Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, February 7, 2011

25 Maret 2009

TAPAK LIMAN



TEMPUYUNG



PUTRI MALU



KUCING KUCINGAN



KEMBANG SEPATU



KEMANGI



KAMBOJA



CALINGCING



BANDOTAN



20 Maret 2009

MELATI

Melati
(Jasminum sambac Ait.)

Melati sebenarnya termasuk golongan tanaman perdu berkayu,tapi tingginya bisa mencapai 3 meteran. Bahkan kalau diliarkan, tanaman ini bisa merambat dan memanjat ke dinding sekalipun. Bunganya putih bersih dengan garis tengah kira-kira 3 cm dan mengeluarkan aroma wangi yang menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Kandungan dan manfaat melati.

Melati mengandung jasmon, sejenis keton: metil-pentenil-siklopentenon yang enak baunya. Keton ini juga bersifat menyejukkan sampai mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut. Ia juga memiliki kandungan kimia indol,benzyl dan livalylacetaat.

Khasiat melati.

1. Demam sakit kepala.

Segenggam daun melati muda, 10 kuntum bunga melati. Dicuci dan diremas. Beri sedikit air sampai menjadi seperti bubur. Borehkan pada kening dan dada sisakit.

2. Menghentikan ASI.

Segenggam bunga melati dicuci, diremas sampai halus. Lalu ditapalkan ke buah dada (jangan terkena puting). Lakukan hal ini setiap pagi dan sore sebelum mandi selama seminggu.

3. Bengkak akibat gigitan/sengatan serangga.

Segenggam bunga atau daun melati dicuci,diremas sampai hancur. Tempelkan pada bagian yang terkena gigit maupun sengatan.

4. Bau badan

30 kuntum bunga melati, dicuci, masukkan kedalam gelas berisi air matang, lalu tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil. Embunkan selama semalam. Minum cairan ini setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

5. Jerawat

20 kuntum melati, 2 jari asam kawak dan seibu jari belerang. Semua bahan dicuci bersih lalu ditumbuk jadi satu sampai halus. Peras ambil airnya. Kemudian air perasan tadi di beri 2 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat 2x sehari.

BAWANG MERAH

Bawang Merah
(Allium cepa L.)

Bawang merah sering pula disebut berambang. Umbi lapis berwarna keungu-unguan itu berbau tajam. Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya meruncing. Baik umbi maupun daunnya sehari-hari sering dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Namun bawang merah juga sering dimanfaatkan dalam pelbagai jenis ramuan obat tradisional.

Kandungan dan manfaat bawang merah.

Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap antiradang, pembunuh bakteri. Sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Bawang merah juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan keluarnya angin dari perut, melancarkan buang air kecil, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Bahkan bawang merah juga dipercaya bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya.

Khasiat bawang merah.

1.Demam pada anak.

Kupaslah 3 siung bawang merah, cuci dan parut. Ambil 2 sendok makan minyak goreng,
1/2 sdm minyak kayu putih, seiris jeruk nipis diambil airnya. Semua bahan dicampur. Gosokkan ke ketiak, punggung dan perut.

Kalau panasnya terlalu tinggi, gosokkan kekepala, ketiak dan semua lipatan badan, juga ke perut, telapak kaki dan bagian-bagian badan yang terasa panas kalau dipegang.

2. Kutu air / kaki rangen.

3 siung bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu didihkan. Hangat-hangat oleskan ke sela-sela jari yang gatal. Kaki hendaknya dicuci terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.

3. Payudara bengkak/mastitis.

5 siung bawang merah dikupas, dicuci dengan air hangat lalu diparut. Kemudian tempelkan ke payudara, tetapi jangan terkena putingnya.

4.Kerokan.

2 siung bawang merah dikupas, dicuci lalu diparut. Campurkan dengan 2 sendok makan minyak goreng.

Untuk kerokan pada anak-anak. 1 siung bawang merah dikupas, dicuci, dipotong jadi 2 bagian, lalu digosok-gosokkan kekulit sianak, seperti kita sedang mengerok.

5. Masuk angin.

5 siung bawang merah dikupas, dicuci dan diparut. 1 sendok makan air larutan kapur sirih (kapur sirihnya cukup seujung jari kelingking), dicampur. Digosokkan keperut, punggung, tengkuk dan kaki.

19 Maret 2009

PARE

Pare
(Momordica charantia L.)

Pare adalah tumbuhan liar yang mudah dibudidayakan. Tanaman ini merambat dengan sulur berbentuk spiral. Daun pare berbulu, berlekuk-lekuk dan bertangkai sepanjang kira-kira 10 cm. Bunganya berwarna kuning kecil-kecil. Buah pare berbentuk bulat panjang, berwarna hijau, kulit bergelombang rapat dan rasanya pahit. Perkembangbiakan melalui biji.

Kandungan dan Manfaat.

Buah pare bersifat mematikan cacing. Tanaman yang rasanya pahit ini bersifat mendinginkan, membersihkan darah, antiradang, menambah nafsu makan, menurunkan panas dan menyegarkan.

Khasiat Pare.

1.Menambah ASI.

1 buah pare dicuci, direbus lalu dilalap. Cara ini juga bagus untuk membersihkan darah kotor.

2. Menyuburkan rambut anak.

Daun pare diremas-remas. Oleskan kekulit kepala si anak.

3. Menghilangkan bekas luka.

Segenggam daun pare dicuci lalu dilumatkan. Beri air panas sedikit dan diperas. Air perasan tadi di campur dengan 2 sendok makan tepung beras, aduk sampai rata. Oleskan pada luka. Lakukan setiap hari.

4. Cacingan pada anak.

Segenggam daun pare segar diseduh dengan seperempat gelas air. Saring. Beri 1 sendok teh madu. Diminum sebelum sarapan.

5. Batuk.

7 helai daun pare diseduh dengan 2 sendok makan air. Lumatkan lalu diperas. Minum airnya 2x sehari.

BAWANG PUTIH

Bawang Putih
(Allium sativum L.)

Bawang putih adalah herba semusim berumpun yang tingginya sekitar 60 cm. Berbatang semu yang warnanya hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung dan menyatu menjadi umbi besar yang berwarna putih. Setiap siung terbungkus oleh kulit tipis dan kalau diiris mengeluarkan bau yang sangat tajam. Bawang putih berakar serabut dan daunnya pipih memanjang.

Kandungan dan manfaat bawang putih.

Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri,juga antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya antikolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner,tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Bawang putih juga mengandung kalium dan bersifat menenangkan,sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi. Bawang putih juga memiliki senyawa kimia,saltivine,yang bisa mempercepat pertumbuhan saraf. Ia juga mengandung diallysulfide yang anticacing.

Khasiat Bawang Putih.

1.Hipertensi.

Caranya, Bawang putih dibakar sampai matang, lalu dimakan. Dua hari pertama makan 6 siung, selanjutnya selama seminggu makan 2 siung tiap harinya.

2. Cacingan.

3 siung bawang putih dikupas, dicuci. Kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat. Lakukan 1 - 2x sehari.

3.Batuk Rejan Dan Bronchitis

30 gram bawang putih dikupas, dicuci dan dilumatkan. Campur dengan gula batu dan segelas air matang. Diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

4. Migrain

2 siung bawang putih, dikupas dan dicuci. Kunyah perlahan sampai lumat lalu telan dan minum air hangat. Lakukan 2x sehari.

5.Digigit serangga beracun

6 siung bawang putih dikupas, dicuci dan dilumatkan. Oleskan bagian yang disengat. Balut.

6. Mengeluarkan serpihan kaca,kayu dan duri

Bawang putih dikupas,dicuci dan dilumatkan. Tempelkan pada bagian yang kemasukan serpihan kaca, kayu ataupun duri.

7. Cantengan

Cuci 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan 2 biji kemiri. Lumatkan dan beri garam dapur. Tempelkan pada kuku yang bengkak,balut. Ganti sehari 2x,pagi dan sore hari.

8.Luka kena benda tajam berkarat

Bawang putih dikupas, dicuci lalu di bakar. Celupkan kedalam minyak kelapa, lalu lumatkan. Oleskan pada bagian yang luka.

Catatan :

Ada sebagian masyarakat yang berpendapat,sebaiknya bawang putih tidak dimakan mentah. Karena dapat mengganggu lambung. Dianjurkan agar bawang putih direbus, digoreng atau di panggang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

02 Maret 2009

SUJI



SOKA



SIDAGURI

Sidaguri
(Sidarhom bifolia L.)

Di kampungku, Dusun Kuta Kidul Desa Kuta Kecamatan Belik Pemalang, kalau musim kemarau tiba, biasanya masyarakat akan kesulitan mencari rumput untuk kebutuhan makanan ternak. Dimusim kemarau biasanya rumput yang mampu bertahan hidup antara lain alang-alang, tapak liman, tempuyung, bandotan, rumput jampang dan sidaguri.

Diantara rerumputan musim kemarau ini, yang menjadi favorit bagi hewan ternak-terutama kambing- adalah rumput tapak liman dan sidaguri. Sidaguri memang tumbuh subur dan liar di tepi-tepi jalan, pematang sawah, halaman yang berumput, diladang-ladang dan tempat yang mendapat sinar matahari cukup.
Sidaguri tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian 5 - 1450 mdpl, dan tanaman perdu ini bisa mencapai 2 meter tingginya.

Sidaguri daunnya tunggal, berseling bentuknya lanset dengan bagian tepi bergerigi serta ujung meruncing. Bunga tunggal berwarna kuning cerah, muncul dari ketiak daun. Bunga sidaguri mekar sekitar jam 12 siang, tiga jam kemudian kuncup lagi. Buah sidaguri dengan 8 - 10 kendaga, diameter 6-7 mm. Akar dan batangnya yang kuat sering dimanfaatkan sebagai tali. Perkembang biakan sidaguri dengan stek dan biji.

Kandungan & Manfaat Sidaguri.

Tumbuhan ini rasanya manis, pedas. Sifatnya sejuk, masuk meridian jantung, hati, paru-paru, usus besar dan usus kecil. Sidaguri bersifat antiradang, menghilangkan nyeri (analgesik), peluruh kencing (diuretik), peluruh haid dan sebagai pelembut kulit.

Daun sidaguri mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri. Juga banyak mengandung phlegmatik yang bisa digunakan sebagai peluruh dahak (ekspektoran) dan pelumas (lubricant).

Batang sidaguri mengandung kalsium oksalat dan tanin. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan efedrine. Sifatnya sejuk, merangsang enzim pencernaan, mempercepat pematangan bisul, antiradang dan abortivum.

SEREH



RUMPUT JAMPANG

Masyarakat di lingkungan tempat tinggalku di Desa Kuta Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, menyebut rumput ini dengan nama ''Rumput Jampang''.

Rumput jampang ini sangat disukai binatang ternak, seperti kambing. Pertumbuhannya yang tak mengenal musim, menjadikan rumput ini selalu tersedia keberadaannya. Biasanya rumput jampang tumbuh subur di lahan yang lembab seperti, dibawah pepohonan yang rindang dan tempat-tempat yang mengandung air seperti got-got, tepi sungai, air terjun dan lain sebagainya.

Salah satu khasiat rumput jampang, adalah untuk mengobati panu yang membandel.

Caranya, ambil segenggam akar rumput ini. Cuci sampai bersih lalu dimemarkan sampai menyerupai kuas. Bahan berikutnya adalah 2 sendok makan bubuk belerang (belerang yang sudah ditumbuk) di campur dengan 2 sendok makan minyak kelapa, aduk sampai rata.

Kemudian celupkan akar rumput jampang ke ramuan ini, lalu gosokkan pada bagian selangkangan sampai rata. Biarkan minimal 8 jam ramuan ini menempel di selakangan. Insya Allah dalam waktu kurang dari sebulan, panu akan sirna.

PISANG



MANGKOKAN



KENIKIR



KENANGA

Kenanga
(Canangium odoranatum)

Kenanga termasuk tumbuhan yang berbatang besar. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai antara 5 - 10 meter. Tumbuhan ini waktu berusia muda, dahannya mudah patah (getas). Gampang pertumbuhannya, terutama di dataran rendah 25 - 1000 mdpl.

Yang paling banyak diambil manfaatnya adalah bunganya yang kuning dan wangi khas. Bunga kenanga ini muncul pada batang pohon atau di rantingnya. Susunan bunga kenanga sangat spesifik, sekuntum kenanga terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta tiga daun yang hijau kecil-kecil.

Khasiat kenanga bisa untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Contohnya :

1. Malaria.

Caranya, ambil sekitar 15 gram bunga kenanga. Lalu diseduh dengan air masak yang masih panas. Tutup rapat sampai saripati bunga kenanga larut. Saring dan diminum dalam keadaan masih hangat-hangat kuku.

2. Sakit kepala.

Bunga kenanga 15 gram dan jahe juga 15 gram. Jahe diiris-iris tipis, rebus bersama bunga kenanga dengan 1 gelas air. Setelah mendidih dan air tinggal setengah, angkat dan diamkan. Hangat-hangat kuku diminum.

3. Bau badan.

Nyaris sama dengan resep diatas, 15 gram bunga kenanga direbus dengan 1,5 gelas air. Campurkan gula batu secukupnya, tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengah. Diminum hangat-hangat kuku. Lakukan rutin setiap hari.

4. Keputihan.

Kenanga 30 gram, kulit delima kering 30 gram. Rebus kedua bahan ini menggunakan 1,5 gelas air sampai air tinggal setengah. Saring lalu diminum setelah dingin. Ramuan ini untuk 2x minum dalam sehari, pagi dan sore.

5. Sesak nafas (asma)

Bunga kenanga 15 gram, kulit semangka kering 15 gram. Rebus dengan segelas air sampai air sisa setengah. Saring dan minum setelah dingin 2x sehari.
Atau bisa juga kenanga direbus dengan 200 cc dan campuri dengan satu sendok makan gula pasir.

GEDI



SINGKONG

Singkong
(Manihot utilissima)

Singkong identik sebagai makanan rakyat. Tanaman yang paling mudah perkembangbiakannya ini gampang kita jumpai di sekitar kita. Biasanya pohon singkong ditanam dikebun, ladang atau sebagai pagar. Perbanyakan tanaman ini dengan cara stek dari batang pohonnya yang sudah tua.

Kandungan dan Manfaat Singkong.

Efek farmalogis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor dan penambah nafsu makan. Bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman ini adalah umbi singkong dan daunnya.

Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidratarang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C serta amilum.
Daun singkong memiliki kandungan vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidratarang dan zat besi.
Sedangkan kulit singkong mengandung tanin, enzim perioksidase, glikosida dan kalsium oksalat.

Selain itu, singkong juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Antara lain:

1.Reumatik (encok).

Caranya sebatang singkong dikupas, dicuci. Rebus dengan 2 gelas air. Campurkan sebatang sereh dan 15 gram jahe. Tunggu sampai air mendidih dan tersisa setengah. Saring. Minum ramuan ini sehari 2x pagi dan sore hari.

Atau bisa juga dengan cara menggunakan: 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan ditumbuk jadi satu sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang terserang encok (rematik).

2. Penglihatan Kabur.

Ambil daun singkong secukupnya, lalu rebus dengan campuran bumbu garam dan bawang putih. Gunakan sayur bening ini untuk teman makan nasi setiap hari.

3. Diare.

7 lembar daun singkong direbus dengan 2 gelas air sampai sisa setengah. Saring dan minum airnya. Ramuan ini untuk 2x minum, pagi dan sore hari @ setengah gelas.

4. Kulit melepuh karena terkena benda panas.

Sebatang singkong dikupas, cuci, lalu diparut. Peras. Setelah terkumpul air perasan singkong, kemudian air ini diamkan sampai tepung pati-nya mengendap kebawah. Lalu gunakan pati basah ini untuk obat oles pada bagian tubuh yang kulitnya melepuh atau luka .

PEPAYA

Pepaya
(Carica papaya L.)

Pohon yang banyak dijumpai disekitar kita ini bisa mencapai ketinggian 8 meter. Daunnya berbentuk telapak tangan. Buahnya berwarna hijau dan setelah masak berubah kuning kemerahan.

Kandungan & Manfaat Pepaya.

Daunnya yang pahit merangsang nafsu makan. Senyawa caricaksantin dan violaksantin menghambat terjadinya batu empedu. Biji pepaya bersifat anthelmintik. Buah pepaya mengandung vitamin A.

Khasiat Pepaya.

Obat Malaria

Beberapa helai daun pepaya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sedikit demi sedikit sepajang hari, sampai habis.

Diare

Keringkan segenggam biji pepaya lalu tumbuk sampai halus. Seduh serbuk biji tersebut seperti menyeduh teh. Minum 3x sehari @1 gelas.

Melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal

3 jari akar pepaya dipotong-potong, lalu direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah agak dingin,disaring. Diminum 3x sehari @3/4 gelas. Supaya terasa enak,beri sesendok madu.

Obat Kutil

Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali. Cara ini bisa juga dipakai untuk mengobati luka kecil.

Melancarkan Haid

2 helai daun pepaya dicuci, ditumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air. Peras dan beri sedikit garam. Minum sekaligus sekali sehari.

Obat Hipertensi

Parut sebuah pepaya muda, lalu diperas dan ambil airnya. Minum air ini 2x sehari. Ulangi selama 3 hari.

Mencegah Rambut Beruban

Jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering. Setelah itu, disangrai sampai hangus. Tumbuk sampai halus. Campurkan sedikit minyak kelapa dan aduk sampai rata. Oleskan ramuan ini pada kulit kepala yang sudah dikeramas. Gunakan sebelum tidur.

Mengkonsumsi buah pepaya segar setiap hari,Insya Allah akan terhindar dari sakit sariawan dan juga sembelit.

ALANG-ALANG

Alang-Alang
(Imperata cylindrica L.)

Tumbuhan jenis rumput ini sangat mudah di jumpai dimana-mana. Tanaman ini menyukai tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Alang-alang bisa mencapai ketinggian 30 - 180 cm. Batangnya padat,daunnya seperti rumput. Yang banyak di manfaatkan untuk pengobatan adalah akarnya.

Kandungan & Manfaat: Menurunkan dan melancarkan air seni karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu,juga menghentikan perdarahan.

Khasiat Alang-Alang

Obat Diare

250 gram akar alang-alang dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama seperempat jam. Diminum segera setelah buang air besar. Sekali minum 1 gelas.

Hepatitis dan Mimisan

200 gram akar alang-alang dicuci bersih lalu di rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal sekitar 2 gelas. Setelah dingin,disaring dan diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari. Cara ini juga bisa untuk mengobati gangguan pada prostat.

Akan tetapi kalau untuk gangguan prostat, dosis akar alang-alangnya lebih banyak,yakni 500 gram.

Obat Kencing Batu

100 gram akar alang-alang, setengah genggam daun meniran, setengah genggam daun kumis kucing dan 10 helai daun kecubung direbus jadi satu dengan 5 gelas air sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin,disaring dan diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas, sampai batu keluar.

Melancarkan Air Seni

250 gram akar alang-alang,sedikit gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit. Setelah dingin,disaring dan diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas.

Hipertensi Akibat Sakit Ginjal

200 gram akar alang-alang,sedikit tangkue (manisan yang dibuat dari labu putih) direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Setelah dingin,disaring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Selain yang tersebut diatas, alang-alang juga berkhasiat untuk menambah kekuatan pada kaki. Resep ini cocok untuk yang hobi mendaki gunung. Caranya,cabut pohon alang-alang yang masih segar,lalu ikatkan pada kedua kaki. Insya Allah rasa capek dan pegal linu di kaki akan sirna.

Di Kabupaten Pekalongan ada minuman khas yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa capek dan pegal linu. Masyarakat Kota maupun Kabupaten Pekalongan yang mayoritas sehari-harinya bekerja di perbatikan memang banyak mengeluarkan tenaga. Sehingga untuk menunjang stamina aktifitas sehari-hari mereka banyak yang memanfaatkan khasiat dari "Wedang Alang-Alang".

Warung-warung wedang alang-alangpun banyak bertebaran di Pekalongan, khususnya di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Warung wedang alang-alang menyajikan minuman yang bahannya terdiri dari akar alang-alang, jahe, kamijoro (sereh) dan pemanis dari gula aren maupun gula kelapa.

Sehingga saking populernya minuman penghangat tubuh ini seakan menjadi ikon Kabupaten Pekalongan.

Tumbuhan Obat

Followers