Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, June 21, 2010

Pepaya 2

Pepaya, dari Daun hingga Bijinya Berkhasiat Obat
Oleh Tarmizi, B.Sc,S.Pd
(cacingan, nafsu makan, anti hamil, diare, disentri, malria, cacing kremi) bagian 2
Tanaman pepaya sangat populer di Indonesia. Soalnya dari akar, daun, buah, sampai bijinya, banyak manfaatnya untuk kesehatan. Apalagi, tumbuhnyapun mudah.
Pepaya kaya akan karoten, vitamin C, dan flavonoid, sehingga dapat berfungsi sebagai zat antikanker. Buah ini juga mengandung sejumlah mineral seperti kalium dan magnesium, yang sangat dibutuhkan tubuh. Enzim papainnya berfungsi memecah serat makanan sisa, sehingga mempermudah buah air besar. Pepaya juga bermanfaat untuk mengobati lambung dan mengurangi panas tubuh.
Daun pepaya selain untuk sayur dan lalap, bermanfaat untuk mengobati malaria, cacingan, sakit perut, dan kurang nafsu makan. Bijinya bisa mengobati cacingan. Sementara getah dan akarnya, bisa mengobati sakit kandung kencing, cacingan, bahkan digigit ular berbisa. Untuk obat cacing, gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Semua bahan dipotong-potong, kemudian didihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml. Pemakaian bisa tiga kali sehari masing-masing 25 ml. Obat ini bermanfaat untuk membasmi taeniasis, askariasis, dan oksiurisis.
Memberantas cacingan
• Biji pepaya kering berupa serbuk , juga bisa memberantas cacingan. Serbuk ini 10 gramdidihkan bersama air 150 ml, sampai diperoleh larutan 75 ml setelah disaring. Hasil ini bisa diminum sekaligus dua jam sebelum makan malam.
Merangsang nafsu makan
• Untuk merangsang nafsu makan, perlu daun pepaya segar 1-2 tapak tangan, garam sedikit, dan air hangat 0,5 cangkir. Campuran ini dipipis atau diblender, diperas, diambil airnya. Diminum sekali sehari satu ramuan, diulang tiga hari. Sedanng buah pepayanya sendiri bisa dimakan langsung atau dibuat juice.
Air susu ibu kurang.
• Buah pepaya yang masih muda atau hijau. tanpa dikuliti langsung dibelah menjadi dua bagian. Sebagian direbus dengan air dan sebagaian lagi direbus dengan cuka. Air rebusan diminum dua sampai tiga sendok teh setiap hari dan dilakukan secara teratur selama menyusui.
Tablet Anti Hamil
Daun pepaya muda dapat dijadikan lalapan dan akan lebih nikmat rasanyajika dicampur dengan lalapan lain, seperti daun singkong. Dari aspek gizinya daun &paya muda juga merupakan sumber vitamin A yang potensial. Dalam tiap 100 gram daun pepaya muda mengandung tidak kurang dari 1,250 SI vitamin A, mineral dan protein. Mengingat daun pepaya juga mengandung papain, tidak heran jika ia sering dipakai sebagal pengempuk daging.
Diare dan anti, hamil
• Sebanyak 7- 10 biji pepaya (yang hitam dan keras) dicuci bersih, dikunyah atau ditelan. Lakukan sekali sehari.
Disentri
• Dua lembar daun pepaya muda serta satu sendok teh bubuk kopi direbus dalam seliter (4 gelas) air hingga mendidih. Air rebusan disaring dan minum secangkir tiap hari.
• Nenek moyang kita belum mengenal "pil anti hamil" biasa menelan biji pepaya yang keras dan hitam untuk mencegah kehamilan. Dan perlu diingat! Wanita sedang hamil jangan menelan biji pepaya, sebab dapat mengakibatkan keguguran.
• Biji pepaya juga dimanfkatkan sebagai obat cacingan serta pendorong keluarnya keringat bagi penderita masuk angin.
• Ampas batang bisa pula dicampur dengan garam atau gula, lalu dimakan untuk penghilang rasa mual dan seba$ai obat sakit kembung.
Papain dari Pepaya
Di dalain buah pepaya, terutama buah yang masih muda, terdapat suatu enzim, yang dinamakan papain. Papain telah diproduksi sejak lama, yakni dengan mengekstrak bagian tanaman pepaya. Papain terbanyak pada getahnya.
Mengambil Papain dari pepaya
Caranya: goreslah buah pepaya muda umur 2,5-3 bulan dengan pisau atau bambu runcing; goresan inembujur ke bawah sebanyak 4-5 goresan dengan kedalaman,sekitar 3 mm; getahnya yang menetes ditampung dengan mangkok plastik yang .. bagian atasnya. ditutupi kain blacu bersih. Getah yang tertampung dikeringkan selama 12-24j am dalam alat pengering beimffiu sekitar 38 derajat celsius;. hasilnya yaitu papain kasar berupa serbuk putih kekuningan. Pengeringan juga dapat dengan penjerntiran, tetapi mutunya kurang dan warnanya tidak putih.
Dari sifat fisik, kimia dan aktivitas biologisnya diketahui papai berperan baik membantu sistem kerja alat pencernaan. Dari itu banyak yang menganjurkan agar mengkonsumsi buah pepaya. sebelum sarapan pagi. Ini mengingat enzim papain akan berfungsi sangat baik untuk menetralisir asain lambung atau alkali.
Papain adalah suatu enzim pernecah protein yang terdapat akar pepaya direbus dalam seliter air hingga mendidih. Didihkan terus Wngga airnya tinggal satu gelas, kemudian disaring. Air rebusan akar pepaya ini diminum satu gelas sekali minum. Lakukan dua kali sehari.
Malaria
• Satu lembar daun pepaya ditainbah tempe busuk sebesar ibu jari serta garam secukupnya ditumbuk hingga lialus. Diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum sekali sehari dan diulang tujuh hari berturut-turut.
Mengusir cacing kremi
• Sepotong akar pepaya direbus dalam tiga gelas air hingga mendidih. Biarkan terus mendidih hingga airnya tinggal satu gelas. Air rebusan ini disaring dan diminum tiap sore hari atau menjelang tidur.

Tumbuhan Obat

Followers