Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, June 7, 2010

Khasiat Pinang


PINANG OBAT cacing, borok, luka, difteri, sari rapat, bau badan, mani encer, penguat gigi, pengencang payudara

oleh Tarmizi, BSc, S.Pd

Pinang (Areca catechu L) termasuk keluarga arecacae. Buah Pinang oleh para peracik jamu dikenal dengan nama simplisia Arecae fructus. Pinang di Sumatera disebut juga pineng, pineung, oinang, batang mayang, batang bangkah, batang pinang, pining dan boni. Di Jawa disebut jambe, penang dan wohan, sedangkan di Kalimantan sebagai gahat, gehat, kahat, taan, pinang, sementara di Nusatenggara disebut buah jambe, bia, winu, pua, wenji, keu, ua, ehu, glok, wua dan tidale. Di sulawesi dinamakan mamaan, nyangan, luhuto, luuguto, poko rapo, alosi dan mamongo, di Maluku sebagai bua, hua, soi, hualo, hual, soin dan palm. Di Irian disebut kamcu, hakawi, wesu, sabu, sawu, ropum, mauwes, wueh prau dan yor.

Kandungan dan khasiat pinang

Buah pinang mengandung arekolin, arekaidin, guvasin, guvakolin, isoguvasin, gula, resin. Khasiat buah pinang antara lain untuk memperkecil pupil mata, obat cacing, obat luka, peluruh dahak/obat batuk, peluruh haid, peluruh liur, pengelat. Daun pinang berkhasiat untuk penambah nafsu makan, sementara sabutnya untuk peluruh air seni dan pencahar.

Biji pinang mengandung 0,3-0,6% alkaloid, seperti Arekolin (C8H13NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine. Selain itu juga mengandung red tanin 15%, lemak 14% (palmitic, oleic, stearic, caproic, caprylic, lauric, myristic acid), kanji dan resin. Biji segar mengandung kira-kira 50% lebih banyak alkaloid, dibandingkan biji yang telah diproses.

Arekolin: Obat cacing dan berkhasiat sebagai penenang.

Obat Cacing:

30 g serbuk biji pinang direbus dengan 2 gelas air, didihkan perlahan-lahan selama 1 jam. Setelah dingin disaring, minum sekaligus Sebelum makan pagi.

Obat khusus cacing tambang

Adanya cacing tambang pada penderita ditandai dengan pucat kekuning-kuningan dan nafas sesak. Obat tradisionalnya adalah dengan menggiling setengah biji pinang, setelah halus diseduh dengan air panas 3/4 cangkir dan garam satu sendok makan. Jika telah suam-suam kuku diminum pada malam hari. keesokannya diminum obat urus-urus.

Obat borok

Penyakit borok dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Tanda-tandanya ialah si penderita selalu demam dan lukanya berbau tak enak. Untuk mengobatinya coba saja reseo berikut: Sebutir buah pinang tua ditumbuk sampai halus. Jika telah halus ditaburkan ke borok. Disamping itu penderita dianjurkan makan sayur bewarna hijau.

Kudis:

Biji pinang digiling halus, tambahkan sedikit air kapur sirih sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai untuk memoles bagian tubuh yang kudis.

Koreng:

Pinang, gambir, kapur sirih masing-masing sebesar telur cecak, tembakau sebesar ibu jari dan 1 lembar daun sirih segar, Bahan-bahan tersebut dicampur lalu digiling halus. Lumurkan pada koreng yang telah dibersihkan.

Obat luka

Untuk luka kena benda tajam dapat diobati dengan buah pinang. caranya, sebuah pinang tua ditumbuk halus, diremas dengan satu sendok makan lender (jus) daun lidah buaya. Kemudian ditempelkan pada tempat yang luka, lakukan dua kali sehari.

Pengobatan difteri

Difteri disebababkan oleh basil. Penularannya melalu percikan ludah secara langsung. Sasaran difteri adalah selaput lendir pada rongga hidung, tali sura dan tekak.

Orang yang terkena difteri biasanya mengalami hal-hal ini:

* Nafas sesak sebab tersumbat oleh lendir
* Tenggorokan rasa nyeri jika menelan sesuatu
* Suhu badan naik
* Nafsu makan berkurang dan, badan lemah

Sediakan bahan berikut: 1 butir isi buah Pinang, 1 sendok makan madu, 1 gelas air panas. Buah pinang ditumbuk.halus lalu diseduh dengan 1 gelas air panas disertai 1 sendok madu. Biarkan kira-kira 15 menit. Lalu gunakan untuk berkumur kumur, terus diminum.

Sari Rapat

* 1 buah pinang, 15 gram jari temu kunci, 25 gram kencur, 10 lembar daun sirih, gambir secukupnya, dan 2 gram lempuyang direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.
* Kulit buah pinang muda secukupnya, daun sirih 15 lembar, gambir 3 potong, kapur sirih secukupnya. Kulit pinang (jambe) dicabut kecil-kecil, gambir ditumbuk lembut, kapur sirih diayak bersih. Semua bahan direndam dengan 2 liter air air mendidih, biarkan selama Beberapa jam supaya mengendap dingin. Gunakanlah air ini untuk mencuci kemaluan anda (wanita).
* Beberapa buah pinang diiris-iris halus lalu dijemur. Setelah kering ditumbuk halus menjadi bubuk. Bubuk ini diambil 1 sendok the dan diseduh dengan air panas 1 cangkir. Lakukan selama sepekan.

Bau Badan

Bau badan merupakan masalah yang dapat mengganggu pergaulan, yang ditandai dengan bau yang tidak sedap yang berasal dari tubuh. Agar terhinclar dari bau badan, bagi orang yang banyak keluar keringat, disarankan untuk lebih sering mandi atau menggunakan sabun antiseptik saat mandi.

Bau badan terjadi karena bakteri yang mempengaruhi hasil pengeluaran kelenjar keringat sehingga menjadi berbau tidak sedap atau dapat juga terjadi karena kurangnya kebersihan badan.

Pengobatan bau badan: 7 lembar daun sirih, 10 gram adas, 25 gram kencur, dan 1 buah pinang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusannya disaring, tunggu sampai hangat, kemudian diminum.

Mani encer

* Sediakan 1 buah pinang, 1 buah kemiri, 3 butir telur ayam kampung, 2 sendok makan madu. Pinang dan kemiri dibakar hingga hangus lalu ditumbuk jadi satu. Campurkan dengan dua kuning telur ditambah 1 gelas air panas dan diaduk. Diminum oleh pria yang tumpah sebelum waktunya (penderita sperma encer) setiap hari sedikitnya selama seminggu.

Penguat gigi dan gusi

Biji pinang diiris tipis-tipis lalu dikunyah setiap hari selama Beberapa menit lalu ampasnya dibuang.

Sakit pinggang:

Daun pinang secukupnya dicuci bersih, lalu digiling halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, panaskan sebentar di atas api, Hangat-hangat dipakai untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

Pengencang payudara

2 buah pinang, 10 lembar daun andong/lenjuhan, 1 sendok teh garam. Daging pinang ditumbuk halus, juga daun andong. Tambahkan garam dan diaduk dengan meremasnya, tambahkan ½ gelas air bersih. Setelah diaduk rata lalu dioleskan di sekitar payudara yang kendor seperti memakai masker. Jangan mengenai putingnya dan biarkan Beberapa jam sebelum dibersihkan.

Membersihkan dan memperkuat gigi dan gusi :

Biji pinang diiris tipis-tipis. Kunyah setiap hari selama beberapa menit, lalu ampasnya dibuang. .

Efek samping:

Senyawa alkaloid yang dikandung pada buah cukup berbahaya untuk sistem syaraf. Yang umum terjadi adalah mual dan muntah (20-30%), sakit perut, pening dan nervous..Untuk mengurangi kejadian muntah, minumlah rebusan obat setelah dingin. Efek samping yang japrig terjadi adalah luka pada lambung yang disertai muntah darah.

Tanda-tanda kelebihan dosis: Banyak keluar air liur (qalivation), muntah, mengantuk dan seizure.

Pengobatan: Cuci lambung dengan larutan potassium permanganate dan injeksi atropine.

Untuk mengurangi efek racunnya, pemakaian biji pinang sebaiknya yang telah dikeringkan, atau lebih baik lagi bila biji pinang kering direbus dahulu sebelum diminum. :

Kebiasaan mengunyah biji pinang, dapat meningkatkan kejadian kanker,mukosa pipi (buccal cancer).

Dari berbagai sumber (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/UNP)

Tumbuhan Obat

Followers