Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, February 23, 2012

Asam Urat


Kiat Mengatasi Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya
Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd


            Serangan asam urat (Gout) akan sangat menganggu aktivitas dan sulit dienyahkan. Serangan ini acap menjadi pemicu sakit sendi dan batu kandung kemih.Kin) mari kta lirik dari mana sumber asam urat ini.
            Buah yang rasanya masam, enak bagi sebagian wanita hamil. Menyantaap kedondong, atau mangga muda yang sedikif masam, terntu memiliki nikinat tersenditi. Tiap buah yang rasanya masam sudah pasti mengandung jenis senyawa asam terentu. sedangkan senyawa asarn urat adalah senyawa yang terbentuk dari hasil metabolisme tertentu di dalam tubuh. Kadarnya tidak boleh berlebihan. Bila berbebihan, maka kita akan mengalami berbagai gangguan, misalnya, sakit persendian.
            Dalam tubuh tiap orang yang metabolisme tubuhnya. normal telah tersedia asam urat (uric acid) dari hasil pemecahan purin. Tubuh menyediakan 85% purin dan hanya butuh 15% lagi dari Iuar yaitu melalui makanan. Makanya, kelebihan konsumsi makanan yang banyak purin atau senyawa lain tertentu akan menaikkan kadar asam urat tubuh.
Dari produk hewani
            Ada kalanya kita menyantap makanan apa saja tanpa mempertimbangkan kandung zat di dalamnya. Misalnyva di tempat pesta, waktu lebaran atau hari ulang tahun. Makanan dari produk hewani umumniya merupakan sumber purin berkadar tinggi. Makanan seperti itu kurang baik bgil orang tertentu, yang punya bakat mendapat gangguan asam urat. Jika mereka mengkonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, akan berakibat jumlah purin di dalam tubuhnya melebihi batas normal.
                        Menkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman bisa meningkatkan asam
Urat, antara 1ain alkohol, ikan kering, telur dan jeroan. yang tergolong jeroan bukan
hanya usus, tapi juga hati, limpa, ginjal, paru-paru dan jantung.
            menyantap nasi bersama jeroan yang dikemas berupa sate, gulai, kalio dan aneka.masakan lain dengan bahan yang sama, akann terasa nikmat. Memang tidak semua orang menuyukai masakan jeroan. 'yang tidak suka tersebut mungkin tidak dampak kelebihan asam urat.
Sakit persendian
            Sakit sendi banyak ditentukan oleh keadaan dan bawaan. Bagi yang punya penimbunan asam urat, mengkonsumsi jeroan dapat memperberat kerja enzim ksantin atau hipoksantin dalam mengolah purin, sehingga banyak. asam urat yang tersisa dala darah. Sisa asam urat itu bentuk butiran dan akan mengumpul di sekitar sendi, sehingga menimbulkan sakit sendi.
            Pada artitis gout, sendi yang diserang umumnya satu sendi. Biasanya serangan pada pangkal sendi jari kaki 60%, dan sisanya pada bagian tubuh yang lain, bisa lutut, Tumit, atau siku. Serangan ini sering tiba mendadak. Bisa saja pada siang sampai menjelang Tidur tidak ada keluhan, namun saat tenhgah malam penderita mendadak Terbangun karena kesakitan yang amat sangat, sampai-sampai terkona angin atau selimut saja tubuhnya amat sakit.
            Rasa sakit itu biasanya disertai pembengkakan, kulit di sekitarnya memerah, timbul demam, mual, dan kurang nafsu makan. Keadaan ini bisa berlangsung lebih dari sepekan. Meski dekian, para ahli penyakit ini tergolong self limiting disease, karena reda sendirinya meski tidak diobati.
Sejalan dengan usia
            Kadar asam urat pada pria cenderung meningkat sejalan dengan usia. Pada wanita, peningkatan dimulai sejak masa berhentinya haid (menopause). Kalau peningkatan asam urat ini melampaui ambang batas, persoalan akan timbul terutama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih.
            Pemeriksaan asam urat dilakukan di laboratorium dengan dua cara, yaitu secara enzimatik dan teknik biasa. Kadar asam urat normal menurut tes enzimatik maksimum 7 mg%. Dengan teknik biasa, nilai maksimalnya 8 mg%. bila hasil pemeriksaan menunjuukkan angka yang lebih tinggi dari standar normal, mungkin penderita mengalami hiperurikemi.
            Dalam suatu penelitian, tidak semua orang yang, kadar asam uratnya naik meminbulkan gejala atau keluhan. Kalau tak ada keluhan, sebetulnya tak perlu. diobati. Ada kalanya sesudah 20-30 tahun kadar asam urat di dalam tubuh baru. Akan memperlihatkan gejala. Keadaan seperti ini dipengaruhi oleh bakat.
                     Kalau menurut hasil uji lab kadar asm urat terlalu tinggi, perlulah memperhatikan
masalah makanan. Apakah memang makanan dan minuman Yang selalu dikonsumsi menjadi pemicu asam urat atau tidak. Pada yang gemuk, asam urat biasanya naik, sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk amannya, diaijurkan
menurunkan beral badan.
             Menurut DR. Yusuf S Bazed dari bagian Urologi Rumahsakit Islam k Jakarta, Jumlah penderita asam urat kian meningkat antara lain akibat peningkatan taraf hidup. Mengkonsumsi makanan yang enak dan banyak yanmg tidak dikontrol dengan baik, akan menjadi kegemukan dengan segala akibatnya.
             Jeroan atau sumber ptrin lain juga merupakan bahan makanan. tinggi protein dan lemak. Meski makanan itu tinggi kolesterol dan senyawa purin, sebetulnya Penting juga bagi tubuh, terutama saat usia pertumbuhan. Kolesterol penting bagi prekiusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, hormon steroid, garam-garam dan membran sel. Bagi yang kesehatannya masih baik, dianjurkan tetap jangan makan berlebihan. Bagi penderita gangguan asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan, misalnya jangan mengkonsumsi makanan tinggi purin, maka pilihlah makanan rendah purin.
             Sebagai pedoman, kandungan purin dari berbagai bahan makanan diklasifikasikan sebagai berikut. Makanan tinggi purin (150-800 mg/100 g makanan) seperti ikan sarden, hati, ginjal, dan ekstrak daging. Makanan berkadar purin sedang (50-150 mg/100 gram bahan makanan) seperti daging, ikan, kacang-kacangan, jamur, kerang-kerangan, asparaugs, kembang kol, dan bayam. Dan bahan makanan rendah purin (0- 50 m/100 gram bahan makanan) seperti sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian atau serealia.
             Patokan diet lainnya, mengurangi pemasukan protein sampapi batas minimal, yaitu 0,8 gram/kg berat bad badan. Kemudian mengurangi lemak, memperbanyak minum 2,5-3 liter per hari. Meningkatkan konsumsi karbobidrat komplek, hindari minuman beralkohol, dan jauhi makanan tinggi purin. Hal yang juga perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya akan terus berlanjut.
Seranan nyeri akibat gout (asam urat tinggi) seringkah terjadi mendadak saat tidur, yang biasanya menyerang ibu jari kaki dan tumit, dan lutut. Daerah di sekitar persendian memerah,bengkak, dan mengkilat.
Hal‑hal yang perlu dilakukan untuk menghindari asam urat tinggi antara lain:
·        Mengurangi pengkonsumsian jeroan, daging, kacang, kol, kembang kol, kangkung, bayam, rebung, es, daging kambing, emping/melinjo, kerang, dan lain‑lain.
·        Menghindari minuman beralkohol.
·        Memperbanyak minum air.
Penyebab:
Gout adalah sejenis artritis yang disebabkan oleh pengenIdapan asam urat pada persendian. Asam urat merupakan hasil metabolisme yang mengalir melalui peredaran darah. jika kadaT asain urat terlalu tinggi atau terlalu sedikit yang dibuang melalui air kencing, akan terbentuk kristal‑kristal kecil dan akan mengendap pada salah satu persendian hingga menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat, ben‑kak di sekitar persendian, dan terjadinya kelainan bentuk persendian.
Pengobatan:
·        200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 ½  liter air hingga tersisa 1/2 liter. Airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan.
·        10 lembar daun salam direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc air, kemudian airnya diminum selagi hangat.
·        Takokak secukupnya dikonsumsikan menurut selera, dan dilakukan secara teratur.
·        Buah leunca secukupnya dikonsumsi.
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali seltari.
(Tarmizi, B.Sc, S.Pd / Universitas Negeri Padang)

Tumbuhan Obat

Followers