Automatic translation of this blog page

Monday, June 21, 2010

Pepaya 3

Pepaya, dari Daun hingga Bijinya Berkhasiat Obat
Oleh Tarmizi, B.Sc,S.Pd
bagian 3
(rematik, nyeri haid, kanker, radang ginjal, cacing gelang, difteri, luka bakar, beri-beri, tersedu-sedu)
Pepaya merupaka buah yang mudah didapat, karena buah yang dihasilkan dari tanaman ini tidak mengenal msim, dapat ditanam dan panen kapan saja.
Pepaya banyak mengandung pencahar, Vitamin A, Riboflavin dan enzim papain yang berguna untuk mencerna protein menjadi asam-asam amino sehingga pencernaan bahan makanan yang kaya akan protein dapat dibantu dengan adanya. papain ini. Dengan mengkonsumsi buah pepaya masak setiap hari akan mengatatasi gangguan- gangguan pencernaan, konstipasi, serta dapat mengusir cacing dalam perut.
Pepaya yang dicampur dengan kuning telur yang direbus dapat mengobati stomatitis (radang mulut), memperbanyak air susu ibu (ASI) dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pepava yang dicampur dengan SuSu dan madu merupakan tonikum yang berguna untuk anak-anak yang sedang tumbuh, wanita hamil dan wanita menyusui. Apa ' bila resep tadi dicampur dengan sari bawang putih, campuran ini konon dapat sebagai "Sex Tonic" bagi orang-orang yang "gugup dan lemah".
Selain buah, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat. Dengan memeras daun pepaya, cairan ini dapat digunakan sebagai pencahar dan sebagai obal cacing. Akan tetapi cairan ini tidak boleh digunakan oleh ibu yang sedang hamil muda, sebab dapat menyebabkan gugurnya kandungan.
Reumalik
• Dua potong akar dan selembar daun pepaya ditumbuk halus, direbus dalam seliter air sampai mendidih. Setelah disaring air rebusan ini diminum setiap sore sebanyak satu gelas.
Menghilangkan rasa sakil ketika haid
• Satu lembar daun pepaya dibersihkan dan dibuang tulang daunnya. Diremas-remas dalam sedikit air ininuin hingga keluar klorofilnya yang berwama hijau. Saring dan remas lagi untuk mengambil zat hijau daunnya. Setelah cukup satu gelas, klorofil dalam air minum ini diminum hingga habis dan tahan rasa pahitnya.
Obat kanker
• Daun pepaya sepertiga pelepah, daun ceremai muda 1/2 genggam, dan bayam merah 1/3 genggam, wortel dua potong yang panjangnya masing-masing 8 cm dan daun belimbing 1/4genggam.
Semuanya dicuci kemudian digiling sampai halus. Diremas dengan air masak ½ gelas minum dan madu tiga sendok makan. Semuanya diperas dan disaring. Air yang diperas itu diminuni o1ch si sakit dalam satu hari tiga Lili. Tiap kali minum setengah gelas minum.
Obat cacing kremi
• Dua potong akar pepaya kira-kira 8 cm, bawang putih 3 butir yang telah dicuci dan 2 potong gula enau lalu dipotong-potong keniudian direbus dengan air 3 gelas minum. Jika telah mendidih dan airnya tinggal 1/2 nya didinginkan lalu disaring untuk diminum dua kali schari. Tiap kali minum 3/4 gelas minum.
Radang ginjal
• Ambillah tiga potong akar pepaya a" 8 cm lalu dicuci dan dipotong-potong baru direbus dengan air matang 4 ½ gelas minum. Bila telah mendidih hingga tinggal separohnya, didinginkan dan disaring supaya dimi numkan kepada si sakit tiga kali sehari. Tiap kali meminumnya harus 3/4 gelas minum.
Obat cacing gelang
• Gilinglah biji pepaya sebanyak 2 sendok makan. Setelah halus diseduh dengan air panas 1/2 cangkir dan madu satu sendok makan. Jika telah suam diminum, satu kali sehari.
Obat difteri
• Ambillah 15 tetes getah pepaya kemudian diseduh dengan air hangat satu sendok makan. Obat Difteri Obat itu bukan obat minum melainkan obat kumur. Si penderita harus mengumurnya selama 3 menit. Dalam sehari harus mengkumurnya sampai tiga kali. Cara mengumurnya sampai ditenggorokan.
Obat luka bakar
• Gosoklah luka itu dengan 1/3 cangkir getah pepaya.
Menggosoknya harus dengan kapas. Obat itu dipakai tiga kali sehari.
• Campurlah dua sendok makan minyak kelapa dengan dua sendok teh getah buah pepaya yang masih muda dan sedikit kapur sirih. Bila telah rata campurannya, dapat digosokkan pada luka itu. Dalam sehari bisa digosokkan sampai tiga kali.
obat beri-beri
• Daun pepaya yang agak muda sebanyak tiga perempat pelepah. Ditumbuk sampai halus kemudian diremas dengan air garam setengah cangkir. Sebelum menumbuknya daun itu dan alat penumbuknya harus dicuci sampai bersih. Jika perlu dicuci dengan air mendidih. Semuanya diminum, tak boleh disisakan. Dalam sehari dua kali minum obat itu.
Obat tesedu-sedu
• Cincang sepotong buah pepaya yang telah matang kemudian diberi air jeruk nipis satu, sendok teh dan madu 2 sendok makan. Semuanya diaduk lalu di,makan sedikit demi sedikit. Dilakukan dua kali sehari.

Tumbuhan Obat

Followers