Automatic translation of this blog page

Tuesday, June 15, 2010

NANAS


BUAH NANAS SEBAGAI OBAT DIFTERI, CACING GELANG, PRIA MANDUL, RUJAK PEMIKAT, DAN CEPAT LELAH
oleh Tarmizi, BSc, S.Pd

Kalau kita membicarakan mengenai buah, terbayang oleh kita bahwa buah itu adalah hasil dari tanaman, baik berupa pohon, batang palsu ataupun herba. Kebanyakan buah berbentuk bulat hingga lonjong, berasa asam, manis, pahit, kelat atau campuran berbagai rasa. Secara umum buah dapat dimakan, namun tidak semua buah yang dimakan oleh manusia. Apa misalnya? Buah hati, buah baju, buah tangan? mungkin, tapi buah sungguhan ada yang tak dimakan, karena keras atau beracun, mungkin pula karena tidak enak.
Sebutan lain dari Nanas

Nanas (Ananas comosus Merr) termasuk ke dalam famili Bromeliaceae, yang di Sumatera disebut ekahauku, anes, nas, henas, kenas, honas, hanas, gona, asit, masit, enas, kanas, nanas, naneh, kanyas dan nyanyas. Di Jawa dinamakan danas, ganas, nanas dan lanas, sementara di Kalimaantan sebagai kanas, samblaka, malaka, uro usan, kayu usan, kayu ujan dan belasan. Di Nusatenggara disebut manas, nanas, aruna, fanda pandal, panda jawa, nana, peda, anana, pedang, parangena atau nanasi, di Sulawesi sebagai tuis mongondow, na'asi, nanasi, tuis, tuis ne walanda, busa, pinang, nanati, lalato, pandang, edan, ekam, hedan, esne dan ngewu. Orang maluku menyebutnya ai nasi, than bababa, kai nasi, bankalo, kampora, kanasoi, anasu, banggala, bangkala, kai nasu, kambala, kampala, arnasinu, kanasi, kurnasin, mangala, nanasi, nanasu, anasul, kalnasi, nanaki dan nanas.
Sosok tanaman nanas
Buah nanas diduga berasal dari lembah sungai Parana-Paraguay, Amerika Selatan, berupa terna yang kuat, dengan daun berduri semu yang berdaging semu, mengandung gula, bromelin dan vitamin C, dengan nama simplisia ananas fructus, buah nanas.
Khasiat nanas
Buah nanas masak berkhasiat peluruh air seni (diuretik), pembersih darah (depuratif) dan penambah nafsu makan (stomatik). Sedangkan buah nanas muda berkhasiat memacu enzim pencernaan (ateratif), obat cacing dan pencahar (purgatif), sementara daunnya untuk penurun panas (anestesik). Perlu diingat, bahwa wanita hamil jangan memakan buah nanas muda, berbahaya terhadap kandungannya.
Buah nenas yang asam manis, masam karena vitamin C dan manisnya karena glukosa dan sedikit fruktosa. Disamping itu juga mengandung bromelin, sejenis enzim pemecah protein. Sifat pemecah protein inilah yang digunakan untuk melunakkan daging yang alot. Selain memecah protein, bromelin juga memecah protein dari tubuh kuman-kuman, termasuk tubuh Corynebacterium diphtheriae, yang plasma selnya juga berupa protein. Itulah sebabnya bromelin dalam sari buah nenas bersifat anti radang, karena mampu menumpas kuman, penyebab peradangan itu.
Difteri
Bila anak Anda demam badannya, lalu terlihat tenggorokannya ternyata meradang bengkak, itu tandanya ia terserang kuman tenggorokan. Diantaranya mungkin terserang kuman difteri. Kuman ini, Corynebacterium diphtheriae, menyerang selaput lendir yang bertugas melindungi daerah tenggorokan. Bakteri itu menyebarkan racun yang dapat menyerang seluruh tubuh.
Sebenarnya penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak daripada orang dewasa. tetapi karena anak-anak pada umumnya sudah diimunisasikan secara rutin dengan suntikan DPT (difteri, paratifus dan tifus) di sekolah wajib, maka biasanya tidak diserang. Tetapi siapa tahu, suatu ketika ia terserang juga? Ia harus segera dibawa ke dokter. Dalam keadaan darurat dan perlindungan sementara, penyakit ini dapat diperingan dengan minum sari nenas.
Obat difteri
Difteri disebababkan oleh basil Penularannya melalu percikan ludah secara langsung. Sasaran difteri adaIah selaput lendir pada rongga hidung, tali sura dan tekak.
Orang yang terkena difteri biasanya mengalami hal-hal ini: Nafas sesak sebab tersumbat oleh lender, Tenggorokan rasa nyeri jika menelan sesuatu, Suhu badan naik, Nafsu makan berkurang dan, badan lemah.
Pengobatan sebagai berikut:
Buah yang sudah masak dikupas, dicuci bersih dan diparut, lalu diperas sarinya. Sebaiknya disaring agar tak bercampur ampasnya. Sari ini dipakai untuk berkumur-kumur dan buang keluar, lalu sari nenas sisanya diminum. Lakukan tiga kali sehari, tiap minum perlu setengah gelas sari nenas
Sediakan sebuah nanas masak, dikupas dan dilumatkan dengan blender atau ditumbuk lalu disraing airnya. Berkumulah dengan air perasan buah nanas yang sudah masak selama 3 menit
Obat cacing gelang
Adanya Cacing gelang dalam tubuh dapat dilihat dari gejalanya. Nafsu makan berkurang, kejang dan nyeri pada perut, mual dan muntah-muntah, badan kurus, muka pucat dan perut buncit, kala sesak nafas.
Sebuah nanas muda yang sudah besar dikupas dan parut. Beri madu dua sendok makan, peras dan saring airnya. Air perasan ini diminum sekali sehari. Obat ini tak boleh diminum oleh ibu hamil.
Pria mandul
Seringkali bila tak kunjung dapat anak setelah lama berkeluarga, yang dituduh hanya istrilah yang mandul. Namun setelah diperiksa dan kalau sisuami dikatakan mandul, maka lakukanlah berbagai usaha. Antara lain dengan ramuan tradisional berikut.
Hati nanas dijus atau diblender sehingga diperoleh ½ gelas sarinya. Daun sledri 20 gram dihaluskan. Hancuran sledri bersama hati nanas diperas dan disaring untuk diminum. Tambahkan gula merah secukupnya dan diminum menjelang tidur malam. Berdoalah agar anda memperoleh keturunan yang baik.
Rujak pemikat
Rujak ini dimaksudkan bagi ibu yang sudah melahirkan. Jika anda rajin makan rujak ini maka dua bulan kemudian akan dirasakan hasilnya sebagai jamu sari rapat.
Sediakan bahan berikut: babal atau pentil nangka 2 buah, pentil kelapa muda 1 buah, salak muda 5 buah, pisang batu atau pisang klutuk 1 buah, nanas muda 1 buah, cabe rawit 1-3 buah, gula enau atau gula merah secukupnya. Semua bahan dicuci bersih dan dfijadikan rujak. Boleh juga dijuice kalau anda suka. Dimakan seperti rujak biasa atau bila dijus diminum pada siang hari. Lakukan dua kali dalam seminggu.
Cepat lelah
Jus berikut berkhasiat menghilangkan letih, cepat lalah, lesu, lemas dan jantung berdebar serta sering lupa.
Susu cair segar 200 cc, nanas 100 gram, sledri 75 gram, madu 1 sendok teh. Nanas dan sledri dicuci lalu dijus, masukkan susu segar dan madu. Aduk rata dan diminum.
Obat KB
20 gram daun sirih,5 gram jenitri, dan 5 gram kayu rapat ditumbuk. 1 buah nanas muda, 1 buah jeruk nipis yang sudah diperas dicampukan ke bahan yang ditumbuk tadi. Dimakan bersama tapai ketan hitam oleh wanita yang ber-KB pada siang hari.

Tumbuhan Obat

Followers