari (6 cm) digerus bersama 3 helai daun susuru. Diperas dan disaring, sarinya diminum. Penderita akan mengalami sedikit diare setelah minum jamu ini, namun bersamaan dengan diarenya, sakit perut yang melilit juga ikut hilang. Daun puring yang bewarna kuning dulu banyak dipakai untuk anak-anak.

Yang diredakan bukan semua sakitiiperut, tapi hanya nyeri melilit-lilit yang disebabkan oleh reaksi badan (usus itu) mempertahankan diri dari perubahan suhu dan terhadap sesuatu dari luar yang bersifat ancaman.

Mencret

Sakit perut mencret yang dimaksud di sini disebabkan karena makan berlebihan. Fer3yakit ini sering diderita oleh anak Yang menelan makanan yang sulit dicerna, Tanda-tandanya, sering buang air besar, demam, lidah kering dan berdingin dan bewarna biru.

Mencret jenis ini dapat diobati dengan minum air rebusan sawi(Brassica jun6ea casa), Caranya s sebatang pohon sawi.yang berbunga merah kuning dicuci lalu direbus dengan air bening sebanyak 3 gelas. Jika sudah mendidih dan tinggal setengahnya, diangkat dan dinginkan. Kemudian disaring lain diminum dengan madu. Obat ini diminum, 2 kali sehari, tiap kali ¾ gelas.(Tarmizi, 1995),

Nyeri haid.

Untuk menghilangkan rasa sakit di perut bagian bawah ketika haid, cobalah ramuan berikut. Selembar daun pepaya (Carica. papaya) dibersihkan dan dibuang tulang daunnya. Diremas-remas dalam sedikit air minum hingga keluar k1orofilnya yang bewarna hijau. Saring dan remas lagi beberapa kali hingga didapatkan air .remasannya satu gelas, minumlah sekaligus dan tahan rasa pahitnya.





BERMACAM OBAT SAKIT PERUT DARI TUMBUHAN

Oleh Tarmizi,, BSc, SPd

Bagian 2





Sakit perut pada anak.

Sakit perut yang dimaksud tanda-tandanya: tinja (berak) berlendir, buang air besar sering (sampai beberapa kali sehari). Untuk mengobatinya diperlukan 4 macam. tanaman obat.

Pertama ialah kunyit (Curcuma domestica). Kandungan zat berkhasiatnya adalah minyak atsiri (berisi tumeron, zingiberen, sesquiterpen alkohol), sineol, borneol, kurkumin, desmetoksi kurkmin, bideametoksikurkumin, zat pahit, lemak, harsa. Khasiat rimpang kunyit. Yaitu mempercepat pemasakan (bisul), mempermudah persalinan, obat luka, peluruh kentut, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan.(Depkes RI & PPOM UGM 1983).

Ketumbar (Coriandrum, sativum, L) mengandung minyak atsiri, tanin, lendir, asam malat, vitamin-C. Bijinya berkhasiat pelelap tidur, peluxuh dahak, peluruh haid, peluruh kentut, penambah nafsu makan, penyegar badan. Buahnya untuk obat pereda, pelancar ASI dan pencegah mual.

Selanjutnya kuli batang pulosari. (Alyxia reinwardtii L BI) yang mengandung alkaloid, tanin, zat pahit, kumarin.

Khasiatnya untuk peluruh haid, peluruh kentut, penambah bafsu makan, pereda kejang.

Yang keempat yaitu patikan cina, (Eaphorbia prostrata Ait dan Eaphorbia tymifolia L). Herba ini mengandung saponin, fasin, euporbin, quersetrin, glukosida, apigenin, tarakserol, tirukalol, tanin. Khasiatnya untuk obat cacing, obat luka, pelelap tidur, pencahar, pengelat.

Caranya: rimpang kunyit sejari dibakar, kulit batang pulosari sejari, ketumbar 7 biji, tanaman patikan cina segar seutuhnya 7 genggam, Semua dicampur dan ditumbuk, ditambah air satu cangkir dan direbus sampai mendidih. Setelah dingin disaring untuk diminum.

Takaran obat untuk bayi umur 5-7 bulan diberi minum. obat ini 1 sendok teh tiap jam, anak umur l tahun. 2 sendok teh 3 kali sehari, anak usia 2 tahun 4 sendok teh 3 kali sehari, dan untuk anak yang lebih tua 1/3 cangkir 3 kali sehari.

Sakit perut orang dewasa.

Sakit perut yang dioabti dengan resep berikut untuk sakit perut yang tidak mencret. Untuk ini diperlukan 8 tumbuhan obat untuk ramuang termasuk kunyit dan ketumbar. Nama bahan berikutnya yaitu lempuyang wangi (Zingiber aromaticum), merica bolong, temu. kunci, kayu ules (Helicteres isora L), adas (Foenicuium vulgae Mill), dan daun poko (Mentha arvensis L).

Daun poko mengandung minyak atsiri (mentol, menton, d-piperiton, limonen, etilamilkarbinolp nomentol). Berkhasiat mengurangi rasa nyeri, peluruh dahak, peluruh kentut, peluruh keringat, penambah nafsun makan, penawar racunq pengelat, pereda kejang. Kulit batang kayu ules mengandung pigmen k1oroplas, asam hidroksikarboksilat, fitosterol, saponin, flobatanin, gula. Akar dan kulit batangnya berkhasiat penambah nafsu makan dan buahnya untuk pelembut kulit. Sedangkan adas mengandang minyak atsiri, minyak lemak, stigmasterin, umbeliferon, gula, Akarnya untuk pencahar; buahLnya antuk pelaruh dahak, pelaruh kentut, penambah nafsu, makan; dan daunnya untuk. pelarut air seni, sedangkan seluruh tanaman untuk pencegah mual.

Untuk obat sakit perut, caranya s kunyit ½ Jari, lempuyang wangi sejari dibakar, temu kunci. 3 jari dibakar, temu kunci segar 3 jari, kayu ules 1 potong, adas 5 butir, ketumbar 11 biji, merica bolong 11 biji, daun poko segar 20 lembar, Campuran ditumbuk, tambahkan 2 cangkir air dan didihkan hingga tinggal 1 cangkir, saring. Minumlah jamu ini ½ cangkir dan lakukan 2 kali sehari,

Cara lain yaitu, : jeruk nipis (Citrus aurantifolia) 1 buah, minyak kayu putih secukupnya dan sedikit kapur sirih. Jeruk nipis dipotong, diperas untuk diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih sama banyak dan beri kapur sirih lalu diaduk hingga jadi semacam bubur. Lumurkan campuran ini pada kulit perut penderita.

Perut kembung.

Sakit perut yang dimaksad di sini.adalah kembung dengan tinja yang didahului darah dan lendir. Sebaiknya penderita langsung dibawa ke Puskesmas. Jika belum memungkinkan karena jauh atau. tak ada alat angkutan,, cobalah ramuan berikut.

Gambir 1 kubus kecil (2 irisan bulat), kunyit ½ jari. Kunyit diiris-irin tipis dan tambabkan gambir lalu, direbus dengan air 1 gelas. Biarkan mendidih hingga tinggal 1/3 gelas. Air rebusan diminum 5 sendok makan, 3 kali sehari. Jika sakit mulai berkurang,, minumlah ramuan ini 2 kali sehari dengan takaran yang sama (5 sendok makan). Penderita harus tidur perut dikompres dengan air panas, dan berikan makan bubur.

Perut kembung dengan tinja diikuti darah dan lendir.

Sementara menunggu, ke puskesmass tolonglah penderita dengan ramuan berikate Tepung garut (arairut) 1 sendok teh, gambir 1 kubus keoil dan air 2 cangkir, Gambir direbus dan biarkan airnya tinggal secangkir. Tambahkan tepung garutv aduk dan panaskan teras hingga jadi bubur. Ramuan ini diminum dengan takaran cangkir. Penderita harus istirahat dan diberi makan babur.

Anak sakit perut menjerit-jerit menahan sakit.

Segera cari sesiung bawang putih (Alium sativum) digiling bersama sedikit minyak tanah, Bawang berminyak yang telah lumat ini clibarutkan pada kulit perut si anak.

Mencret tak tahu sebab

Untuk mengobati mencret yang tidak diketahui penyebabnya cobalah daun jambu biji (Psidium. guajava L). Daun ini mengandung minyak atsiri, zat samak, triterpenoid, tanin, resin. Khasiatnya untuk obat luka, Mempermudah persalinan, peluruh haid, pengelat, penghenti perdarahan.

Caranya, sediakan daun muda jambu biji 3 lembar dan garam secukupnya. Bersihkan dan kunyah daun ini oleh penderita bersama sedikit garam kemudian. ditelan. Dapat pula dengan cara menumbuk daun tersebut dan diberi air masak j cangkirg diperas lalu. diminume Lakukan hal yang sama 2 kali sehari.

Mulas (kolik)

Jamu. untuk obat mulas dapat disediakan dengan cara berikut. Delapan biji kedawung (Parkia roxbarghii G.Don) disangrai (goreng tanpa minyak) hingga hangus kemudian digiling sampai halus. Serbuk ini diseduh dengan air panas sebanyak ½ cangkir dan madu satu sendok makan. Jika telah suam-suam kuku, baru diminum. Lakukan 2 kali sehari. Bagi para ibu yang sedang menyusui, seduhlah satu sendok teh serbuk ini, cukap 2 kali sehari. Khasiatnya, perut bayi yang sedang disusui dapat terhindar dari sakit kembung.

Disentri

Untuk ini, dua lembar daun muda pepaya bersama bubuk kopi satu sendok the direbus dengan satuliter (4 gelas ) air hingga mendidih. Air rebusan disaring dan diminum. secangkir tiap hari.

Cara lain: 1 siung bawang putih ditumbuk halus, dicampur dengan air gula, diminum 3 kali sehari. Boleh juga 1 siung (5 gram) bawang putih dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih 10-15 menit, dinginkan dan minum.

Sembelit.

Sembelit atau. susah buang air besar biasanya disertai perut-kembungg terasa panas karena ada angin terkepung dan kadang kala disertai demam. Untuk obatnya cobalah ramuan berikut.

Selembar daun pepaya direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Didihkan terus hingga tinggal segelas. Disaring dan diminum setelah dingin.

Cara lain: sepotong kunyit 8 cm, 3 potong gula enau masing-masing 6 cm, 2 potong buah trengguli, 3 potong asam jawa tanpa biji direbus dengan air 3 gelas. Didihkan terus hingga airnya tinggal 3/4 bagian, angkat dan dinginkan. Setelah disaring baru. Dininum 3 kali seharig, tiap kali ¾ gelas. Jika bahan-bahan tersebut tidak tersedia, boleh juga kunyit saja.

Caranya, sepotong kunyit 4 cm diparut. Parutan ini dicampur dengan air masak 1 sendok makan dan beri sedikit garam. Airnya diperas lalu diminum, lakukan 3 kali sehari.

Masuk angin

Untuk obat masuk angin cobalah ambil daun muda mengkudu (Norinda citrifolia), digosok dengan minyak kemudian diPanggang di atas bara selama 2 menit. Dalam keadaan hangat, daun itu ditempelkan pada perut. Lakukan Sekali sehari

Tarmizi, BSc,SPd

Referensit

Tarmizi, "Kandungan dan.Khasiat Bawang putih," (Tabloid Ganto)No.30.94.

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers